Erling Haaland Cetak Gol Spektakuler: Inspirasi Anak-Anak di Seluruh Dunia

oleh Aning Jati diperbarui 24 Okt 2024, 10:00 WIB
Pemain depan Manchester City, Erling Haaland (kanan) bersama Matheus Nunes merayakan golnya pada matchday 3 Liga Champions 2024/2025 melawan Sparta Praha di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, pada Rabu 23 Oktober 2024 atau Kamis 24 Oktober 2024 dini hari WIB. (Oli SCARFF/AFP)

 

Bola.com, Jakarta - Saat frustrasi mulai menyelimuti Manchester City setelah gagal menambah gol dari serangan awal Phil Foden saat menjamu Sparta Praha di Liga Champions, Kamis dini hari WIB (24/10/2-24), Erling Haaland muncul sebagai pusat perhatian.

Advertisement

Dengan umpan silang dari Savinho yang datang kepadanya pada ketinggian dan sudut yang sedikit tidak nyaman, Haaland - tanpa melihat - membelakangi gawang dan melakukan tendangan voli backheel yang luar biasa untuk membuat skor menjadi 2-0.

Setelah itu, gol demi gol terus berdatangan. John Stones menyundul bola untuk mencetak gol keduanya, Haaland mencetak gol lagi, dan Matheus Nunes menutupnya dengan penalti di akhir pertandingan. Skor 5-0 untuk kemenangan telak Manchester City.

Namun, pembicaraan tetap berpusat pada gol pertama Haaland. Sepanjang sejarah sepak bola, ada gol-gol yang begitu ikonis sehingga anak-anak di seluruh dunia berusaha menirunya di lapangan sekolah keesokan harinya.

Gol akrobatik Haaland di laga kontra Sparta Praha itu, tampaknya akan menjadi yang terbaru dalam daftar tersebut.

"Dia bahkan tidak melihat bolanya," ujar mantan pelatih Timnas Inggris dan Tottenham, Glenn Hoddle, di TNT Sports.

"Saya tidak tahu harus menyebutnya apa. Itu gol yang luar biasa. Akan ada banyak anak di lapangan sekolah di seluruh negeri mencoba melakukan itu," ucapnya.

"Gol yang hanya bisa dilakukan oleh Haaland," sanjung Hoodle.

2 dari 3 halaman

Pujian dari Pemain dan Pakar

Striker Manchester City asal Norwegia #09, Erling Haaland, mencetak gol kedua tim saat pertandingan Liga Champions UEFA antara Manchester City dan Sparta Praha di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, Kamis dini hari WIB. (Oli SCARFF/AFP)

Dalam wawancara di pinggir lapangan setelah pertandingan, Foden mengatakan kepada TNT Sports:

"Saya tidak tahu bagaimana dia melakukannya. Ini menunjukkan dia memiliki bakat yang tidak dimiliki siapa pun."

Gol itu mengingatkan pada gol yang Haaland cetak melawan Borussia Dortmund di Liga Champions, dua tahun lalu.

Namun, gol tersebut, sebrilian apa pun, adalah voli yang dicetak saat dia menghadap ke arah gawang. Sedangkan gol melawan Sparta Prague ini dilakukan saat Haaland membelakangi gawang, tetapi entah bagaimana dia berhasil memutar tubuh dan memberikan tendangan backheel dengan kekuatan cukup untuk mencetak gol.

Mantan bek Manchester City dan kapten Timnas Inggris, Steph Houghton, mengatakan di Match of the Day:

"Penyelesaian itu benar-benar luar biasa. Dia satu-satunya penyerang di dunia yang bisa mencetak gol dari posisi seperti itu," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Haaland Naik dalam Daftar Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Di babak kedua, The Citizens tampil agresif. Erling Haaland mencetak dua gol kemenangan untuk Manchester City, yakni pada menit ke-58 dan 68. (Oli SCARFF/AFP)

Dua gol Haaland ini mengakhiri paceklik golnya setelah gagal mencetak gol dalam dua pertandingan sebelumnya.

Dengan demikian, ia kini telah mencetak 44 gol dalam 42 penampilan di Liga Champions, menempatkannya satu gol di atas Neymar dan sejajar dengan Didier Drogba dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Mengingat usianya yang baru 24 tahun, banyak yang memperkirakan masih akan ada lebih banyak gol Liga Champions yang akan datang dari Haaland.

 

Sumber: BBC

Berita Terkait