2 Poin yang Harus Dilakukan Arsenal untuk Juara Premier League Versi Gary Neville: Hindari Kartu Merah, Pertahankan Spirit untuk Menang!

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 21 Okt 2024, 21:45 WIB
Para pemain Arsenal merayakan gol yang dicetak oleh Bukayo Saka ke gawang Wolverhampton pada pekan pertama Liga Inggris 2024/2025 di Emirates Stadium, Sabtu (17/8/2024) malam WIB. (AP Photo/Frank Augstein)

Bola.com, Jakarta - Arsenal mengalami kekalahan pertama di Premier League musim ini saat bertandang ke markas Bournemouth pada akhir pekan lalu. Mantan kapten Manchester United (MU), Gary Neville, memberikan kritik dan saran kepada Arsenal, terutama jika The Gunners ingin menjuarai Premier League musim ini.

Arsenal kalah 0-2 dari Bournemouth dalam laga pekan kedelapan Premier League, Sabtu (19/10/2024). Kekalahan ini jadi momen yang sulit bagi tim asuhan Mikel Arteta, yang sudah tiga kali harus bermain dengan 10 pemain pada musim ini.

Advertisement

William Saliba diusir dari lapangan setelah melakukan pelanggaran untuk menghentikan peluang gol Bournemouth pada babak pertama.

Tim tuan rumah pun mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan baik, mencetak gol melalui tembakan Ryan Christie dan penalti Justin Kluivert.

Arsenal memang kehilangan poin dalam tiga pertandingan di mana mereka harus bermain dengan 10 pemain, masing-masing melawan Brighton, Manchester City, dan Bournemouth.

Meskipun beberapa tim memang dirugikan karena kartu merah, Gary Neville percaya Arsenal harus menargetkan lebih dari sekadar bertahan untuk bisa memenangkan pertandingan.

2 dari 4 halaman

Komentar Neville

Gary Neville. Salah satu legenda Manchester United yang pensiun pada Februari 2011 setelah hanya membela MU sepanjang kariernya mulai 1992/1993 ini bergabung dengan jaringan televis Sky Sports sebagai komentator dan pundit sejak musim 2011/2012. Profesi tersebut menjadi tidak asing baginya karena sebelumnya ia juga pernah menjadi pundit bagi jaringan televis ITV Sport di dua ajang sepak bola akbar, Piala Dunia 2002 dan Piala Eropa 2008. Sempat meninggalkan Sky Sports untuk menukangi Valencia pada Desember 2015, ia kembali ke Sky Sports usai dipecat Valencia yang hanya dibesutnya selama 4 bulan di musim 2015/2016. (AFP/Glyn Kirk)

Dalam podcast di Sky Sports, Gary Neville menyatakan, "Ada perdebatan besar beberapa minggu lalu ketika mereka melawan Man City, di mana mereka bertahan terlalu dalam dan pada akhirnya kebobolan."

"Namun, saya percaya ketika mereka kehilangan satu pemain, merka masih harus berusaha untuk menang," lanjut Neville.

Gary Neville menambahkan bahwa meskipun kehilangan pemain adalah hal yang sulit, Arsenal seharusnya mampu meraih hasil positif.

"Saya percaya bahwa di pertandingan melawan Bournemouth, dalam keadaan 0-0 dengan sepuluh pemain, mereka seharusnya bisa memenangkan pertandingan itu. Mereka tidak boleh kalah," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

2 Hal yang Perlu Dilakukan Arsenal

Kemenangan atas Tottenham Hotspur mengantar Arsenal naik ke peringkat kedua klasemen dengan poin 10 dari empat pertandingan. (AP Photo/Kin Cheung)

Ada dua hal yang dipertegas oleh Gary Neville untuk Arsenal. Pertama, menghindari kartu merah, yang meskipun terlihat sederhana, sering kali menjadi masalah bagi tim. Kedua, jika mereka terpaksa bermain dengan sepuluh orang, mereka harus tetap berjuang untuk meraih kemenangan.

Neville mencatat bahwa meski Arsenal memiliki kualitas yang baik, mereka harus lebih berani dan mampu beradaptasi dalam situasi sulit.

"Masih terlalu awal dalam musim ini untuk Arsenal untuk pulih dan tetap menjadi ancaman dalam perburuan gelar, tetapi saya sangat kecewa dengan performa mereka baru-baru ini dan mereka seharusnya merasa kecewa pada diri mereka sendiri," ujar Neville.

Dengan catatan yang ditekankan oleh Neville, Arsenal masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen Premier League dan menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi pesaing serius untuk gelar juara.

Sumber: Football London

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait