Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Wajib Waspada, Gelandang Jepang Ini Baru Saja Pecahkan Rekor di Eropa

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 23 Okt 2024, 12:45 WIB
Pemain timnas Jepang Takefusa Kubo (20), Seiya Maikuma (16), Keito Nakamura (13), dan Ayase Ueda (9) berjalan bersama saat pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia AFC Qatar 2023 melawan Indonesia di Stadion al-Thumama, Doha, pada 24 Januari 2024. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kedatangan tim kuat Asia, yaitu Jepang pada laga kelima Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad Garuda akan bertindak sebagai tuan rumahnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 15 November 2024.

Advertisement

Jepang bukanlah lawah mudah yang akan dihadapi Timnas Indonesia. Jepang berdiri kukuh di puncak klasemen Grup C dengan nilai 10, tanpa tersentuh kekalahan.

Takefusa Kubo dkk. seolah berlari sendirian di puncak klasemen Grup C setelah menghajar China (7-0), Bahrain (5-0), Arab Saudi (2-0), dan baru saja ditahan imbang 1-1 oleh Australia.

Adapun Timnas Indonesia masih berada di urutan kelima dengan nilai tiga dari empat pertandingan. Hasil dari tiga kali imbang dan sekali kalah.

Pasukan Shin Tae-yong sepertinya wajib mewaspadai satu di antara pemain kunci Jepang. Adalah Keito Nakamura, gelandang andalan tim Samurai Biru yang kian bersinar di kompetisi Eropa.

 

2 dari 4 halaman

Bikin Rekor

Kapten Timnas Vietnam, Do Hung Dung berduel melawan gelandang Jepang, Keito Nakamura, dalam laga perdana Grup D Piala Asia 2023 di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Keito Nakamura kini bermain untuk klub Ligue 1 Prancis, Stade Reims. Ia direkrut dari klub Austria, LASK pada musim panas tahun lalu dengan durasi kontrak hingga 2028.

Nakamura memang sejak lama menimba ilmu di beberapa klub Eropa ketika Gamba Osaka sering meminjamkannya ke tim seperti Saint Trudiense (Belgia), Juniors (Austria), dan sempat dipermanen LASK (Austria).

Pemain berusia 24 tahun itu kini sudah merasakan keberhasilannya di Eropa dengan menjadi pemain yang menonjol bersama Stade Reims. Sebuah rekor baru saja ia ciptakan.

Melansir media Jepang, Hochi News, Keito Nakamura menjadi pemain Jepang pertama yang mencetak gol dalam lima pertandingan berturut-turut di lima liga besar Eropa.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Jadi Andalan di Stade Reims

Musim ini adalah tahun keduanya bermain untuk Stade Reims. Dalam delapan caps di Ligue 1 musim ini, Keito Nakamura sudah mengoleksi lima gol dan satu assist, dengan posisi asli sebagai gelandang serang sisi kiri.

Gol pertamanya musim ini tercipta ketika Reims menang atas Nantes pada 15 September 2024. Kemudian Nakamura selalu mencetak satu gol berturut-turut untuk Stade Reims ke gawang PSG, Angers, Montpellier, dan terakhir Auxere akhir pekan lalu.

Dalam pertandingan tandang melawan Auxerre, di mana ia bermain sepanjang waktu, ia menyundul umpan silang kanan dari sesama gelandang Junya Ito sesaat sebelum babak kedua berakhir, 0-2.

Ini mematahkan rekor gol empat pertandingan beruntun yang dibuat oleh gelandang Masaya Okugawa (saat ini bermain untuk Augsburg) dari tahun 2021 dan 2022 bersama klub Divisi Satu Jerman, Bielefeld.

"Bola datang ke saya dengan sangat akurat. Tentu saya mengucapkan terima kasih kepada Junya Ito," ujar Keito Nakamura.

 

 

4 dari 4 halaman

Makin Matang

Keito Nakamura semakin berkembang dan matang di Eropa bersama Stade Reims. Ia semakin punya jam terbang di kompetisi yang banyak diisi oleh pemain keturunan Afrika.

Nakamura tidak hanya berkompetisi dengan kemampuan dribblingnya yang unik, namun juga terus memposisikan dirinya di depan gawang untuk mencetak gol.

Nakamura juga menjadi andalan bagi negaranya di pentas Kualifikasi Piala Dunia 2026. Terakhir ia tampil ketika timnya ditahan imbang Australia 1-1 pekan lalu, dengan menggantikan peran Takefusa Kubo di paruh kedua.

Total Nakamura sudah punya 13 caps dengan koleksi delapan gol untuk Timnas Jepang senior sejak melakoni debutnya pada 24 Maret 2023. "Saya ingin berterima kasih kepada mereka karena secara bertahap mendapatkan kepercayaan untuk bermain penuh di klub," tegasnya.

Sumber: Hochi News

Berita Terkait