Dari Spanyol Gabung PSIS, Roger Bonet Menyesal Terlambat ke Indonesia

oleh Choki Sihotang diperbarui 25 Okt 2024, 12:00 WIB
Bek asing PSIS Semarang, Roger Bonet. (Dok PSIS)

Bola.com, Jakarta - Selalu saja banyak kisah dan cerita dari pemain asing yang bermain di Liga Indonesia, termasuk dari Roger Bonet.

Roger Bonet masih terbilang wajah anyar di BRI Liga 1, kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia. Pemain berpaspor Spanyol itu bergabung dengan PSIS Semarang jelang bergulirnya musim 2024/2025.

Advertisement

Sebelum ke Semarang, ia sudah lebih dulu malang-melintang di sejumlah negara macam Meksiko, Amerika Serikat, dan Finlandia.

Kebutuhan akan sosok bek tangguh sarat pengalaman membuat PSIS memboyong pemain bertahan berusia 29 tahun tersebut, meski manajemen harus menggelontorkan dana yang tak sedikit.

Sejauh ini, Roger Bonet sudah hadir dalam delapan laga bareng Laskar Mahesa Jenar dan menjadi pemain penting bagi pelatih Gilbert Agius.

Bermain di BRI Liga 1 menghadirkan pengalaman tersendiri bagi pemain yang akrab dipanggil Ruxi, termasuk awal keputusannya meneruskan karier ke Indonesia.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Seru di Indonesia

Itu dia beberkan saat menjadi tamu istimewa di kanal YouTube Bicara Bola besutan Akmal Marhali belum lama ini.

"Banyak alasan sebenarnya. Semua orang tahu Bali, saat kamu pertama kali mendapat kesan. Ketika saya masih muda, di sekolah, kami biasa membaca dan saya biasa membaca buku tentang Kalimantan," katanya.

"Dari situ aku mulai mengetahui sesuatu tentang Indonesia. Saya mulai mengikuti lebih banyak tentang Liga Indonesia. Beberapa tahun kemudian saya mendapat kesempatan untuk bermain di sini. Saya sangat senang," katanya.

3 dari 4 halaman

Terlambat Datang

Pemain Persija Jakarta, Aji Kusuma (tengah) melepaskan tendangan yang berusaha diblok pemain PSIS Semarang, Roger Bonet Badia pada laga turnamen mini RCTI Premium Sports di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Kamis (30/5/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Begitu jatuh hati lebih dalam kepada Indonesia, Roger Bonet merasa menyesal karena merasa terlambat datang.

"Kesan pertama saya adalah kenapa saya tak datang jauh sebelumnya. Di sini hidup sangat baik, cuacanya bagus, dan saya suka dengan makanannya. Orang-orangnya juga sangat baik," lanjutnya.

Bagaimana kesan pertama bermain di Liga Indonesia? "Saya merasa baik. Saya pikir ini adalah pengalaman yang baru. Kami tidak memulai musim ini dengan cara terbaik dan PSIS banyak mengalami perubahan dalam tim dan saya pikir itu normal".

"Tapi senang, karena sudah bermain dalam tujuh pertandingan. Saya sudah melihat banyak stadion yang bagus dan banyak orang. Saya merasa bahagia. Saya mencoba beradaptasi karena sebelumnya saya bermain dari liga ke liga. Aku sekarang merasa lebih banyak pengalaman."

4 dari 4 halaman

Jalan Masih Panjang

Ya! Jalan masih panjang bagi Roger Bonet, mengingat kompetisi masih panjang dan berliku. Saat ini, PSIS masih belum beranjak dari posisi ke-15 klasemen sementara dengan torehan tujuh angka.

Masih butuh banyak donasi poin untuk merangsek ke papan atas sekaligus menjaga asa perburuan gelar musim ini.

Sebagai pemain adalan sekaligus tumpuan, fans pastinya berharap kehadiran Roger "Ruxi" Bonet bisa memberikan kontribusi besar bagi Laskar Mahesa Jenar.

Berita Terkait