Duel Strategi Ahli Taktikal Arema FC Vs Persija: Skema Klasik nan Efektif Bertemu Permainan Terbuka dengan Kecepatan, Siapa Menang?

oleh Choki Sihotang diperbarui 25 Okt 2024, 11:15 WIB
Liga 1 - Prediksi Liga 1 Arema FC Vs Persija Jakarta (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Blitar - Bakal tak terhindarkan, Arema FC dan Persija Jakarta bakal jual beli serangan dalam lanjutan BRI Liga 1 2024/2025. Siapa pemenangnya?

Singo Edan dan Macan Kemayoran akan berjibaku di Stadion Gelora Supriyadi, Blitar, Jawa Timur, pada Sabtu (26/10/2024).

Advertisement

Laga nanti semakin menarik, karena pada laga sebelumnya baik Arema FC maupun Persija sama-sama sukses meraup tiga poin. Persija mengalahkan PSIS Semarang, sedangkan Arema FC menekuk Maluku Utara United.

Arema FC dan Persija juga punya nama beken di blantika sepak bola nasional. Sejauh ini, keduanya sudah bersua sebanyak 28 kali.

Singo Edan ternyata masih lebih superior dengan 11 kemenangan, 10 kali imbang, dan 7 laga lainnya milik Persija.

Dalam klasemen sementara, kedua tim juga saling kejar-kejaran. Persija di posisi ketujuh bermodalkan 12 poin, sementara Arema FC menempel ketat di urutan kedelapan dengan poin yang sama.

Selain mengandalkan amunisi di semua lini, terutama yang berlabel pemain bintang, duel nanti juga memperhadapkan dua pelatih, Joel Cornelli vs Carlos Peña.

Berikut ulasan tipis-tipis kedua pelatih.

 
 
2 dari 4 halaman

Joel Cornelli

Pelatih kepala Arema FC, Joel Cornelli saat menghadapi Borneo FC pada laga final Piala Presiden 2024 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/8/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Joel Cornelli merupakan sosok anyar di Liga Indonesia setelah Arema FC memakai jasanya jelang musim 2024/2025.

Juru taktik 57 tahun ini sudah memimpin Singo Edan dalam delama laga BRI Liga 1 musim ini dengan tiga kemenagan, tiga kali imbang, dan dua kali kalah.

Joel Cornelli tipikal pelatih ambisius dengan kemenangan, termasuk dari Persija.

"Kami tentunya menargetkan kemenangan dari Persija. Tak mudah, karena itulah pemain harus kerja keras," kata Joel Cornelli.

Soal skema permainan, Joel Cornelli kerap memainkan formasi klasik 4-3-3. Skema ini sejauh ini cukup efektif karena tiga penyerang Charles Lokolingoy, Dalberto, dan Dendi Santoso bisa lebih leluasa berkreasi.

Terbukti, empat gol yang sudah dilesakkan Dalberto membuat tombak Brasil itu berada di urutan kedua daftar top score sementara BRI Liga 1 2024/2025.

Menghadapi Persija, besar kemungkinan Joel Cornelli masih akan memainkan formasi 4-3-3 dengan starting XI yang tak jauh berbeda dari dua laga sebelumnya melawan Maluku Utara United dan PSIS Semarang.

3 dari 4 halaman

Carlos Pena

Pelatih Persija Jakarta, Carlos Pena, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Barito Putra pada laga BRI Liga 1 2024/2025 di Jakarta International Stadium, Sabtu (10/8/2024). Berkat hasil ini, Persija pun bersaing di papan atas klasemen bersama dua tim unggulan lainnya, yakni Persib Bandung dan PSM Makassar yang sama-sama meraih kemenangan dengan skor besar. (Bola.com/Abdul Aziz)

Tak ada alasan, Persija harus menang saat melawan Arema FC. Soalnya, posisi Carlos Peña sebagai pelatih kepala belum sepenuhnya aman, meski pada laga sebelumnya armadanya menang dua gol tanpa balas atas PSIS Semarang.

Laga yang tak mudah, mengingat Arema FC juga mematok kemenangan. Beban berat inilah yang harus bisa dituntaskan nakhoda ber-KTP Spanyol itu.

Carlos Pena dikenal sebagai pelatih yang senang bermain terbuka dengan mengandalkan kecepatan penyerang sayap dalam formasi 3-4-2-1, Rio Fahmi dan Ryo Matsumura.

Guna menjebol lini belakang Arema FC yang terkenal solid dan kokoh, Carlos Peña masih akan memberikan kepercayaan kepada Doni Try Pamungkas, Gustavo, dan Simic sebagai target-man.

Menarik untuk dinanti, strategi siapa yang akan memenangkan duel, Joel Cornelli atawa Carlos Pena. Yang pasti, big match tak boleh dilewtkan begitu saja.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Berita Terkait