5 Pemain PSS Sleman Berkutat dengan Cedera: Phil Ofosu-Ayeh Out, Fachruddin Aryanto In

oleh Ana Dewi diperbarui 24 Okt 2024, 12:45 WIB
Bek anyar PSS Sleman, Phil Ofosu-Ayeh. (Dok PSS Sleman)

Bola.com, Sleman - PSS Sleman ditantang Persita Tangerang pada pekan ke-9 BRI Liga 1 2024/2025. Super Elang Jawa tentu bertekad memungkasi laga kandang terakhir di bulan ini dengan manis.

Menurut jadwal, duel antara PSS Sleman versus Persita Tangerang berlangsung di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). Pertandingan dimulai pada pukul 15.30 WIB.

Advertisement

Hanya, pada laga nanti PSS masih belum bisa tampil full team. Beberapa pemain masih menjalani pemulihan akibat cedera. Terbaru, mereka kehilangan bek andalan Phil Ofosu-Ayeh.

Diketahui Phil Ofosu-Ayeh menderita cedera saat sesi latihan jelang laga PSS Sleman kontra Barito Putera pada pekan lalu. Akibatnya, bek asal Ghana tersebut harus absen dalam pertandingan itu.

2 dari 4 halaman

Menepi Hingga Awal Bulan Depan

Bek anyar PSS Sleman, Phil Ofosu-Ayeh. (Dok PSS Sleman)

Dokter tim PSS, Lutfi Afifuddin, menjelaskan mengenai kondisi Phil Ofosu-Ayeh. Diagnosis sementara, sang pemain mengalami cedera achilles tendinitis dan diperkirakan menepi hingga pertengahan November mendatang.

"Cedera tersebut disebabkan karena porsi latihan yang lebih eksplosif dibandingkan sebelumnya. Saat ini, Phil sudah ditangani oleh tim fisioterapi dan medikamentosa untuk terapi sementara," kata Lutfi Afifuddin.

"Kami telah mengkonsultasikan cedera Phil kepada bagian ortopedi. Dia tidak perlu melakukan pengecekan lebih dalam seperti MRI karena hasilnya sudah diketahui."

"Mengenai perkiraan pulih, Phil diharuskan istirahat selama tiga Minggu. Selama masa pemulihan tersebut tentu akan dilakukan penyembuhan dan penguatan di bagian yang cedera oleh tim medis PSS," sambung Lutfi Afifuddin.

 

3 dari 4 halaman

Kapten Tim juga Cedera

Kapten tim PSS Sleman, Fachruddin Aryanto (kiri) berebut bola dengan pemain Semen Padang, Kenneth Ngwoke pada laga pekan ke-3 BRI Liga 1 2024/2025 di Lapangan STIK-PTIK, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kapten tim PSS, Facruddin Aryanto, juga terkena cedera saat PSS menang 3-0 kontra Barito Putera pada pekan kedelapan BRI Liga 1. Bek berusia 35 tahun itu tidak bermain penuh dan ditarik keluar pada menit ke-25.

Bek asal Klaten, Jawa Tengah, itu mengalami robekan di atas kelopak matanya akibat benturan dengan pemain lawan. Beruntung, cedera itu tidak terlalu parah. Facruddin Aryanto dipastikan bisa comeback pada laga selanjutnya.

"Luka tersebut sudah dijahit dan terkondisikan. Untuk keluhan yang mengarah ke cedera kepala sejauh ini tidak ada. Jadi, bisa kami pastikan Fachruddin dalam kondisi aman," jelas Lutfi Afifuddin.

"Saat ini kami tim medis tinggal melakukan perawatan lukanya saja. Contohnya seperti kami mengganti balut setiap habis latihan supaya tidak terlalu lembab," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

3 Pemain Lain Menepi Lama

Kapten PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan. (Bola.com/Ana Dewi)

Selain pemain yang disebut di atas, ada tiga pemain lain yang saat ini masih berjuang sembuh dari cedera. Ketiganya adalah Kim Jeffrey Kurniawan, Abduh Lestaluhu, dan I Nyoman Ansanay. Nama terakhir sudah absen sejak awal musim.

Kim Kurniawan menderita cedera meniskus lutut kiri. Terbilang cukup parah karena sampai naik meja operasi. Akibatnya, gelandang berusia 34 tahun itu harus menepi di delapan pertandingan bersama PSS.

Belum diketahui kapan Kim Kurniawan bisa kembali bermain. Saat itu, tim medis PSS hanya menyebut pemain kelahiran Muhlacker, Jerman, itu perlu menjalani recovery yang lama.

Sementara Abduh Lestaluhu mengalami masalah pada bagian ligamen. Cedera itu didapat saat laga melawan Bali United (16/9/2024). Mantan bek Timnas Indonesia itu diperkirakan absen sekitar 4-6 bulan atau sampai tahun depan.

Adapun I Nyoman Ansanay dibelit cedera engkel sejak Juli lalu. Kondisi itu membuat bek kelahiran Jayapura, Papua tersebut terpaksa menepi dari aktivitas latihan. Ansanay sudah melewatkan seluruh pertandingan pada awal musim ini. 

Berita Terkait