6 Pemain yang Pernah Mengalahkan Lionel Messi dalam Perebutan Sepatu Emas: Rival dari La Liga hingga MLS

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 24 Okt 2024, 07:45 WIB
Lionel Messi (tengah) berfoto bersama Luis Suarez (kanan) dan Direktur Marca, Juan Ignacio Gallardo pada acara Golden Shoe awards 2017 di Antigua Fabrica Estrella Damm, Barcelona, (24/11/2017). (AFP/Josep Lago)

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi diakui sebagai salah satu pencetak gol terbaik sepanjang masa. Dalam sepanjang kariernya, pemain asal Argentina itu tercatat meraih delapan penghargaaan sepatu emas, atau golden boot, kompetisi liga.

Namun, ada fakta menarik yang menyebut Lionel Messi tak selalu berhasil mencatatkan hasil terbaik dalam perburuan sepatu emas, atau lambang supremasi pencetak gol terbanyak.

Advertisement

Meski banyak yang menganggapnya sebagai GOAT, atau pemain terbaik sepanjang masa, ada beberapa pemain yang bisa mengalahkannya dalam persaingan menjadi pencetak gol terbanyak.

Seperti dilansir dari Planet Football, berikut enam pemain yang pernah mengungguli Lionel Messi dalam perburuan sepatu emas kompetisi liga.

 
 
2 dari 7 halaman

Christian Benteke

Christian Benteke hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-21. Tandukannya usai menerima umpan Thomas Meunier masih membentur tiang gawang sebelah kiri Estonia. (AFP/John Thys)

Meskipun Lionel Messi hanya tampil dalam 15 pertandingan MLS musim ini, ia masih mampu bersaing untuk penghargaan top scorer.

Dengan mencetak 20 gol dalam 19 laga untuk Inter Miami, Messi harus mengakui keunggulan Christian Benteke, yang mencetak 23 gol dalam 30 pertandingan untuk DC United.

Benteke menunjukkan performa luar biasa setelah bergabung dengan klub tersebut.

3 dari 7 halaman

Denis Bouanga

Pemain FC Los Angeles, Denis Bouanga menempati urutan kedua sebagai pencetak gol terbanyak di Major League Soccer Amerika Serikat musim 2023. Pemain berkebangsaan Gabon tersebut berhasil mencetak 10 gol dan 2 assist dalam 18 penampilannya di liga. (AFP/Kevork Djansezian)

Lionel Messi bergabung dengan Inter Miami di tengah musim 2023, sehingga peluangnya untuk meraih Golden Boot MLS pada musim lalu sangat kecil.

Sebaliknya, Denis Bouanga berhasil memenangkan penghargaan tersebut dengan mencetak 20 gol dalam 31 penampilan untuk Los Angeles FC.

Sejak kehadiran Messi di MLS, Bouanga adalah salah satu dari sedikit pemain yang mampu mengungguli pemain Argentina itu.

4 dari 7 halaman

Kylian Mbappe

PSG - Ilustrasi Kylian Mbappe (Bola.com/Adreanus Titus)

Selama dua musim Lionel Messi bermain di PSG, ia tidak berhasil meraih satu pun penghargaan Golden Boot, sementara Kylian Mbappe merebutnya di musim 2020/2021 dan 2021/2022.

Meski Messi lebih banyak berperan sebagai pemberi assist, Mbappe tetap mencetak 57 gol liga dalam dua tahun itu, sedangkan Messi hanya mencetak 22 gol. Hal ini menunjukkan sinergi yang kuat antara keduanya di lapangan.

5 dari 7 halaman

Luis Suarez

Lionel Messi (tengah) membawa trofi Liga Champions bersama Luis Suarez dan Neymar setelah menang melawan Juventus pada Final di Stadion Olimpiade di Berlin pada Juni 6, 2015. Messi sudah berstatus tanpa klub sejak tanggal 1 Juli 2021 mengingat kontraknya bersama Barcelona usai. (AFP/Patrik Stollarz)

Lionel Messi memenangkan Golden Boot La Liga dalam lima musim terakhirnya bersama Barcelona, tetapi sebelum itu, rekan setimnya, Luis Suarez, adalah satu-satunya pemain yang mengalahkannya.

Pada musim 2015/2016, Suarez mencetak 40 gol di La Liga. Suarez pernah mengungkapkan, “Messi telah membantu banyak dalam perkembangan pribadi saya."

Hal itu menunjukkan betapa pentingnya hubungan mereka dalam meraih sukses.

6 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo. Striker Manchester United asal Portugal ini hingga kini tercatat sebagai pemain aktif yang paling sering membobol gawang Barcelona. Total ia mencetak 20 gol dan 3 assist ke gawang Barcelona bersama 2 klub berbeda, yaitu Real Madrid dan Juventus dalam 34 laga. Hanya bersama MU ia gagal mencetak satu gol pun ke gawang Barcelona dari total 3 laga di Liga Champions musim 2007/2008 dan 2008/2009. (AFP/Update Image Press/Isabella Bonotto)

Selama sembilan tahun berkarier di Real Madrid, Cristiano Ronaldo berhasil merebut tiga penghargaan Golden Boot La Liga dari Lionel Messi.

Kali pertama Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan ini pada musim 2010/2011 dengan mencetak 40 gol, sembilan gol lebih banyak dari Messi.

Ia juga meraih penghargaan ini di musim 2013/2014 dan 2014/2015, di mana ia mencetak 48 gol. Namun, Messi tetap menjadi pemenang akhir dengan meraih treble dan Ballon d’Or pada musim tersebut.

7 dari 7 halaman

Diego Forlan

Atletico Madrid merekrut Diego Forlan 30 Juni 2007 dari Villarreal dengan nilai transfer 21 juta euro. Ia didatangkan untuk menggantikan Fernando Torres yang hijrah ke Liverpool. Selama 4 musim, ia tampil 198 laga di semua ajang dengan torehan 96 gol dan 31 assist. (AP/Arturo Rodriguez)

Pada musim 2008/2009, Lionel Messi mencetak lebih dari 20 gol liga untuk pertama kalinya, tetapi ia tidak cukup untuk merebut Golden Boot.

Diego Forlan, penyerang legendaris asal Uruguay, berhasil mencetak 32 gol dan merebut penghargaan terakhirnya pada musim itu.

 

Sumber: Planet Football

Berita Terkait