Zinedine Zidane Masuk Kandidat Jadi Pelatih Timnas Arab Saudi, Gantikan Roberto Mancini

oleh Aning Jati diperbarui 22 Okt 2024, 09:00 WIB
1. Zinedine Zidane – Mantan pemain Juventus ini merupakan seorang maestro sepakbola. Sejumlah gelar telah diraihnya. Saat berstatus pelatih, Ia juga telah membawa Los Blancos menjuarai Liga Champions selama tiga musim beruntun. (AP/Paul White)

Bola.com, Jakarta - Zinedine Zidane muncul sebagai kandidat pengganti Roberto Mancini untuk posisi pelatih kepala Timnas Arab Saudi.

Masa depan Mancini diragukan setelah menerima banyak kritik atas hasil buruk dalam beberapa pertandingan terakhir, khususnya di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Advertisement

Pejabat Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) dilaporkan telah menghubungi Zinedine Zidane untuk mengambil alih kursi pelatih The Green Falcons.

Menurut laporan dari Calcio Mercato, Zidane masuk daftar calon pelatih baru Timnas Arab Saudi. Sebelumnya, ia dua kali melatih Real Madrid, dengan masa terakhirnya berakhir pada Juni 2021.

Sejak saat itu, Zinedine Zidane belum menandatangani kontrak dengan klub mana pun, meski sempat dikaitkan dengan beberapa tim papan atas Eropa.

Laporan juga menyebutkan bahwa Federasi Sepak Bola Arab Saudi sedang bernegosiasi dengan Mancini mengenai masalah finansial, yang bisa berujung pada kepergiannya.

2 dari 4 halaman

Kandidat Lain

Pelatih asal Prancis berusia 54 tahun ini tak segan berteriak lantang mengingatkan para pemainnya jika instruksinya tak dijalankan sesuai rencana di atas lapangan. (AP/Manu Fernandez)

Nama lain yang disebut sebagai calon pengganti Mancini termasuk pelatih asal Argentina, Ramon Diaz, yang saat ini berada di Corinthians, serta mantan pelatih mereka, Herve Renard.

Beberapa hari lalu, Renard memang sempat dikabarkan menjadi kandidat terkuat pengganti Mancini. Dikabarkan bahwa SAFF telah menghubungi Renard, yang juga mantan pelatih timnas wanita Prancis itu. 

Di sisi lain, Football Italia melaporkan, "Mancini kemungkinan akan mengundurkan diri sebagai manajer Arab Saudi. Federasi Sepak Bola negara itu telah membuat keputusan secara internal, dan bahkan ada laporan lokal bahwa 'penggantinya akan diputuskan jika raja menyetujuinya'."

3 dari 4 halaman

Menerima Penalti

Terobosan besar diambil oleh beberapa timnas sepak bola di Asia pada awal tahun 2023 ini dengan merekrut pelatih-pelatih top yang sebelumnya berpengalaman membesut klub-klub top Eropa untuk menangani Tim Nasional (Timnas) sepak bola mereka. Tentu saja langkah ini diambil sebagai jalan instan untuk membangun Timnas yang lebih kuat berbekal pengalaman sang pelatih saat menangani klub-klub top Eropa. Berikut daftar 5 pelatih yang dipercaya membesut Timnas negara Asia berbekal pengalamannya menukangi beberapa klub top Eropa. (AFP/Oli Scarff)

Di bawah pimpinan Mancini, Timnas Arab Saudi kalah dari Jepang di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, dan saat ini berada di posisi ketiga dengan satu kemenangan, dua hasil imbang termasuk ditahan Indonesia, dan satu kekalahan sehingga mereka memperoleh lima poin.

Ada kemungkinan besar bahwa Mancini, pelatih timnas yang disebut-sebut memiliki gaji tahunan tertinggi di dunia sebesar 28 juta dolar (Rp435,7 miliar) itu akan menerima penalti dan meninggalkan tim.

Sementara itu, jadwal terdekat Timnas Arab Saudi adalah menjalani dua laga tandang di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, masing-masing melawan Australia (15/11/2025) dan bertandang ke SUGBK menghadapi Timnas Indonesia (19/11/2024).

 

Sumber: Calciomercato, Nikkan Sports

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Selasa, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Berita Terkait