Hasil Drawing Fase Grup Darts National Competition Series 05: Potensi Persaingan Seru dan Sengit

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 24 Okt 2024, 17:55 WIB
Dalam Darts National Competition Series 05, Benny Tandean berharap dirinya bisa melakukan rematch dengan Putra Fajar Utama yang mengalahkannya saat semifinal Darts National Competition Series 04. (Dok. IEG)

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 24 pemain akan berlaga di Darts National Competition Series 05 yang akan digelar Sabtu-Minggu, (26-27/10/2024), di Gajah Mada Plaza, Jakarta.

Darts National Competition 2024 adalah satu-satunya kompetisi profesional steel tip darts di Indonesia yang terdiri dari 5 (Lima) Series Reguler dan 1 (Satu) Final Series. Para pemain yang berpartisipasi akan mendapatkan poin berdasarkan pencapaian di masing-masing series. Pemain dengan perolehan poin terbanyak akan dinobatkan sebagai juara nasional.

Advertisement

Darts National Competition Series 05 masih menggunakan sistem round robin to single knock out dengan format game 501, best of three untuk babak kualifikasi grup dan perempat final. Sementara untuk semifinal, perebutan peringkat ketiga, dan grand final akan menggunakan format games 501, best of five.

Darts National Competition Series 05 akan sangat kompetitif karena selain kualitas pemain yang semakin merata, Series 05 ini adalah kesempatan terakhir bagi para pemain untuk mengumpulkan poin agar bisa mendapatkan 16 tiket untuk berlaga di final series pada November 2024," kata Project Manager Darts National Competition 2024, Reza El Rasie. 

"Selisih poin antar pemain juga tipis sehingga masing-masing pemain harus berjuang keras untuk bisa mengamankan posisi mereka. Kalau bicara peluang, bisa dikatakan semua pemain peluangnya sama-sama besar karena selain kemampuan teknis, faktor keberuntungan juga seringkali menjadi faktor pembeda," imbuhnya. 

 

2 dari 4 halaman

Dibagi 4 Grup

Dengan dinamika yang terjadi di Darts National Competition Series 04, posisi 3 besar IEG Sports Darts Players Ranking saat ini dihuni oleh Tirta Suparjo, Putra Fajar Utama, dan Benny Tandean. (Istimewa)

Drawing Group Darts National Competition Series 05 sudah dilakukan secara daring pada Rabu (23/10/2024). Sebanyak 24 pemain dibagi ke dalam 4 grup yang masing-masing terdiri dari enam pemain. Peringkat 1 dan 2 Group langsung lolos ke perempat final.

Ada tiga pemain darts perempuan yang tergabung di Grup A yang akan bersaing dengan runner up Darts National Competition Series 04, Sunny King’s Handoko, Runner Up Darts Champion Tournament 2023, Livio Delpialo, dan pemain muda dari Team Cerberus, Alexander Theodore.

Jessica Christina akan ditemani pemain darts Bank Indonesia, Lusiana Satriani, dan Julianne Julius, yang baru kembali aktif setelah absen cukup lama di kompetisi-kompetisi darts. Julianne Julius tidak berani sesumbar dan ingin fokus dulu ke pertandingan demi pertandingan di babak kualifikasi.

Senada dengan Julianne Julius, Jessica Christina hanya ingin fokus pada gameplay agar bisa lebih baik dibanding series-series sebelumnya dan akan mencoba memaksimalkan peluang finishing. Komposisi pemain di Group A dinilai Jessica sangat ketat sehingga semua pemain punya peluang yang sama untuk lolos ke babak selanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Target Juara

Benny Tandean memang dikenal sebagai salah satu pro player darts ternama di Indonesia. Namun sempat lama menghilang dari dunia kompetisi. Benny baru ikutan Darts National Competition 2024 pada series 03 ini. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Juara Darts National Competition Series 03, Benny Tandean, langsung memasang target Juara di Darts National Competition Series 05. Finis sebagai peringkat ketiga di Series 04 membuat Benny semakin termotivasi tidak membuat kesalahan di series kali ini.

Benny juga berharap bisa rematch dengan Putra Fajar Utama yang mengalahkannya di semifinals Darts National Competition Series 04. Benny Tandean tergabung di Grup B dan harus bisa melewati adangan Andersen Tjoeng, Diki Oktofianus, Rocky Stefanus Kumonong, Yovi Hadian, dan pemain darts senior Indonesia, Suwendi.

Di Grup C, Pemain muda berbakat Samuel Valerian, akan kembali berhadapan dengan Rudy S. Rustandi yang dikalahkannya di semifinal Darts National Comepetition Series 03. Selain Samuel dan Rudy, Group C juga diisi oleh runner up Darts National Competition Series 02 Frangky, Rio Hartono, Rivaldo Pradana, dan M Yandra Rizano, pemain darts asal Padang, Sumatra Barat.

Samuel Valerian memasang target masuk 4 besar di Darts National Competition Series 05. Sementara Rivaldo Pradana, rekan satu team Samuel Valerian di Cerberus Dars Club termotivasi untuk bisa menjadi warna baru di satu- satunya kompetisi profesional steel tip darts di Indonesia ini. Rivaldo memasang target minimal bisa lolos dari babak kualifikasi.

Juara Darts National Competition Series 04 yang juga penyandang 48 Besar PDC Asian Championship 2024 Manila, Putra Fajar Utama, menjadi pemain favorit dan paling diwaspadai di Group D. Putra Fajar Utama ditemani oleh Stepfanus Putera, rekan satu teamnya di Pirates Darts Club.

Johann Hartono, Meiana Susanti, Raden Roro Ety dan Juara G Darts Trophy Jakarta, Stanley akan berjibaku untuk mengadang dominasi Duo Pirates Darts Club untuk lolos dari kualifikasi di Grup D. Putra Fajar Utama berambisi bisa menjadi juara di Series 05 kali ini sehingga Putra akan menjadikan semua pertandingan sebagai final.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Drawing Group Darts National Competition Series 05

  • Grup A: Sunny King’s Handoko, Livio Delpialo, Jessica Christina, Alexander Theodore, Julianne Julius, Lusiana Satriani
  • Grup B: Benny Tandean, Suwendi, Andersen Tjoeng, Diki Oktofianus, Rocky Stefanus Kumonong dan Yovi Hadian
  • Grup C: Rudy S Rustandi, Samuel Valerian, Frangky, Rio Hartono, Rivaldo Pradana dan M Yandra Rizano
  • Grup D: Putra Fajar Utama, Stepfanus Putera, Stanley, Johann Hartono, Meiana Susanti dan Raden Roro Ety

Berita Terkait