Roberto Mancini Kehilangan Pekerjaan, Dipecat dari Posisi Pelatih Arab Saudi : Gara-Gara Timnas Indonesia ?

oleh Nurfahmi Budi diperbarui 25 Okt 2024, 00:48 WIB
Roberto Mancini harus mengakhiri karier bersama Timnas Arab Saudi.

Bola.com, Jakarta Karier Roberto Mancini sebagai pelatih Timnas Arab Saudi sudah berakhir. Menurut unggahan dari si ahli transfer, Fabrizio Romano, kepergian Mancini terjadi setelah pria asal Italia tersebut dianggap gagal mengangkat performa tim.

Mancini menerima tawaran untuk melatih Timnas Arab Saudi pada Agustus 2023. Saat itu, harapan publik Arab Saudi sangat tinggi terhadapnya, mengingat prestasinya yang gemilang dalam membawa Italia meraih gelar juara Euro 2020. Seperti diketahui Arab Saudi tengah berinvestasi besar-besaran di dunia sepak bola.

Advertisement

Negara ini berupaya menciptakan liga yang megah dengan mendatangkan pemain-pemain bintang dari Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Tidak hanya fokus pada pengembangan liga, Arab Saudi juga mengambil langkah signifikan dengan merekrut Mancini sebagai pelatih tim nasional. Meskipun demikian, hingga saat ini, Mancini belum menunjukkan performa yang diharapkan. 

2 dari 2 halaman

Fakta Terkini

Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Arab Saudi Vs Timnas Indonesia - Duel Pelatih: Roberto Mancini Vs Shin Tae-yong (Bola.com/Adreanus Titus)

Kini, Roberto Mancini bersiap menanggalkan jabatan sebagai pelatih Timnas Arab Saudi. Belum ada kabar terkait masa depan Sang Mancio. Namun, ramai di kalangan media, latar belakang kepergian eks bomber Italia itu.

Satu di antara yang paling kentara adalah kegagalan Mancio mengangkat performa Timnas Arab Saudi di kancah Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka tak maksimal, terutama setelah gagal menekuk Timnas Indonesia pada laga pembuka Grup C. Saat itu, duel Arab Saudi Vs Timnas Indonesia berakhir imbang 1-1.

Arab Saudi berada di peringkat empat klasemen sementara, dengan koleksi lima poin. Hasil itu diraih dari imbang versus Timnas Indonesia, menang di markas China, kalah kontra Jepang dan seri versus Bahrain. Posisi Arab Saudi terancam Bahrain dan Timnas Indonesia.

Berita Terkait