Kata-kata Berkelas Jose Mourinho saat Komentari Pemecatan Sir Alex Ferguson dari MU

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 24 Okt 2024, 08:45 WIB
Dua manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson (1986-2013) dan Jose Mourinho (2016-sekarang). (AFP/Paul Ellis dan Pierre-Philippe Marcou)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Fenerbahce, Jose Mourinho, buka suara tentang langkah manajemen Manchester United (MU) yang mengakhiri kontrak Sir Alex Ferguson sebagai duta alias ambassador klub.

Pekan lalu, The Athletic melaporkan salah satu pemilik MU, INEOS, melanjutkan program pemotongan anggaran. Satu pos yang dipangkas adalah penghentian komitmen tahunan bernilai jutaan pounds terhadap mantan pelatih Setan Merah, Ferguson.

Advertisement

Ferguson menangani Manchester United selama 26 tahun, dengan koleksi gelar mentereng. Pelatih asal Skotlandia itu menyabet 39 trofi.

Setelah ia pensiun pada 2013, MU tetap mempertahankan sebagai duta global dan direktur klub. Ia menerima gaji tahunan yang diyakini sekitar 2 juta pounds (Rp40,5 miliar).

Menurut Athletic, satu-satunya deskripsi peran Ferguson sebagai duta klub dapat dilihat pada akun MU pada 2014 di bagian transaksi pihak terkait. Di sana, MU mengatakan manajer veteran itu menandatangani perjanjian pada 17 Oktober 2013 yang membuatnya menjadi duta global dan menerima £2,16 juta atas jasanya.

Perjanjian tersebut berlanjut selama lebih dari satu dekade, dengan Ferguson juga tetap menjadi direktur MU di dewan sepak bola klub.

 

2 dari 4 halaman

Sangat Menghormati Ferguson

2. Jose Mourinho (Chelsea) - Pada musim 2014-2015 The Special One berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Inggris. Namun, karena permasalahan internal klub, Mourinho akhirnya dipecat pada 17 Desember 2015. (AFP/Glyn Kirk)

Mourinho pun ditodong pertanyaan fentang Ferguson yang kontraknya diputus. Apa responsnya?

"Hubungan saya dengan Sir Alex luar biasa, luar biasa dan ketika film dokumenter Netflix saya keluar, Anda akan tahu lebih banyak tentang alasan mengapa saya sangat menghormatinya," ujar Mourinho, seperti dikutip dari Sportbible, Rabu (23/10/2024).  

"Peran duta besar. Saya tidak tahu situasi mendalamnya, tidak peduli mengapa atau apa. Sir Alex memiliki hal yang paling penting, yaitu cinta dan rasa hormat dari setiap penggemar Manchester United di seluruh dunia, yang lebih penting daripada peran duta besar atau uang yang tidak ia butuhkan."

 

3 dari 4 halaman

Komentar Ratcliffe

Manchester United - Ilustrasi Jim Ratcliffe (Bola.com/Adreanus Titus)

Pemilik mayoritas Manchester United, keluarga Glazer, sebelumnya diduga telah puas memberikan pembayaran kepada Ferguson. Mereka sepertinyapercaya sebagian besar nilai yang terus dihasilkan MU adalah berkat karya dan warisan Ferguson.

Ketika menyaksikan langsung pertandingan MU pertamanya setelah menyetujui kesepakatan untuk membeli saham, Ratcliffe duduk bersama Ferguson di kotak direktur klub.

“Dia adalah orang pertama yang saya temui ketika saya pergi ke sana. Pekan kedua bulan Januari, saya mengadakan pertemuan dari jam 9 pagi hingga 10 pagi di rumahnya dan saya berangkat pada jam 1 siang,” kata Ratcliffe tentang Ferguson pada Februari 2024.

“Dia tidak pernah berhenti. Dia punya banyak pengalaman, banyak cerita untuk diceritakan, dan banyak pemikiran tentang klub."

“Saya rasa dia tidak terdorong untuk terlibat. Namun dia masih sangat memikirkan klub dan dia punya banyak pengalaman. Dia benar-benar memahami nilai-nilai dan tradisi klub serta semua hal di dalamnya. Dia masih sangat kompetitif, Alex Ferguson," imbuh Ratcliffe. 

Sumber: Sportbible

 

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait