Gol Akrobatik Haaland ke Gawang Sparta Praha Bikin Guardiola Takjub: Itu Tidak Normal bagi Manusia!

oleh Aning Jati diperbarui 24 Okt 2024, 07:39 WIB
Striker Manchester City asal Norwegia #09, Erling Haaland, mencetak gol kedua tim saat pertandingan Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Sparta Praha di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, Kamis dini hari WIB. (Oli SCARFF/AFP)

Bola.com, Jakarta - Manajer Man City, Pep Guardiola, menyebut gol spektakuler Erling Haaland dalam kemenangan 5-0 Man City atas Sparta Prague sebagai sesuatu yang "tidak normal bagi seorang manusia".

Haaland mencetak gol luar biasa dengan tendangan voli akrobatik menggunakan tumitnya dari umpan Savinho pada babak kedua. Gol tersebut menjadi satu di antara momen yang paling menonjol dalam pertandingan Man City vs Sparta Praha di Stadion Etihad.

Advertisement

Pemain asal Norwegia itu kemudian mencetak gol lagi sebelum digantikan, menjadikannya total 44 gol dalam 42 pertandingan Liga Champions, dan menempatkannya di posisi ke-16 dalam daftar pencetak gol sepanjang masa kompetisi ini.

"Saya tidak tahu bagaimana dia bisa mencetak gol itu," kata Guardiola.

"Untuk ukuran manusia, saya akan mengatakan tidak itu tidak normal. Dia mencetak gol yang luar biasa," sanjungnya.

"Dia mungkin hanya menyentuh bola 15 atau 20 kali, tetapi bisa memiliki tujuh atau delapan peluang. Itu luar biasa."

"Gol ini mirip dengan yang dia cetak saat bermain untuk Dortmund beberapa tahun lalu. Saya tidak tahu mana yang lebih sulit, tetapi saya akan mengatakan keduanya luar biasa," ujar Guardiola.

 

2 dari 3 halaman

Pujian dari Rekan Setim dan Pelatih Lawan

Gelandang Manchester City asal Portugal #27, Matheus Nunes (C), merayakan gol kelima tim saat pertandingan Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Sparta Prague di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, Kamis dini hari WIB (24/10/2024). (Oli SCARFF/AFP)

Rekan setim Haaland di Man City, Matheus Nunes, juga takjub dengan gol tersebut.

"Gol yang luar biasa. Saya terdiam setelah melihatnya," ujar Nunes kepada TNT Sports.

"Ketika dia mencetak gol serupa melawan Dortmund, saya menonton di TV, jadi melihatnya langsung kali ini benar-benar menakjubkan."

Pelatih Sparta Prague, Lars Friis, juga memberikan pujian untuk Haaland, yang kini telah mencetak 13 gol di musim ini.

"Apa yang bisa dikatakan? Mungkin dia adalah penyerang terbaik di dunia," kata Friis.

"Dia kelas dunia. Kami merasa telah menjaganya dengan baik, tetapi kemudian dia muncul dengan gol seperti itu."

"Mereka adalah tim terbaik di dunia dengan pemain-pemain terbaik di dunia."

 

3 dari 3 halaman

Rekor Baru Man City

Pemain depan Manchester City, Erling Haaland (kanan) bersama Matheus Nunes merayakan golnya pada matchday 3 Liga Champions 2024/2025 melawan Sparta Praha di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada Rabu 23 Oktober 2024 atau Kamis 24 Oktober 2024 dini hari WIB. (Oli SCARFF/AFP)

Kemenangan 5-0 Man City atas Sparta Praha pada laga matchday ketiga Liga Champions, Kamis dini hari WIB (24/10/2024) ini membawa mereka naik ke posisi ketiga di tabel Liga Champions, makin dekat dengan babak knockout menjelang pertandingan melawan Sporting CP dan Feyenoord.

Tim asuhan Guardiola juga mencatatkan rekor baru di kompetisi klub Eropa dengan 26 pertandingan tanpa kekalahan — tidak termasuk adu penalti — melampaui rekor yang sebelumnya dipegang oleh Manchester United antara tahun 2007-2009.

"Kami bermain sangat baik lagi," kata Guardiola.

"Saya sangat menikmati cara kami bermain belakangan ini. Kami hampir tidak memberikan peluang kepada lawan."

"Kami menciptakan banyak peluang dan harus sangat sabar. Kami memiliki lima pertandingan tersisa, dan targetnya adalah finis di delapan besar. Ini adalah keuntungan besar untuk tidak bermain pada Februari nanti," imbuhnya.

 

Sumber: ESPN

Berita Terkait