Duel Antarlini Madura United Vs PSIS di BRI Liga 1: Ajang Pembuktian Dua Tim Pesakitan

oleh Radifa Arsa diperbarui 23 Okt 2024, 09:45 WIB
BRI Liga 1 - Madura United Vs PSIS Semarang - Duel Antarlini (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bangkalan - Pertandingan pekan ke-9 BRI Liga 1 2024/2025 bakal mempertemukan antara Madura United melawan PSIS Semarang. Kedua tim sama-sama berstatus sebagai tim pesakitan pada awal musim ini.

Menurut jadwal, bentrok antara Madura United kontra PSIS Semarang bakal berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (23/10/2024) pukul 15.30 WIB. Kedua tim sama-sama terhambat tren negatif jelang pertemuan ini.

Advertisement

Tim Laskar Sappe Kerrab, misalnya, sama sekali belum merasakan kemenangan pada delapan laga awal. Di sisi lain, Tim Mahesa Jenar juga sudah melewati lima pertandingan terakhir tanpa mengamankan tiga poin.

Dengan catatan tersebut, Madura United saat ini tersungkur di dasar klasemen dengan koleksi tiga poin. Adapun PSIS Semarang berada di peringkat ke-14 dengan koleksi tujuh poin dari delapan pertandingan.

Pertarungan di tiap lini bakal menentukan arah pertandingan kali ini. Madura United punya sosok pemain yang produktif menghasilkan gol, sedangkan PSIS Semarang belum menemukan sosok yang bisa diandalkan.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Penjaga gawang PSIS Semarang, Muhammad Adi Satryo. (Dok. PSIS Semarang)

Persaingan di pos penjaga gawang bakal menyajikan lanskap yang cukup menarik pada duel ini. Madura United memiliki satu kiper asing yang punya catatan merah pada awal musim BRI Liga 1 2024/2025.

Ya, sosok tersebut ialah Wagner Augusto dos Santos atau yang akrab disapa Dida. Jadi pilihan utama di bawah mistar gawang, pemain asal Brasil itu malah harus merasakan nestapa. Gawangnya jadi lumbung gol karena sudah dibobol 16 kali.

Sementara itu, kubu PSIS Semarang tak bisa menurunkan kiper andalannya, Adi Satryo, yang mendapatkan kartu merah pada laga sebelumnya. Opsi yang bisa dipilih Tim Mahesa Jenar ialah Syahrul Trisna, kiper yang pernah memperkuat Timnas Indonesia.

 

3 dari 6 halaman

Bek

Pemain Baru Madura United Christian Rontini Langsung dimainkan sejak menit pertama saat menghadapi Bali United

Sementara itu, di lini pertahanan, kedua tim juga akan menyajikan komposisi yang cukup menarik. Di kubu tuan rumah, satu nama yang diprediksi akan tetap tampil sebagai starter ialah Pedro Monteiro.

Bek asal Portugal tersebut memang tak punya rekan duet yang paten. Saat dirinya menjadi pilihan utama, rekan duetnya sering berganti-ganti. Ada nama-nama seperti Ahmad Rusadi, Kartika Vedayanto, hingga Christian Rontini yang bisa menemaninya.

Adapun kubu Mahesa Jenar bakal memperlihatkan wajah baru untuk laga ini. Sebab, mereka tak bisa menurunkan Roger Bonet yang biasa mengisi skema tiga bek sejajar bersama Joao Ferrari dan Alfeandra Dewangga.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Pemain PSIS Semarang, Boubakary Diarra saat melawan Dewa United pada laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin (14/8/2023). PSIS Semarang menang telak 4-1 atas Dewa United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pertarungan yang tak kalah sengit juga akan tersaji di lini tengah. Madura United dan PSIS Semarang sama-sama memiliki pemain asing andalan yang menjadi tulang punggung untuk mengkover area tersebut.

Laskar Sappe Kerrap tentu akan memaksimalkan gelandang keturunan Indonesia-Belanda, Jordy Wehrmann. Ia bisa berduet dengan beberapa nama, termasuk Iran Junior yang punya karakter lebih ofensif di area ini.

PSIS juga akan memaksimalkan peran gelandang andalannya, Boubakary Diarra. Pemain asal Prancis tersebut menjadi nyawa di area tengah Tim Mahesa Jenar. Rekan duetnya yang paling potensial ialah Lucas Barreto.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Lulinha merayakan gol di laga BRI Liga 1 2024/2025 Dewa United vs Madura United. (Dok Madura United)

Memasuki area lini depan, catatan pemain Madura United dengan PSIS Semarang sebetulnya memperlihatkan ketimpangan. Sebab, Laskar Sappe Kerrap punya satu pemain andalan yang produktif menjebol gawang lawan.

Sosok yang dimaksud ialah Lulinha. Saat ini, sayap asal Brasil itu sudah menghasilkan lima gol di BRI Liga 1 2024/2025. Selain itu, ada sosok produktif lainnya yang bisa menjadi tulang punggung Madura United.

Hal yang lebih parah dialami PSIS. Saat ini, mereka tak punya sosok penyerang yang produktif menghasilkan gol. Di lini depan, hanya ada Septian David Maulana dan Paulo Gali Freitas yang masing-masing menyumbangkan satu gol.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait