Thomas Poll: Banyak Pemain Berdarah Belanda yang Gabung, Timnas Indonesia Jadi Makin Keren

oleh Choki Sihotang diperbarui 22 Okt 2024, 20:43 WIB
Manchester United - Jay Idzes, Mees Hilgers, Maarten Paes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Setelah Kevin Diks Bakarbessy yang santer diberitakan akan segera menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), nama lain yang kini tengah jadi sorotan adalah Thomas Poll.

Bek tangguh 23 tahun kepunyaan Cambuur di ajang Eerste Divisie 2024/2025, kasta kedua Liga Belanda, itu mengaku siap memberikan kontribusi bagi Timnas Indonesia jika memang mendapat kesempatan untuk dinaturalisasi.

Advertisement

Thomas Poll, seperti kebanyakan pemain naturilisasi asal Belanda, juga memiliki darah Indonesia dari gari kakek. Kakeknya berasal dari Bogor, Jawa Barat, tapi lahir di Surabaya, Jawa Timur.

Memasuki umur dua tahun, tepatnya pada 1948, keluarga kakeknya pindah ke Belanda dan menetap di sana.

Lewat kanal YouTube Obri besutan Yussa Nugraha belum lama ini, Thomas Poll mengaku sangat terbuka bila memang ada tawaran dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Tentu saja terbuka karena itu sesuatu hal yang sangat bagus," kata Thomas Poll dengan nada mantap.

2 dari 4 halaman

Banyak yang Gabung Jadi Tertarik

Ilustrasi - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Banyaknya pemain profesional keturunan asal Belanda yang menjadi WNI dan mendapat kepercayaan penuh di Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong tak lepas dari pantauan dari bek kiri kelahiran Amsterdam, Belanda, 28 Agustus 2001.

Ia ikut angkat suara terkait dua pemain naturalisasi anyar yang sudah dimainkan dalam lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia beberapa waktu lalu, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

"Iya, Mees Hilgers aku tahu. Kalau Eliano itu adik dari Tijjani Reijnders. Mees bermain di starting XI FC Twente," kata Thomas Poll.

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Makin Terkenal

Thomas Poll bersama Yussa Nugraha.

Melihat Mess Hilgers dan Eliano Reijnders mengenakan jersey kebesaran Timnas Indonesia, Thomas Poll tampknya sudah tak sabar ingin unjuk aksi.

"Menurutku itu sangat bagus. Aku juga sering melihat hal itu beberapa tahun ini dan sangat senang melihat pemain-pemain itu membela Timnas Indonesia. Sepertinya mereka diterima dengan sangat baik".

Sudah pernah dikontak PSSI? "Aku belum pernah dihubungi PSSI. Kalau kemudian PSSI menghubungiku, aku akan terbuka. Itu akan menjadi hal yang sangat indah," kata Thomas Poll yang juga mengaku sangat kagum dengan loyalitas serta totalitas suporter Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Kagum dengan Fanatisme Suporter

"Sangat senang melihatnya, bagaimana fanatiknya mereka. Aku juga mendapatkan banyak DM atau komen di bawah postinganku dan sangat senang melihat pemain-pemain seperti Ragnar Oratmangoen berkembang. Sangat senang melihat besarnya dukungan di sana," pungkas Thomas Poll yang musim ini sudah tampil dalam sembilan laga dengan torehan satu gol bersama Cambuur.

Berita Terkait