Bukan Striker, tapi Deretan Bintang Timnas Indonesia U-17 Ini Produktif Cetak Gol

oleh Radifa Arsa diperbarui 23 Okt 2024, 09:15 WIB
Timnas Indonesia - Evandra Florasta, Putu Panji, Zahaby Gholy (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-17 memiliki beberapa pemain bintang yang bisa diandalkan untuk menjebol gawang lawan pada kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Kendati bukan striker, para pemain ini punya kemampuan untuk menjadi mesin gol.

Timnas Indonesia U-17 memiliki sosok pemain seperti Mierza Firjatullah yang diprediksi menjadi penghuni utama di lini depan pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mierza merupakan sosok striker yang cukup produktif menghasilkan gol di lini depan.

Advertisement

Namun, apabila Mierza mengalami kesulitan di lini depan, pelatih Garuda Muda, Nova Arianto, tetap memiliki banyak opsi yang bisa diandalkan untuk mencari celah. Sebab, ada beberapa pemain yang bisa mengoyak gawang lawan, meski tidak beroperasi di posisi penyerang.

Ketajaman para pemain ini bisa sangat berguna bagi Timnas Indonesia U-17. Sebab, ada banyak alternatif yang bisa dimaksimalkan untuk memutus kebuntuan di lini depan. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Evandra Florasta

Selebrasi pemain Timnas Indoensia U-17, Evandra Florasta usai mencetak gol melalui penalti saat menghadapi Timnas India U-17 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Minggu (25/8/2024) (Bola.com/Alit Binawan)

Evandra Florasta merupakan sosok pemain yang produktif di Timnas Indonesia U-17. Meski bukan berposisi sebagai striker, pemain asal Malang, Jawa Timur, itu punya ketajaman yang bisa diandalkan.

Pada Piala AFF U-16 2024, Evandra bisa menghasilkan dua gol untuk Timnas U-16. Jumlah ini memang patut diapresiasi mengingat posisi bermain pemain asal Bhayangkara FC itu berada di lini tengah.

Evandra juga menyumbang satu gol tatkala Timnas Indonesia U-17 menang 3-1 atas India U-16 pada laga uji coba medio Agustus 2024.

Pemain berusia 16 tahun ini diharapkan bisa kembali menjadi mesin gol di Kualifikasi Piala Asia U-17 2024.

3 dari 4 halaman

Putu Panji

Kapten Timnas Indonesia U-16, I Putu Panji Apriawan, saat menjalani sesi latihan terakhir di Stadion UNS, Solo, Minggu (39/6/2024), jelang laga semifinal Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Timnas Indonesia U-17 juga punya pemain yang produktif mencetak gol, meski berposisi sebagai bek tengah. Sosok yang dimaksud ialah pemain muda asal Bali United Youth, yakni I Putu Panji Apriawan.

Pemain yang juga menyandang tugas sebagai kapten Timnas Indonesia U-17 ini mampu menyumbangkan dua gol pada Piala AFF U-16 2024. Ini membuktikan bahwa insting gol bek asal Tabanan itu cukup tinggi.

Dengan kemampuan semacam ini, Panji bakal menjadi satu di antara alternatif bagi skuad asuhan Nova Arianto untuk menjebol gawang lawan di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

4 dari 4 halaman

Zahaby Gholy

Selebrasi striker Timnas Indonesia U-16, Muhammad Zahaby Gholy setelah mencetak gol pertama ke gawang Timnas Australia U-16 pada laga semifinal Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Tak bisa dimungkiri, Muhammad Zahaby Gholy merupakan satu di antara mesin gol yang bakal jadi andalan Timnas Indonesia U-17 saat menghadapi persaingan sengit kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Kendati posisinya bukan penyerang, Gholy merupakan sosok pemain yang tajam di lini depan. Buktinya, pada ajang Piala AFF U-16 2024, dia menjadi pemain paling produktif karena menyumbangkan lima gol.

Namun, kiprah pemain Persija Jakarta ini masih dinantikan bersama Timnas Indonesia U-17. Sebab, selama masa persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, dia belum berhasil menjebol gawang lawan.

Berita Terkait