Marc Marquez Jelaskan Insiden yang Membuatnya Nyaris Celaka Sebelum Akhirnya Menang di MotoGP Australia

oleh Hendry Wibowo diperbarui 20 Okt 2024, 18:09 WIB
Marc Marquez saat memenangkan balapan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island hari Minggu (20/10/2024). (William WEST / AFP)

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez menjelaskan mengapa ia terpaksa melepas tear off helm yang akhirnya menyebabkan start buruk dan nyaris membuatnya gagal meraih kemenangan pada MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island hari Minggu (20/10/2024).

Akibat melepas tear off helm persis di belakang motor, Marc Marquez sempat mengalami wheelspin saat melakukan start. 

Advertisement

Dampaknya, menuju Tikungan 1, pembalap Gresini Racing ini sudah terpuruk di urutan 13. Namun ia dengan cepat bangkit dan akhirnya memenangkan balapan MotoGP Australia. 

Lantas apa alasan Marc Marquez membuka tear off helm persis saat ingin start dan membahayakan dirinya sendiri? 

"Saya tidak pernah membuka tear off helm jelang start karena itu berbahaya. Tapi kali ini, saat saya mengaktifkan teknologi holeshot, ada sesuatu yang sangat besar di depan mata saya," kata Marc Marquez.

"Saya tak punya kesempatan untuk berpikir. Saya langsung melepasnya. Sayangnya, benda itu berada di bawah motor saya. Ketika saya melepas kopling, motor saya pun spin," tambahnya. 

 

 

2 dari 2 halaman

Kemenangan Ketiga Marc Marquez

Marc Marquez saat memenangkan balapan MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island hari Minggu (20/10/2024). (William WEST / AFP)

Marc Marquez turut mengakui dirinya bahkan tidak tahu ada di posisi berapa selepas kejadian tersebut. 

"Saya tidak tahu di mana posisi saya di tikungan pertama, tetapi saya menyalip banyak pembalap," ungkap kakak Alex Marquez itu.

"Saya pikir tidak mungkin mengejar Jorge Martin, lalu pada lap kelima atau keenam saya lebih tenang. Saya menyimpan ban untuk melakukan serangan terakhir," lanjutnya. 

Marc Marquez akhirnya memenangkan MotoGP Australia usai mengalahkan Martin dan membuatnya merasakan kemenangan ketiga pada main race di MotoGP 2024. 

Sumber: Crash 

Berita Terkait