Jadwal Pengumuman Pemenang Ballon d'Or 2024: Siapa Terbaik Tahun Ini?

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 22 Okt 2024, 05:15 WIB
Ballon d'Or merupakan penghargaan untuk individu yang mampu tampil gemilang untuk klub maupun negaranya dalam satu musim. Trofi Ballon d'Or sendiri merupakan trofi individu termahal di dunia yaitu 600 ribu dolar AS atau setara Rp8,6 miliar. (Foto: AFP/Fabrice Coffrini)

Bola.com, Jakarta - Pemenang Ballon d'Or 2024 akan segera dirilis. Tepat pekan depan, Senin (28/10/2024) waktu setempat atau Selasa (29/10/2024) dini hari WIB, Gala Ballon d'OR 2024 akan berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris. Siapa bakal angkat trofi bola emas?

Menariknya sudah tidak ada nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam 30 kandidat peraih Ballon d'Or 2024. Artinya, era baru sepak bola sudah datang.

Advertisement

Namun, persaingan sejumlah pemain dari tim-tim yang memiliki sejarah rivalitas akan cukup menjadi bumbu baru, tentunya seperti Barcelona dan Real Madrid.

Untuk Barcelona ada Lamine Yamal dan Dani Olmo. Namun, kedua pemain itu jelas menjadi kandidat Ballon d'Or karena keberhasilan menjadi juara Euro 2024 bersama Timnas Spanyol. Hal itulah yang membuat ada nama-nama seperti Nico Williams dan Rodri yang juga ada dalam daftar pemain.

Kemudian ada banyak pemain Real Madrid yang juga hadir dalam daftar kandidat, seperti Jude Bellingham, Dani Carvajal, Toni Kroos, Kylian Mbappe, Vinicius Junior, Federico Valverde dan Antonio Rudiger.

Ada beberapa pemain Arsenal, seperti Bukayo Saka, William Saliba, Martin Odegaard, dan Declan Rice. Kemudian juga hadir sejumlah pemain hebat lain, seperti Erling Haaland, Harry Kane, Emiliano Martinez, dan Florian Wirtz.

Untuk kali ketiga dalam sejarah penghargaaan ini, Ballon d'Or akan diberikan berdasarkan hasil dari satu musim kompetisi sepak bola, yang artinya musim 2023/2024, ketimbang satu tahun kalendar. Dan untuk kali pertama, France Football akan bekerja sama dengan UEFA untuk menggelar malam gala kali ini.

Siapa akan jadi terbaik dan menyabet Ballon d'Or tahun ini? Jangan lewatkan pengumumannya dalam gala Ballon d'Or 2024 dengan jadwal berikut ini:

 
 
2 dari 3 halaman

Jadwal Pengumuman Ballon d'Or

Trofi Ballon d'Or dibuat di Perancis. | via: iran-daily.com

Malam Gala Ballon d'Or 2024

Lokasi: Theatre du Chatelet, Paris

Selasa, 29 Oktober 2024

Start: 02.00 WIB

3 dari 3 halaman

Kandidat Ballon d'Or 2024

Berita Terkait