Perang Antarlini Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar di BRI Liga 1: Trisula Tim Bajul Ijo Siap Mengancam

oleh Ana Dewi diperbarui 23 Okt 2024, 10:15 WIB
BRI Liga 1 - Persebaya Surabaya Vs PSM Makassar - Duel Antarlini (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Duel menarik bakal tersaji pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2024/2025. Persebaya Surabaya dijadwalkan menjamu PSM Makassar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Rabu (23/10/2024) malam WIB.

Kedua tim berpeluang menggeser posisi Bali United di puncak klasemen sementara Liga 1. Hasil imbang sudah cukup mengantarkan Persebaya naik ke urutan teratas. Adapun PSM wajib menang di Stdaion GBT.

Advertisement

Saat ini, Tim Bajul Ijo nangkring di peringkat kedua dengan koleksi 17 angka. Persebaya Surabaya punya poin sama dengan Bali United yang berada di puncak klasemen. Namun, Tim Serdadu Tridatu unggul produktivitas gol.

Dari delapan laga, Persebaya mengepak lima kemenangan, dua imbang, dan sekali kalah. Di sisi lain, PSM Makassar kini berada di urutan ke-4 dengan torehan 15 poin. Hasil dari empat menang, tiga seri, serta sekali kalah.

Kedua kubu datang dengan kondisi berbeda. Persebaya baru saja menelan kekalahan 0-2 di markas Persib Bandung. Sementara itu, Tim Juku Eja sukses menggilas Madura United dua gol tanpa balas.

Pertemuan antara Persebaya Surabaya versus PSM Makassar menyajikan catatan menarik dari masing-masing sektor. Lantas, bakal seperti apa potensi duel antarlini yang terjadi dalam laga nanti? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Kiper Persebaya Surabaya, Andhika Ramadhani memberikan instuksi kepada rekannya saat laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 antara Dewa United melawan Persebaya Surabaya di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (30/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dalam empat pertandingan terakhir, Persebaya Surabaya mengandalkan Andhika Ramadhani di bawah mistar. Kiper berusia 25 tahun itu tampil cukup apik, yakni menorehkan dua clean sheet dan kebobolan tiga gol.

Sayangnya, performa terakhir Andhika kurang menyakinkan. Setelah mencatat nirbobol dalam dua laga beruntun, gawang Andhika Ramadhani harus kemasukan dua gol sekaligus, saat timnya keok 0-2 dari Persib.

Sementara itu, PSM Makassar sudah pasti memercayakan Hilmansyah di sektor ini. Pemain yang musim lalu berkostum RANS Nusantara itu membukukan delapan penampilan. Kebobolan empat kali dan menorehkan empat clean sheet.

 

3 dari 6 halaman

Belakang

Pemain PSM Makassar, Aloisio Soares Neto berebut bola dengan pemain Persib Bandung, Mateo Kocijan pada laga pembuka Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jumat (19/07/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Kwartet barisan pertahanan Tim Bajul Ijo kemungkinan kembali dihuni Mikael Tata, Slavko Damjanovic, Kadek Raditya, dan Ardi Idrus. Para pemain ini dimainkan pelatih Paul Munster pada pekan lalu. Hanya saja, Persebaya tak meraih hasil yang menggembirakan.

Sementara itu, lini belakang PSM bakal ditempati Aloisio Neto, Akbar Tanjung, dan kapten tim Yuran Fernandes. Nama terakhir bahkan sukses mencetak sebiji gol saat membantu Tim Juku Eja melumat Madura United.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Gelandang anyar Persebaya Surabaya, Mohammed Rashid (tengah), melakukan selebrasi gol bersama Riswan Lauhin (kiri) dan Flavio Silva (kanan) saat menghadapi Persibo Bojonegoro dalam laga bertajuk bertajuk Anniversary Game, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Sabtu (29/6/2024) malam WIB. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya punya sederet nama macam Mohammed Rashid, Francisco Rivera, dan Gilson Costa yang siap menebar ancaman buat tim tamu. Sejauh ini, Rashid sudah melesakkan satu gol buat Bajul Ijo. Yang pasti, PSM wajib mewaspadai setiap pergerakan para pemain ini.

Bernardo Tavares nampaknya akan memercayakan empat pemain di lini tengah. Mereka adalah Victor Luiz, Ananda Raehan, Latyr Fall, serta Syahrul Lasinari. Kekompakan mereka kerap membuat tim lawan kepayahan mendapat bola.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Pemain PSM Makassar, Adilson Gancho Da Silva menguasai bola saat menghadapi Persikabo 1973 pada laga pekan ke-3 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jumat (14/7/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Trisula lini depan Persebaya bakal diisi Bruno Moreira, Flavio Silva, dan Malik Risaldi. Duel kontra PSM bisa menjadi ajang ketiganya untuk menunjukkan ketajaman serta menambah pundi gol di pentas Liga 1.

Andai sang bomber andalan Nermin Haljeta belum bisa dimainkan karena cedera, PSM rasanya tak akan begitu khawatir. Sebab, mereka masih memiliki sederet nama seperti Abdul Rahman, Tito Okello, Victor Dethan, hingga Adilson Silva yang dapat merepotkan tim lawan.

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait