Nova Arianto Minta Pemain Timnas Indonesia U-17 Tahan Emosi Lawan Kuwait: Tim Timur Tengah Banyak Drama

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 22 Okt 2024, 16:22 WIB
Selebrasi striker Timnas Indonesia U-16, Zahaby Gholy (kiri) bersama Evandra Florasta setelah mencetak gol pertama ke gawang Timnas Vietnam U-16 pada laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Kuwait City - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, meminta para pemainnya untuk menjaga emosi ketika menantang tuan rumah Timnas Kuwait U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Timnas Indonesia U-17 bakal menghadapi Kuwait U-17 dalam matchday pertama Grup G di Abdullah Alkhalifa Alsabah Stadium, Mishref, Rabu (23/10/2024).

Advertisement

Nova menilai tim-tim Timur Tengah, termasuk Kuwait, kerap bermain dengan drama yang menguji kesabaran lawan. Seperti ketika timnas senior diimbangi Timnas Bahrain 2-2 pada beberapa waktu lalu.

"Untuk mengantisipasi Kuwait U-17, sama dengan apa yang dilakukan timnas senior. Kita tahu tim-tim Timur Tengah. Kami mewaspadai karena sekali lagi mereka adalah tuan rumah," ujar Nova.

2 dari 3 halaman

Lolos ke Piala Asia U-17 2025

Para pemain starting XI Timnas Indonesia U-16 berfoto bersama jelang menghadapi Timnas Australia U-16 pada laga semifinal Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Timnas Indonesia U-17 ditargetkan lolos ke Piala Asia U-17 2025. Untuk itu, tim berjulukan Garuda Asia tersebut harus menjadi juara grup atau lima runner-up terbaik.

"Saya minta pemain harus lebih sabar dalam mengendalikan emosi karena pemain Timur Tengah sering membuat drama-drama di lapangan," jelas Nova.

"Saya berharap pemain sudah belajar dari apa yang terjadi di timnas senior. Kami banyak belajar bagaimana tim-tim Timur Tengah banyak drama dan saya harap pemain tidak terpengaruh dengan itu," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Jangan Tegang

Nova menginstruksikan Zahaby Gholy dkk. untuk tidak tegang ketika menghadapi Kuwait U-17. Selain itu, para pemain Timnas Indonesia U-17 diminta untuk menikmati pertandingan.

"Yang pasti saya ingin pemain lebih enjoy dan saya minta pemain jangan tegang atau terlalu banyak berpikir untuk pertandingan nanti," ungkap Nova.

"Saya melihat dari kondisi pemain pemain sangat enjoy untuk menghadapi pertandingan nanti dan saya berharap bisa dibawa ke lapangan menjadi partai yang menyenangkan untuk kami," terang Nova.

Berita Terkait