Liga Inggris: Tolak MU, Xabi Alonso Lebih Tertarik Latih Man City?

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 23 Okt 2024, 21:30 WIB
Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso memberikan instruksi kepada pemainnya saat berlatih menjelang final Liga Europa 2023/2024 melawan Atalanta di Dublin Arena, Dublin, Irlandia, Rabu (22/05/2024). (AFP/Adrian Dennis)

Bola.com, Jakarta Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso telah menolak Manchester United sekali, dan kini tetangganya Manchester City ingin memboyongnya dari juara Jerman tersebut.

Alonso dikaitkan dengan kepulangannya ke Liverpool pada musim panas lalu setelah Jurgen Klopp mengumumkan pensiun. Namun, ia akhirnya bertahan di Leverkusen, dan telah mencatat kemenangan beruntun di Liga Champions sambil berusaha mempertahankan gelar Bundesliga.

Advertisement

Namun, kepindahannya ke Liga Inggris masih mungkin terjadi. Laporan di Jerman yang mengindikasikan bahwa petinggi Leverkusen bersiap untuk kepergiannya pada tahun 2025.

Manchester City termasuk di antara pihak-pihak yang berminat. Alonso sebagai kandidat jika Pep Guardiola meninggalkan Stadion Etihad, meskipun Real Madrid juga serius mengejarnya.

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso, memberi aplaus setelah pertandingan melawan Union Berlin pada laga Bundesliga di Bay Arena, Minggu (12/11/2023). Anak asuh Xabi Alonso masih belum terkalahkan, mereka memimpin Bundesliga dengan 31 poin dari 11 laga, unggul dua poin atas Bayern Munchen di posisi kedua. (AFP/Ina Fassbender)

MU juga menjajaki kemungkinan kepindahan selama musim panas, sebelum akhirnya memutuskan untuk tetap mempercayai Erik ten Hag. Namun, tampaknya hal itu tidak akan terjadi, bahkan sebelum keputusan akhirnya untuk mendukung Ten Hag dengan perpanjangan kontrak.

Menurut The Mail, Alonso menolak kesempatan untuk mengambil pekerjaan di Old Trafford selama musim panas.

Pembaruan tersebut konsisten dengan laporan April yang mengindikasikan mantan pemain internasional Spanyol itu enggan bergabung dengan United karena hubungannya dengan rival mereka, Liverpool.

2 dari 3 halaman

Peluang ke Manchester City

Pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso memimpin latihan menjelang laga final Liga Europa 2023/2024 melawan Atalanta di Dublin Arena, Dublin, Irlandia, Rabu (22/05/2024). (AFP/Adrian Dennis)

Mantan kiper City, Costel Pantilimon, berharap City tidak akan memiliki masalah seperti itu, dengan alasan hubungan masa lalu Alonso dengan Guardiola dapat membantu.

"Xabi tahu liga ini, dia punya banyak pengalaman hebat sekarang, pernah melatih di Spanyol, dan memenangkan gelar di Jerman bersama Bayer Leverkusen, tanpa kalah satu pertandingan pun," kata Pantilimon.

3 dari 3 halaman

Pekerjaan Fantastis

Leverkusen asuhan Alonso belum mampu mengulang catatan tak terkalahkan di liga musim lalu, kalah dari RB Leipzig dalam laga pembuka kandang mereka pada bulan Agustus. Namun, mereka belum pernah kalah sejak saat itu, dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Bundesliga dengan 18 gol dalam tujuh pertandingan.

"Dia telah melakukan pekerjaan yang fantastis di sana dia bisa menjadi pilihan, pasti. Terutama jika Anda ingat dia pernah bekerja dengan Pep Guardiola sebelumnya, di Bayern, dan hubungan itu mungkin berperan dalam hal-hal yang berkaitan dengan pengganti Guardiola." 

Berita Terkait