Pelatih Persis Pasang Badang Lindungi Arkhan Kaka: Dia Aset Bangsa, Jangan Dikritik saat Bermain Jelek

oleh Radifa Arsa diperbarui 23 Okt 2024, 17:25 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka menguasai bola saat menghadapi Timnas Ekuador U-17 pada laga pertama Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Caretaker Persis Solo, Yogie Nugraha, berupaya pasang badan melindungi pemainnya, Arkhan Kaka Putra Purwanto, yang kerap menjadi sasaran kritik bernada hinaan oleh netizen di media sosial.

Yang terbaru, Arkhan Kaka berhasil membungkam keraguan tersebut dengan mencetak gol profesional pertamanya di BRI Liga 1 2024/2025 saat membawa Persis Solo menang 3-2 atas Borneo FC pada pekan ke-8, Sabtu (19/10/2024). 

Advertisement

Yogie Nugraha mengatakan gol ini semakin menegaskan potensi besar yang dimiliki Arkhan Kaka setelah sebelumnya sempat masuk dalam daftar 60 Pemain Talenta Muda Terbaik Dunia versi media asal Inggris, The Guardian.

Arkhan Kaka adalah pemain muda yang potensial. Kita semua tahu dan sepakat soal hal itu. Apalagi, dia kemarin masuk dalam daftar 60 Pemain Muda Bertalenta di dunia versi media asing,” ujar Yogie Nugraha, Rabu (23/10/2024). 

 

2 dari 3 halaman

Kaka Aset Bangsa

Striker muda Persis Solo dan Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka. (Bola.com/Radifa Arsa)

Pelatih asal Bogor itu menjelaskan, kritik yang selama ini dialamatkan kepada Kaka saat bermain jelek sebetulnya tak proporsional. Menurutnya, sebagai pemain muda, melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar. 

Menurut pelatih berlisensi AFC Pro itu, kritik yang selama ini diberikan kepada striker Timnas Indonesia U-20 itu sebetulnya salah alamat. Dia mengatakan yang lebih layak menjadi sasaran ialah sosok pelatihnya.

“Jadi, bagi saya Kaka adalah aset bangsa. Jangan kritik dia ketika dia bermain jelek. Karena dia masih berusia muda. Kritiklah pelatihnya, bukan pemainnya,” ujar eks pelatih fisik Timnas Indonesia U-17 itu.

“Karena, tidak ada pemain yang bodoh. Tidak ada pemain yang salah. Yang lebih tepat adalah pemain muda tersebut belum menemukan pelatih yang tepat dalam pengajarannya,” imbuh Yogie.

 

3 dari 3 halaman

Cetak Rekor Istimewa

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka (kiri) usai menjebol gawang Timnas Guam U-17 dalam pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (3/10/2022). Pemain milik Persis Solo yunior ini menjadi pemain termuda dalam skuad Timnas Indonesia U-20 yang kini baru berusia 15 tahun. Sebelumnya ia telah memperkuat Timnas Indonesia U-16 dan U-17 dan telah mengoleksi total 9 gol, dua gol bersama Timnas U-16 dan tujuh gol bareng Timnas U-17. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sebelumnya, Kaka memecahkan rekor setelah sukses mencetak gol saat menginjak 17 tahun 1 bulan 17 hari. Striker asal Blitar, Jawa Timur, itu sukses memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Marselino Ferdinan.

Saat itu, Marselino mencatatkan gol debutnya di level pro pada laga Persebaya Surabaya melawan Arema FC pada 6 November 2021, tepatnya ketika usianya masih menginjak 17 tahun, 1 bulan, 28 hari.

Rekor ini semakin menambah gemilang catatan yang diukir Arkhan Kaka setelah namanya masuk dalam jajaran 60 Pemain Talenta Muda Terbaik Dunia versi media asal Inggris, The Guardian.

Sampai saat ini, Kaka juga masih memegang rekor sebagai pemain termuda yang mengukir penampilan di BRI Liga 1. Momen itu terjadi pada laga Persis Solo melawan Persib Bandung pada April 2023 ketika usianya baru 15 tahun 7 bulan dan 2 hari.   

Berita Terkait