Bahrain yang Suka Drama Guling-guling, Timnas Indonesia Bermain Terlalu Jujur dan Polos

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 24 Okt 2024, 21:30 WIB
Timnas Indonesia bertemu Bahrain di kualifikasi Piala Dunia 2026. (X Timnas Indonesia)

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia mendapatkan pelajaran besar saat bermain melawan Bahrain pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 beberapa waktu lalu di Riffa.

Skuad Garuda sudah leading 2-1, namun Bahrain menyamakan skor pada menit ke-99, dari pertandingan yang semestinya berakhir pada menit ke-96. Laga tersebut menjadi kontroversial berhari-hari.

Advertisement

Selain kontroversi wasit Ahmed Al Kaf, pemain Bahrain juga sering drama dengan berguling-guling walau tidak ada dorongan keras.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menyebut Timnas Indonesia terlalu polos dan jujur menghadapi tim-tim seperti Bahrain.

"Pemain kita tidak drama. Bahrain terbiasa drama guling-guling. Bahrain melawan Australia juga begitu, enggak dianulir juga ketika dia jatuh-jatuh," katanya.

 

 

2 dari 4 halaman

Pelajaran Konsentrasi Apapun yang Terjadi

Timnas Indonesia sempat tertinggal satu gol dari Bahrain sebelum disamakan oleh Ragnar Oratmangoen menjelang waktu turun minum. Bahkan, pada babak kedua, Skuad Garuda berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol dari Rafeal Struick pada menit ke-74. (Dok. PSSI)

Namun, dari laga melawan Bahrain, ada satu pelajaran penting bagi skuad Shin Tae-yong, yakni konsentrasi sampai peluit akhir, apapun situasinya.

"Mau nambah berapa menit pun harusnya konsentrasi. Iya dong,. enggak boleh selesai gitu. Jadi Oke, satu sisi wasit oke, terima. Tapi kami juga evaluasi. Kenapa bisa kehilangan konsentrasi pada saat menit akhir?" lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Kontroversi Wasit

Pertandingan Timnas Indonesia melawan Bahrain pada Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) diwarnai dengan kontroversi dari wasit Ahmed Al Kaf. (AFP/Karim Jaafar)

Publik Timnas Indonesia dibuat naik pitam pada pertandingan melawan tuan rumah Bahrain pada lanjutan Ronde Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 10 Oktober kemarin.

kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf dari Oman banyak merugikan Timnas Indonesia di kandang Bahrain. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa itu, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 2-2 melawan Bahrain karena gol terlambat tim tuan rumah.

Mohamed Marhoon mencetak gol penyama kedudukan ketika laga menginjak menit ke-90+9. Padahal, babak tambahan waktu yang diberikan oleh ofisial keempat hanya berdurasi enam menit saja.

Artinya, Ahmed Al Kaf membiarkan laga tetap bergulir selama lebih dari tiga menit setelah additional time yang diberikan berakhir. Hal inilah yang memicu protes dari skuad asuhan Shin Tae-yong pada laga tersebut.

Kemarahan ditunjukkan oleh pemain Timnas Indonesia seperti Shayne Pattynama di tengah lapangan. Sementara para pendukung terutama netizen Indonesia, masih terus menyerbu serta memberikan teror untuk sepak bola Bahrain dan wasit Ahmed Al Kaf di media sosial, sebagai bentuk kekecewaan.

4 dari 4 halaman

Klasemen

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Selasa, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Berita Terkait