Sengketa Hukum Cristiano Ronaldo Vs Juventus Berlanjut hingga Tahun 2025

oleh Aning Jati diperbarui 19 Okt 2024, 18:15 WIB
Juventus mengeluarkan 117 juta euro untuk memboyong Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada musim panas 2018. Usia Ronaldo ketika bergabung dengan Juventus adalah 33 tahun. Dibeli dengan harga mahal, Ronaldo mampu menunjukkan performa yang sangat mengesankan bersama Juventus. (Marco BERTORELLO / AFP)

Bola.com, Jakarta - Perseteruan hukum antara Cristiano Ronaldo dan Juventus masih berlanjut, dengan sidang baru dijadwalkan pada Maret 2025.

Menurut laporan dari La Repubblica, sidang pertama dari banding Juventus di Pengadilan Tenaga Kerja (Work Tribunal) telah ditetapkan untuk bulan Maret 2025, dengan keputusan dari hakim apakah proses hukum ini akan dilanjutkan.

Advertisement

Pada April 2024, Pengadilan Arbitrase Collegio memutuskan bahwa Juventus harus membayar sekitar 9,8 juta euro (Rp165 miliar) kepada Ronaldo untuk gaji yang belum dibayarkan selama ia bermain di klub tersebut.

2 dari 2 halaman

Mengapa Juventus dan Cristiano Ronaldo berselisih?

Cristiano Ronaldo. Striker yang kini berseragam Manchester United ini melakukannya 4 kali ke gawang Ajax, Bayern Munchen dan Atletico Madrid. Yang teranyar saat Juventus menang 3-0 atas Atletico Madrid di leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019, 12 Maret 2019. (AFP/Filippo Monteforte)

Persoalan ini berawal dari apa yang disebut sebagai Manuver Gaji (Salary Manoeuvre), yang dilakukan oleh Juventus pada puncak pandemi COVID-19 di tahun 2020.

Pada saat itu, para pemain secara terbuka setuju untuk melepaskan dua bulan gaji mereka demi membantu klub melewati masa ketika pertandingan sepak bola tidak bisa digelar.

Namun, penyelidikan yang dilakukan pada November 2022 mempertanyakan versi kejadian ini, dan menyatakan bahwa banyak pemain masih akan dibayar dengan cara yang berbeda.

Ketika Cristiano Ronaldo meninggalkan Juventus pada Agustus 2021 untuk pindah ke Manchester United tepat di hari terakhir bursa transfer, proses tersebut berlangsung terburu-buru.

Hal ini menimbulkan perselisihan mengenai apakah Ronaldo telah menandatangani kesepakatan untuk melepaskan hak atas gaji yang belum dibayar tersebut atau tidak.

Sebagai bagian dari penyelidikan lebih luas terkait masalah keuangan mereka, Juventus dikenai pengurangan 15 poin di Serie A, yang kemudian dikurangi menjadi 10 poin setelah banding dan kesepakatan hukum.

 

Sumber: Football Italia

Berita Terkait