Nova Arianto dan Deretan Asisten Pelatih Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2024: Berpengalaman Menangani Pemain Muda

oleh Ana Dewi diperbarui 23 Okt 2024, 11:15 WIB
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto (Dok. PSSI)

Bola.com, Yogyakarta - Timnas Indonesia U-17 akan memulai kiprah di Kualifikasi Piala Dunia U-17 2025 dengan menghadapi tuan rumah Kuwait. Kedua tim berduel di Abdullah Alkhalifa Alsaba Stadium, Mishref, Rabu (23/10/2024) pukul 21.30 WIB.

Tim Garuda Muda tergabung G pada kualifikasi ini. Selain Kuwait, Timnas Indonesia U-17 juga bakal bertarung melawan Australia dan Kepulauan Mariana Utara. Babak penyisihan grup berlangsung selama lima hari.

Advertisement

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto membawa 23 pemain terbaik pada Kualifikasi Piala Dunia U-17 2025. Sederet nama yang jadi andalan pada Piala AFF U-16 2024 ikut disertakan ke Kuwait. Sebut saja Zahaby Gholy, Mathew Baker, hingga Fadly Alberto.

Nova Arianto juga masih akan dibantu deretan asisten yang selalu setia mendampinginya untuk mempersiapkan skuad Garuda Muda menghadapi turnamen kali ini. Siapa saja?

 
 
2 dari 3 halaman

Asisten Pelatih

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, saat mendampingi latihan para pemainnya di Stadion UNS, Solo, Minggu (23/6/2024), jelang laga kontra Filipina pada lanjutan Grup A Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Untuk sektor asisten pelatih ada dua sosok penting yang bertugas di belakang Nova Arianto. Mereka adalah Dwi Prio Utomo dan Haryanto "Tommy" Prasetyo.

Keduanya bukan nama baru di skuad Garuda Muda. Dwi Prio dan Tommy sudah menjadi bagian Timnas Indonesia U-16 saat meraih posisi ketiga Piala AFF U-16 2024 yang digelar di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Sebelum gabung tim nasional, Dwi Prio pernah menjabat asisten pelatih di sejumlah tim di Tanah Air. Sebut saja PSIM Yogyakarta dan Madura United. Juga didapuk sebagai head coach Persik Kediri serta Bhayangkara FC U-19.

Sementara Tommy pernah menakhodai beberapa tim macam Badak Lampung Youth (pelatih kepala), Lampung Sakti (asisten pelatih), Persis Solo (asisten pelatih), dan Persis U-18 (pelatih kepala).

Untuk pelatih kiper, Nova Arianto mempercayakan tugas ini kepada Andreas Kristiyanto. Sama seperti Dwi Prio dan Tommy, Andreas juga sudah masuk dalam staf pelatih sejak Piala AFF U-16 2024.

Sepanjang kariernya, Andreas Kristiyanto pernah menangani dua tim di Liga Indonesia. Dia menjabat pelatih kiper Persab Brebes pada 2018 dan Persik Kediri medio 2020-2023.

Pelatih berusia 38 tahun ini punya peran penting dalam memoles penjaga gawang yang dimiliki Timnas Indonesia U-17. Pada ajang ini, skuad Garuda menyertakan tiga kiper: Nur Ichsan, Dafa Gasemi, dan Rendy Razzaqu.

3 dari 3 halaman

Pelatih Fisik

Sesi pemanasan latihan Timnas Indonesia U-23 dipimpin oleh pelatih fisik, Sofie Imam Faizal, yang berlangsung di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (10/9/2023) siang hari WIB. (Bola.com/Radifa Arsa)

Sementara itu, pelatih fisik yang membantu Nova Arianto ialah Sofie Imam Faizal. Pria berusia 36 tahun itu sudah cukup berpengalaman menangani Timnas Indonesia di berbagai level usia.

Sofie Imam Faizal pernah bertugas bersama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 dan senior pada 2023 silam. Setelah itu, dia ikut membantu Nova Arianto di Timnas kelompok usia.

Menariknya, pada Kualifikasi Piala Dunia U-17 2025 Tim Garuda Muda akan didampingi fisioterapi Timnas senior dan U-23. Dia adalah Choi Ju-young.

Tangan kanan Shin Tae-yong yang berprofesi sebagai dokter itu telah menjadi fisioterapi Timnas senior dan Timnas U-23 pada Desember 2023. Ju-young juga menjabat sebagai Direktur Korea Medicine Sports Center di Korea Selatan.

Berita Terkait