Liga Inggris: Xavi Hernandez Minta Raphinha sebagai Syarat Buat Gabung MU

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 24 Okt 2024, 18:30 WIB
Pemain Barcelona, Raphinha, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Bayern Munchen, dalam laga matchday tiga Liga Champions 2024/2025 di Estadi Olimpic Lluis Companys, Kamis (24/10/2024). (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Jakarta Spekulasi terkait pergantian manajer Manchester United semakin memanas. Setelah performa inkonsisten di bawah asuhan Erik ten Hag, kabar terbaru menyebutkan jika Xavi Hernandez menjadi kandidat kuat untuk mengambil alih kursi kepelatihan Erik ten Hag di Old Trafford.

Namun, Xavi dikabarkan telah mengajukan syarat khusus jika ingin bergabung dengan Setan Merah. Mantan pelatih Barcelona ini meminta bintang Barcelona, Raphinha, untuk bergabung bersamanya di Old Trafford.

Advertisement

Keinginan Xavi merekrut Raphinha dianggap sebagai langkah untuk memperkuat lini serang United. Meskipun Manchester United (MU) saat ini memiliki Antony di posisi sayap, performa mantan pemain Ajax tersebut dinilai belum memuaskan.

Pemain sayap asal Brasil ini tengah bersinar di Barcelona. Performa impresifnya, termasuk hattrick yang ia cetak ke gawang Bayern Munchen saat kemenangan 4-1 untuk Barcelona di Liga Champions (24/10/2024).

Terlebih Xavi mengenal betul kualitas Raphinha, pemain berusia 27 tahun itu diyakini menjadi sosok yang tepat untuk memperkuat lini serang Manchester United.

 

2 dari 4 halaman

Bantah Rumor Pemecatan

Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag memberikan instruksi dari garis samping saat pertandingan sepak bola final Piala Liga Inggris antara Manchester United dan Newcastle United di Stadion Wembley di London, Minggu, 26 Februari 2023. Ten Hag menjadi manajer kedelapan United yang memenangkan trofi besar setelah Ernest Mangnall, Sir Matt Busby, Tommy Docherty, Ron Atkinson, Sir Alex Ferguson, Louis van Gaal dan Jose Mourinho. (AP Photo/Scott Heppell)

Di sisi lain, Manchester United sendiri saat ini tengah mengalami kesulitan. Performa tim yang inkonsisten membuat posisi Erik ten Hag semakin terancam. Namun, pelatih asal Belanda itu tetap tenang menghadapi rumor pemecatan yang semakin banyak.

Dalam pernyataannya kepada media, Ten Hag membantah rumor mengenai dirinya yang akan segera dipecat. Sang manajer bersikeras masih memiliki dukungan penuh dari pihak klub untuk kedepannya.

"Semua ini hanya kebisingan dari luar, banyak yang menciptakan cerita dan dongeng, dan membawa kebohongan. Beberapa jurnalis mungkin tidak mempercayai saya. Namun, di dalam klub, semua berjalan dengan tenang" ujar Erik Ten Hag kepada media.

3 dari 4 halaman

Gary Neville Yakin Ten Hag Aman

Marcus Rashford ditarik keluar manajer Manchester United, Erik ten Hag, saat bersua Aston Villa pada laga pekan ketujuh Premier League di Villa Park, Birmingham, Minggu (6/10/2024) malam WIB. Dalam duel itu kedua tim bermain imbang 0-0. (AFP/Adrian Dennis)

Meskipun rumor tentang masa depan Erik ten Hag semakin ramai, mantan pemain Manchester United, Gary Neville, meyakini klub tidak akan memecat sang pelatih dalam waktu dekat. 

Menurut Neville, manajemen klub, termasuk grup pemilik baru, INEOS, akan tetap mendukung Ten Hag setidaknya hingga akhir musim. Neville mengatakan bahwa klub masih memberi kepercayaan pada sang manajer.

"Tidak ada klub yang ingin memecat pelatih di tengah musim, terutama ketika ada perubahan besar di dalam manajemen klub seperti yang terjadi di United," kata Gary Neville.

"Mereka akan membutuhkan dua atau tiga tahun untuk menyelesaikan masalah ini. Namun klub telah membuat keputusan untuk mempertahankan Ten Hag pada musim panas, jadi mereka tidak akan mengubah keputusan itu dalam enam atau tujuh pertandingan kedepan." jelas mantan pemain Manchester United kepada Sky Sports.

4 dari 4 halaman

Kandidat lain

Selain Xavi, sejumlah nama pelatih lain juga dikaitkan dengan Manchester United. Beberapa di antaranya adalah (Sporting CP), Edin Terzic (Borussia Dortmund), Massimiliano Allegri (Juventus), dan Simone Inzaghi (Inter Milan).

Graham Potter, mantan pelatih Brighton dan Chelsea, juga dikabarkan masuk dalam radar United. Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi siapa yang benar-benar menjadi pengganti Erik ten Hag di Old Trafford.

Berita Terkait