Tite Makin Dekat Jadi Pengganti Roberto Mancini di Timnas Arab Saudi, Sudah Pimpin Tim saat Lawan Timnas Indonesia?

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 25 Okt 2024, 10:15 WIB
Pelatih Brasil, Tite menyaksikan pemainnya berlatih di Stadion Al Arabi SC di Doha (6/12/2022). Brasil akan bertanding melawan Kroasia pada babak perempatfinal Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium, Doha pada Jumat (9/12) pukul 22.00 WIB mendatang. (AFP/Nelson Almedia)

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Timnas Brasil, Tite, disebut-sebut semakin dekat untuk menangani Timnas Arab Saudi yang baru saja mendepak Roberto Mancini.

Seperti diketahui, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) resmi mendepak Roberto Mancini dari jabatan pelatih Timnas Arab Saudi, Kamis (25/10/2024). Pelatih asal Italia itu baru 14 bulan menangani The Green Falcons, namun disingkirkan karena serangkain hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Advertisement

Dalam tiga laga kandang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Arab Saudi hanya mendulang dua poin. Mereka ditahan imbang Timnas Indonesia (1-1) dan Bahrain (0-0), serta keok dari Jepang (0-2). 

Arab Saudi hanya menang sekali saat bertandang ke markas China. Mereka mengemas kemenangan 2-1.  

“Federasi Sepak Bola Saudi mengumumkan telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak pelatih tim nasional Roberto Mancini dan mengonfirmasi bahwa nama pelatih baru akan diumumkan dalam beberapa hari,” tulis SFF dalam pernyataan resminya.

Beberapa nama pun muncul sebagai kandidat pengganti Mancini. Menurut media Arab Saudi Albilad Daily, salah satu sosok yang kuat disebut sebagai pengganti Mancini adalah Tite yang kini menangani klub Brasil, Flamengo. 

 

2 dari 3 halaman

Lakukan Perjalanan Bertemu Pejabat SFF

Tite. Pelatih Timnas Brasil ini menjadi pelatih tertua kelima yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar. Saat ini ia telah menginjak usia 61 tahun dan telah membesut Timnas Brasil sejak 20 Juni 2016 menggantikan posisi Carlos Dunga. Dari total 76 laga, ia berhasil membawa Timnas Brasil 57 kali menang, 14 kali imbang dan 5 kali kalah. (AFP/Carl De Souza)

Albilad Daily menyebut jurnalis Brasil, Andre Hernan, mengonfirmasi Tite difavoritkan menjadi pelatih baru Arab Saudi menggantikan Mancini. 

Dia menjelaskan agen mantan pelatih timnas Brasil tersebut melakukan perjalanan pekan ini untuk berbicara dengan pejabat Arab Saudi. Pihak SAFF dikabarkan akan bergegas merampungkan proses perekrutan pelatih baru sebelum jeda internasional berikutnya.

SAFF mengonfirmasi pengumuman nama pelatih baru akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang setelah prosedur kontrak selesai.Pada jeda internasional berikutnya, Timnas Arab Saudi akan menghadapi Australia dan kemudian bertandang ke markas Timnas Indonesia. 

 

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak Tite

Pelatih Timnas Brasil, Tite memberikan instruksi kepada anak buahnya dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 melawan Timnas Serbia yang berlangsung di Lusail Stadium, Qatar, Jumat (25/11/2022). (AP Photo/Andre Penner)

Tite saat ini menangani klub Brasil, Flamengo. Dia menjadi pelatih Flamengo sejak 2023, setahun setelah meninggalkan Timnas Brasil. 

Ya, Tite memang cukup lama menjadi arsitek Timnas Brasil, tepatnya sejak 2016 hingga 2022, dengan mempersembahkan satu gelar Copa America pada 2019.

Sebelum itu, dia menghabiskan waktunya dengan menjadi pelatih di Corinthians. 

Sumber: Albilad Daily

Berita Terkait