Bintang Bayern Munchen asal Korsel Bercerai dan Minta Maaf ke Fans, Media Jerman Terheran-heran

oleh Aning Jati diperbarui 23 Okt 2024, 16:45 WIB
Bek tengah Timnas Korea Selatan milik Bayern Munchen, Kim Min-jae akan menjadi andalan di lini belakang Taeguk Warriors pada Piala Asia 2023 Qatar. Keberhasilannya menjadi pilihan utama di lini belakang Bayern Munchen baik di Bundesliga maupun di Liga Champions tentu akan menumbuhkan kepercayaan yang tinggi di Qatar nanti . Bersama Timnas Korea Selatan ia telah mengoleksi 55 caps dengan torehan 4 gol dan 5 assist. Piala Asia 2023 Qatar menjadi Piala Asia edisi kedua yang diikutinya setelah sebelumnya ia juga tampil pada ajang Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab. (AFP/Sergei Gapon)

Bola.com, Jakarta - Pengumuman perceraian Kim Min-jae baru-baru ini mengundang kebingungan di media Jerman.

Bukan hanya karena perceraiannya yang tak terduga, tetapi juga karena bintang Bayern Munich ini secara resmi mengumumkannya melalui agensinya dan meminta maaf kepada para penggemar.

Advertisement

"Setelah pertimbangan yang matang, Kim Min-jae telah memutuskan untuk mengakhiri pernikahannya," kata agensi Kim, Orange Ball, dalam pernyataan awal minggu ini.

"Proses perceraian telah diselesaikan melalui kesepakatan bersama."

"Kami ingin meminta maaf karena telah menimbulkan kekhawatiran bagi mereka yang mencintai dan mendukung Kim Min-jae dengan kabar buruk ini," demikian pernyataan Orange Ball.

Pengumuman Kim Min-jae tersebut, merupakan prosedur umum bagi selebritas Korea, tetapi tidak di Jerman dan bagi media Jerman, di mana langkah seorang pemain sepak bola yang memilih mengungkapkan informasi pribadi seperti itu melalui agensi dianggap tidak biasa.

2 dari 3 halaman

Dianggap Aneh

Kim Min Jae merupakan pemain Asia yang kini berkarier di Bayern Munchen. Dirinya dipanggil Timnas Korea Selatan asuhan Juergen Klinsmann untuk mengisi posisi bek tengah pada Piala Asia 2023. Ia akan menjadi tembok tangguh di barisan belakang Taeguk Warriors. (AFP/Peter Powell)

Fakta bahwa agensi tersebut meminta maaf atas perceraian juga dianggap lebih aneh.

"Di akhir siaran pers, keadaan menjadi aneh: Agensinya benar-benar meminta maaf kepada penggemar Kim atas perceraiannya!" demikian dilaporkan tabloid Jerman, Bild, pada Senin lalu.

Di Eropa, kehidupan pribadi atlet sering kali menjadi bahan spekulasi tabloid, tetapi jarang dikomentari langsung oleh para atlet sendiri.

Jika mereka memutuskan untuk membicarakan kehidupan pribadinya dengan penggemar, mereka cenderung melakukannya secara langsung melalui saluran media sosial pribadi mereka, bukan melalui pernyataan resmi dari agensi.

3 dari 3 halaman

Peran Agensi

Bayern menebus klausul rilis sang pemain yang mencapai 50 juta euro (sekitar Rp840 miliar. (David Inderlied/dpa via AP)

Namun, keputusan Kim untuk mengeluarkan pernyataan resmi sesuai norma Korea, di mana penggemar cenderung sangat terlibat dalam semua aspek kehidupan publik dan pribadi selebritas favorit mereka.

Dalam kasus yang lebih ekstrem, ini bisa membuat penggemar berbalik melawan seorang bintang karena gagal mengungkapkan hubungan baru atau perubahan status pernikahan.

Untuk mengurangi risiko tersebut dan mengontrol narasi, agensi sering memainkan peran yang jauh lebih aktif dalam mengelola citra publik di Korea, termasuk mengendalikan saluran media sosial dan mengeluarkan siaran pers terkait perubahan kehidupan publik atau pribadi seorang atlet.

Namun, tidak semua artikel atau konten media Jerman menunjukkan 'kebingungan yang sopan'.

Artikel Bild berakhir dengan kalimat: "Namun, bahkan kesopanan khas Korea tidak bisa melindungi dari kegagalan pernikahan!", yang tampaknya merujuk pada stereotip rasial bahwa semua pria Korea memiliki sifat lembut dan ramah.

 

Sumber: Korea JongAng Daily

Berita Terkait