Timnas Indonesia Targetkan 4 Poin dalam 2 Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 November 2024: Imbang Melawan Jepang, Menang atas Arab Saudi

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 25 Okt 2024, 09:50 WIB
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menargetkan empat poin dalam dua pertandingan kandang Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada November 2024.

Timnas Indonesia akan lebih dulu meladeni perlawanan Timnas Jepang pada 15 November 2024, baru menjamu Timnas Arab Saudi pada empat hari berselang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Advertisement

Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, menjelaskan bahwa Rizky Ridho dkk. berburu satu poin ketika melawan Jepang, dan tiga poin kontra Arab Saudi.

"Bicara target realistis, harus bisa menang melawan Arab Saudi karena bermain di kandang. Kalau melawan Jepang, minimal seri," jelas Sumardji.

2 dari 4 halaman

Peluang Terbuka

Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho mengejar lari kencang dari winger andalan Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (x.com/SaudiNT_EN)

Peluang Timnas Indonesia untuk mengatasi Arab Saudi memang cukup terbuka, merujuk dari pertemuan pertama dan kondisi lawan pada saat ini.

Timnas Indonesia berhasil mengimbangi Arab Saudi 2-2 di kandang lawan pada 5 September 2024.

Selain itu, Arab Saudi baru memecat pelatihnya, Roberto Mancini, buntut hasil kurang memuaskan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dari empat pertandingan, Arab Saudi hanya bisa meraih satu kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah. Untungnya, persaingan ketat di Grup C masih bisa membuat tim berjulukan The Green Falcons itu menempati peringkat ketiga klasemen sementara.

3 dari 4 halaman

Pekerjaan Berat

Sementara, menahan seri Jepang akan menjadi pekerjaan super berat untuk Timnas Indonesia. Sang lawan hampir sempurna di Grup C dengan memetik tiga kemenangan dan sekali seri sekaligus berdiri di singgasana.

Sedangkan Timnas Indonesia terdampar di posisi kelima Grup C dengan tiga poin dari empat partai, sama dengan Timnas China yang menjadi juru kunci, tetapi unggul selisih gol.

4 dari 4 halaman

Butuh Banyak Poin

Selain itu, untuk menghadapi Jepang, Timnas Indonesia harus kehilangan Ivar Jenner. Gelandang berusia 20 tahun itu bakal absen akibat akumulasi kartu kuning.

Timnas Indonesia memang membutuhkan banyak tambahan poin karena kehilangan sejumlah angka saat diimbangi Timnas Bahrain 2-2 dan keok 1-2 dari China pada pertengahan Oktober 2024.

Berita Terkait