Zinedine Zidane Ungkap Gol Terindah Miliknya, Ya yang Itu...

oleh Aning Jati diperbarui 19 Okt 2024, 20:15 WIB
Zinedine Zidane pernah melakukan tendangan voli ikonik ketika dirinya membela Real Madrid pada tahun 2002. Saat itu Real Madrid tengah melawan Bayer Leverkusen, menghasilkan kemenagan Los Blancos dengan skor akhir 2-1. (Foto:AFP/Damien Meyer)

Bola.com, Jakarta - Zinedine Zidane tentu dapat dianggap sebagai satu di antara gelandang terbaik dalam sejarah sepak bola.

Legenda asal Prancis ini memukau penggemar selama hampir dua dekade dengan gaya bermainnya yang elegan dan kemampuannya mencetak gol-gol spektakuler.

Advertisement

Setelah memulai kariernya di Cannes, Prancis, Zinedine Zidane kemudian pindah ke Bordeaux sebelum berkembang menjadi pemain kelas dunia di Juventus dan akhirnya di Real Madrid.

Zidane mungkin paling dikenal selama lima tahun bermain di Bernabeu, setelah bergabung dengan Madrid pada 2001 dengan biaya transfer yang saat itu menjadi rekor dunia, sebesar 77,5 juta euro (Rp1,3 triliun).

Ia mencetak 49 gol dalam 227 penampilan untuk Los Blancos, memenangkan La Liga dan Liga Champions selama berada di ibu kota Spanyol.

Zidane, yang dianggap sebagai pemain terbaik Prancis sepanjang masa, juga mencetak 31 gol dalam 108 pertandingan untuk timnasnya —memenangkan Piala Dunia 1998 dan Euro dua tahun kemudian.

Zinedine Zidane hampir memenangkan Piala Dunia untuk kedua kalinya pada 2006, tetapi terkena kartu merah di final melawan Italia, yang kemudian memenangkan pertandingan melalui adu penalti—dan ia langsung pensiun dari sepak bola profesional setelah kekalahan tersebut.

2 dari 3 halaman

Ungkap Gol Favorit

Zinedine Zidane. Real Madrid mendatangkannya dari Juventus pada awal musim 2001/2002 dengan mahar senilai 77,5 juta euro dan bertahan selama 5 musim hingga pensiun di akhir musim 2005/2006. Total 227 laga, ia menorehkan 48 gol dan 69 assist yang berujung 1 trofi UCL dan LaLiga. (AFP/Javier Soriano)

Setelah pensiun sebagai pemain, Zidane beralih ke dunia kepelatihan bersama Madrid, memenangkan tiga gelar Liga Champions dan dua gelar La Liga dalam dua periode kepemimpinannya sebagai pelatih kepala.

Sepanjang karier bermainnya yang cemerlang, Zidane mencetak 156 gol di level klub dan internasional.

Ketika ditanya tentang gol favoritnya, Zidane, sang gelandang serang legendaris, tidak ragu.

Dalam wawancaranya dengan saluran YouTube resmi Real Madrid, Zidane memilih tendangan volinya yang tak terlupakan melawan Bayer Leverkusen di final Liga Champions 2002 di Hampden Park sebagai yang "terindah".

"Yang terbaik dan yang paling indah, yang paling penting, adalah gol melawan Leverkusen," kata Zidane.

"Saya pikir itu adalah gol Liga Champions. Saya hanya membutuhkan gol ini untuk memenangkan Liga Champions."

"Ini bukan pilihan yang orisinal, tapi gol itu..."

"Spektakuler," tambah sang pewawancara, melengkapi pernyataan Zidane.

 

3 dari 3 halaman

Stadion Favorit

Zinedine Zidane (77,5 juta euro)- Zidane memulai ikatannya dengan Real Madrid sebagai pemain pada bulan Juli 2001. Pemain terbaik dunia ini dibeli Real Madrir dari Juventus seharga 77,5 juta euro. (AFP/Philippe Desmazes)

Zidane juga mengungkapkan dua stadion favoritnya saat bermain bersama Real Madrid.

Ia menyebut Anfield milik Liverpool dan Old Trafford milik Manchester United, sebelum mengungkapkan bahwa 'rumput basah' adalah aroma favoritnya yang berhubungan dengan sepak bola.

 

Sumber: Sportbible

Berita Terkait