Timnas Indonesia Turun Peringkat di FIFA, Exco PSSI: Wajar, Nanti Kita Kejar Lagi

oleh Hery Kurniawan diperbarui 24 Okt 2024, 21:15 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman (kiri) berebut bola dengan pemain China, Jiang Guangtai (kanan) saat laga lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, Selasa (15/10/2024). (AFP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus rela mengalami penurunan peringkat FIFA. Saat ini Skuad Garuda ada di posisi ke-130.

Pada periode pengumuman ranking FIFA sebelumnya, Timnas Indonesia menempati posisi ke-129.

Advertisement

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga merasa penurunan peringkat itu wajar. Apalagi belum lama ini Timnas Indonesia hanya bisa bermain imbang 2-2 di kandang Bahrain dan kalah 1-2 di markas China.

"Yang pertama, wajar juga kita turun peringkat, orang kalah kok. Wajar ya," ujar Arya Sinulingga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (24/10/2024).

2 dari 3 halaman

Kejar Lagi!

Pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk (kiri) menguasai bola dibayangi pemain Filipina, Alex Monis pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia berkesempatan kembali memperbaiki peringkat FIFA. Sebab, November nanti mereka akan menjamu Jepang dan Arab Saudi.

Arya Sinulingga pun meminta Timnas Indonesia untuk langsung fokus menatap laga itu. Siapa tahu bisa mencuri kemenangan terutama dari Jepang.

"Ya nanti kita kejar lagi peringkatnya. Kita kejar lagi dari perikatnya. Ini kan Jepang kan sekarang naik nomor 16. Mana tahu kita dapet poin tahan seri kan naik juga itu. Kan Jepang sekarang 16 besar," ujar Arya.

3 dari 3 halaman

Tidak Masalah

Anggota Komite Eksekutif Arya Sinulingga saat menghadiri acara diskusi PSSI Pers seputar pemain naturalisasi di Media Center Kemenpora RI, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023). Arya membeberkan alasan proyek naturalisasi Timnas Indonesia berfokus pada pemain belakang. Menurutnya, faktor penting yang menjadi bahan pertimbangan ialah kebutuhan pelatih dan ketersediaan pemain. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Jika menelan kekalahan dari Jepang, Arya Sinulingga tidak mau terlalu ambil pusing. Sebab, saat ini peringkat Timnas Indonesia memang jauh di bawah raksasa Asia itu.

"Kalau kita tahan kan berarti kita harus bawa 4 lagi kan. Ya kita kalau kalah ya harus terima, mau bilang apa lagi. Dengan kondisi yang ada," tegas Arya.

 

 

Berita Terkait