5 Pemain Ini Punya Klausul Ballon d’Or di Kontraknya: MU Paling Doyan

oleh Hendry Wibowo diperbarui 23 Okt 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi - Bruno Fernandes, Thiago Alcantara, Angel Di Maria background trofi ballon d'or (Bola.com/Adreanus Titus/Geaby Fadhilatu Sholikha)

Bola.com, Jakarta - Ballon d'Or merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi dalam sepak bola, karena hanya ada sebelas pemain yang berhasil meraihnya sejak tahun 2000.

Terdekat pemenang Ballon d'Or 2024 akan segera dirilis. Tepat pekan depan, Senin (28/10/2024) waktu setempat atau Selasa (29/10/2024) dini hari WIB, Gala Ballon d'OR 2024 akan berlangsung di Theatre du Chatelet, Paris.

Advertisement

Situs Planetfootball melakukan penelusuran dan menemukan lima pemain yang ternyata memiliki klausul Ballon d'Or dalam kontrak seorang pemain.

Menariknya sampai sekarang, lima pemain tersebut belum pernah merasakan Ballon d'or sampai dengan saat ini. Siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui siapa saja mereka. 

 

 

2 dari 6 halaman

1. Anthony Martial

Anthony Martial tampil buruk saat Manchester United takluk 0-3 dari Bournemouth pada laga pekan ke-16 Premier League musim ini di Old Trafford, Sabtu (9/12/2023) malam WIB. (AFP/Oli Scarff)

Pada suatu momen, Anthony Martial adalah salah satu bakat terbaik di sepak bola dunia. Tidak heran Manchester United mengeluarkan dana sebesar 44,7 juta paun untuk memboyongnya dari Monaco pada tahun 2015.

Yang menarik, saat tiba di Manchester, pemain asal Prancis ini memiliki klausul Ballon d'Or yang ditambahkan ke dalam kontraknya.

Manajemen The Red Devils harus membayar Monaco sebesar 7,2 juta paun jika Martial memenangkan Ballon D'or. Namun kalian tahu sendiri, saat ini Martial bahkan terdampar di AEK Athens. 

3 dari 6 halaman

2. Nicolo Zaniolo

Penyerang Italia Nicolo Zaniolo saat beraksi lawan Makedonia Utara di kualifikasi Piala Eropa 2024 (AFP)

Pada tahun 2020, Fabio Capello menggambarkan Nicolo Zaniolo sebagai pemain yang memiliki potensi untuk meraih Ballon d'Or.

"Dia memiliki potensi tidak hanya untuk meraih Sepatu Emas, tetapi dia bisa bercita-cita untuk sesuatu yang lebih, untuk Ballon d'Or," kata Zaniolo. 

Galatasaray jelas menanggapi kata-kata itu dengan serius karena eks pemain AS Roma itu memiliki klausul Ballon d'Or yang ditambahkan ke dalam kontraknya pada saat kedatangannya di Turki pada tahun 2023.

Namun, para penggemar Galatasaray belum banyak melihat kiprah pemain berusia 25 tahun itu di lapangan.

Karena ia menghabiskan waktu sebagai pemain pinjaman dengan Aston Villa dan sekarang Atalanta. Tampaknya juga sangat tidak mungkin dia akan memenangkan Ballon d'Or dalam waktu dekat.

4 dari 6 halaman

3. Angel Di Maria

Angel Di Maria. (AFP/Paul Ellis)

Dari semua pemain dalam daftar ini, Di Maria mungkin memiliki peluang terbaik untuk memenangkan Ballon d'Or, mengingat bakatnya yang memang sudah terbukti di persaingan level teratas.

Namun terdokumentasikan dengan baik bahwa pemain asal Argentina ini tidak menikmati kehidupan di Premier League bersama Manchester United dan kebetulan ia memiliki klausul Ballon d'Or saat itu.

The Red Devils harus membayar Real Madrid tambahan 4 juta paun jika pemain asal Argentina itu memenangkan Ballon d'Or selama waktunya di Inggris. 

5 dari 6 halaman

4. Bruno Fernandes

Bruno Fernandes sempat gagal mengksekusi penalti menjadi gol. Meski begitu, sang kapten sukses secara konsisten meneror pertahanan Chelsea, baik di babak pertama maupun kedua. (AP Photo/Dave Thompson)

Manchester United terobsesi dengan klausul Ballon d'Or. Khusus Bruno Fernandes, dia sempat masuk nominasi untuk penghargaan 2021. 

Pada akhirnya, ia berada di urutan ke-21 bersama Lautaro Martinez pada tahun itu.

Setan Merah diwajibkan untuk membayar Sporting sebesar 5 juta euro tambahan setiap kali Fernandes finis di tiga besar Ballon d'Or. Bisa dikatakan, mereka belum harus membayar klausul itu sampai sekarang.

 

6 dari 6 halaman

5. Thiago Alcantara

Pemain Liverpool, Thiago Alcantara, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang FC Porto pada laga Liga Champions di Stadion Anfield (24/11/2021). Thiago Alcantara menghabiskan tujuh musim yang brilian di Bayern setelah tiba dari Barcelona pada 2013. Munchen melepasnya dengan harga 22 juta pounds ke Anfield. (AFP/ Anthony Devlin)

Saat tiba di Liverpool, Thiago memiliki klausul yang menyatakan bahwa ia akan mendapatkan biaya tambahan jika ia berhasil meraih Ballon d'Or.

Sementara banyak rekan setimnya di Liverpool dinominasikan untuk Ballon d'Or selama waktunya di Anfield, Thiago sendiri tidak pernah masuk nominasi.

Berita Terkait