Si Paling Percaya Proses, Mikel Arteta Pede Bisa Juara Liga Champions bersam Arsenal

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 22 Okt 2024, 18:00 WIB
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta memimpin latihan menjelang laga lanjutan Liga Champions melawan PSG di Arsenal Training Centre, Hertfordshire, Inggris, Selasa (01/10/2024). (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta Mikel Arteta, ingin sekali memenangkan Liga Champions bersama Arsenal.

The Gunners merupakan salah satu favorit untuk memenangkan kompetisi tersebut musim ini, meskipun terakhir kali mencapai final pada tahun 2006.

Advertisement

Namun, Arteta tahu bahwa mereka masih harus menempuh jalan panjang musim ini, terutama mengingat babak penyisihan grup yang diperluas.

“Saya cukup beruntung untuk memenangkan banyak trofi dalam karier saya, bersama tim nasional juga, saya tahu perasaan itu dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat dibandingkan dengan apa pun," katanya.

“Mengetahui tentang klub ini dan seberapa besar memenangkan trofi secara umum, memenangkan Liga Champions di sini akan menjadi hal yang luar biasa."

2 dari 3 halaman

Perjalanan Masih Panjang

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta saat ini tengah menjalani musim ke-5 membesut The Gunners di Premier League musim 2023/2024. Ia mulai mengarsiteki Arsenal setelah meninggalkan posisinya sebagai asisten Pep Guardiola di Manchester City pada tengah musim 2019/2020 menggantikan sang caretaker Freddie Ljungberg yang sebelumnya mengisi posisi Unai Emery yang dipecat. (AFP/Ben Stansall)

Arsenal akan menjamu Shakhtar Donetsk di Stadion Emirates, London pada laga ketiga league phase Liga Champions musim ini, Rabu (23/10/2024) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri, The Gunners pantang tergelincir.

Arsenal gagal meraih tiga poin pada pertandingan terakhir di Premier League. Bertandang ke kandang Bournemouth di Vitality Stadium, Sabtu (19/10/2024) malam WIB, Tim Meriam London menyerah dua gol tanpa balas.

“Jelas, masih ada jalan panjang yang harus ditempuh untuk mencapainya. Namun, saya pikir kami memiliki dasar-dasarnya, kami memiliki pemain, kami memiliki mentalitas dan itu harus menjadi tujuan akhir sehingga mudah-mudahan kami dapat memulai dengan menang besok dan terus berkembang dan membangun untuk saat taruhannya adalah final, mudah-mudahan.”

3 dari 3 halaman

Positif

Arsenal membutuhkan penyerang baru. Mereka ditinggal penyerang andalannya, Gabriel Jesus karena mengalami cedera lutut saat membela Timnas Brasil di perhelatan Piala Dunia 2022. Ia diperkirakan sembuh pada akhir Februari 2023 mendatang. Kehilangan Jesus menjadi pukulan telak bagi Arsenal. Namun, Mikel Arteta saat ini sedang berusaha untuk mendatangkan penyerang baru di bursa transfer Januari 2023. Berikut daftarnya. (AFP/Adrian Dennis)

Bentrok dengan Shakhtar Donetsk, Arsenal tak ingin kembali tergelincir dan gagal meraih kemenangan. Kans The Gunners merengkuh kemenangan dalam duel ini terbilang besar.

"Saya pikir kami memiliki tim yang cukup lengkap, staf pelatih yang cukup lengkap juga, mereka semua memiliki mentalitas pemenang juga. Mereka mungkin belum memiliki pengalaman karena kami memiliki tim yang sangat sangat muda.

“Beruntungnya, saya memiliki beberapa pengalaman di mana saya menang. Jadi pengalaman ketika Anda memiliki momen kebenaran, ketika Anda berada di final atau semi-final, untuk dapat menjaga mentalitas itu, menjaga ketenangan itu dan mencoba melakukan apa pun yang Anda lakukan setiap hari yang telah membuat Anda mencapai tahap itu.”

Berita Terkait