Ragam Reaksi Pendukung Timnas Arab Saudi dengan Pemecatan Roberto Mancini: Akhirnya, Doa Terkabul, Plong Rasanya

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 25 Okt 2024, 18:10 WIB
Pelatih Arab Saudi asal Italia, Roberto Mancini, menyaksikan pertandingan Grup C kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 AFC antara Arab Saudi dan Bahrain di Stadion Prince Abdullah Al-Faisal di Jeddah pada 15 Oktober 2024. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Timnas Arab Saudi dipastikan segera punya pelatih yang baru setelah memecat Roberto Mancini. Pelatih asal Italia itu dinilai gagal mengangkat prestasi tim berjulukan The Green Falcons dalam persaingan di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Arab Saudi untuk sementara berada di posisi ketiga klasemen Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan poin lima. Mereka ditahan imbang Timnas Indonesia (1-1), menang tipis 2-1 atas China, kalah 0-2 dari Jepang, dan terakhir imbang 0-0 menjamu Bahrain.

Advertisement

Mancini menerima tawaran untuk melatih Timnas Arab Saudi pada Agustus 2023. Saat itu, harapan publik Arab Saudi sangat tinggi terhadapnya, mengingat prestasinya yang gemilang dalam membawa Italia meraih gelar juara Euro 2020 serta pengalamannya melatih klub-klub Elite Eropa.

Seperti diketahui, Arab Saudi sedang berinvestasi besar-besaran di dunia sepak bola.

Tak heran, pendukung timnas merasa gerah dengan kinerja yang diperlihatkan Mancini di tim kesayangan mereka. Suporter timnas bahkan sempat cekcok dengan Mancini setelah laga kandang menjamu Bahrain lalu.

Hanya dalam waktu 14 bulan Roberto Mancini bertahan menangani Green Falcons, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) memecatnya.

"Dewan Direksi Federasi Sepak Bola Saudi dan pelatih tim nasional, Roberto Mancini, hari ini mencapai kesepakatan bersama yang mencakup berakhirnya hubungan kontrak," demikian pengumuman dari SAFF melalui media sosial X, Jumat (25/10/2024) dini hari WIB.

Keputusan SAFF memecat Mancini memunculkan beragam reaksi dari kalangan pendukung Timnas Arab Saudi. Simak apa saja unek-unek dari netizen Arab Saudi berikut ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Kabar Gembira

Roberto Mancini (tengah), menjalani tugas perdananya sebagai pelatih Timnas Arab Saudi dalam laga uji coba melawan Timnas Kosta Rika yang berlangsung di St James Park, Inggris, Sabtu (9/9/2023) dini hari. Setelah melepas jabatan sebagai pelatih Timnas Italia, kini Mancini menjadi pelatih terkaya dengan nilai kontrak menembus 20 juta euro per tahun. (AFP/Oli Scarff)

Sebagian besar para pendukung Timnas Arab Saudi bergembira dengan kabar pemecatan mantan pelatih Inter Milan, Manchester City, dan Timnas Italia tersebut.

"Akhirnya ... !! Semoga Tuhan tidak menolong dia yang angkuh dan angkuh.. Seandainya Anda menjaga harkat dan martabat anak-anak kami sejak ia berdiri di Piala Asia. Tapi, Tuhan membimbingmu menuju kebaikan," tulis netizen Arab Saudi dengan akun @Abdullah bin Zanan.

"Bagi saya tidak ada perbedaan; Kalaupun mereka mengontrak Sami Al-Jaber sebagai pelatih, karena semuanya tertulis untuk pelatih, 10 pemain Hilal dan dia mengambil satu pemain dari masing-masing klub pelatih... dan inilah alasan kegagalan tim kami; Serahkan pilihan dan pekerjaan kepada pelatih saja, tanpa campur tangan atau bahkan nasihat atau filosofi, dan Anda akan melihat tim yang menakutkan," tulis pemilik akun @Nawaf bin Hussam.

"Akhirnya, masyarakat menang atas keras kepalanya beberapa pejabat sepak bola Arab Saudi," Fahd Al Qathami.

"Sumpah dari awal, setelah Asian Championship diasumsikan Insyaallah akan mendatangkan pelatih yang jauh lebih baik," timpal pengguna lainnya di X.

"Dari pintu kecil. Aku bersumpah demi Tuhan, berita itu membuat hariku menyenangkan. Dari bulan pertama dan bahkan menentangnya. Dari training camp pertamanya, saya tahu bahwa kita sedang menuju jurang maut bersamanya," tulis netizen Arab Saudi lainnya.

"Salah satu berita olahraga terbaik musim ini. Saya berharap seleksi berikutnya adalah Herve Renard, pelatih Spanyol, pelatih Portugal," tulis @Abdo Al Haritsi.

"Sebuah keputusan yang sudah lama tertunda, tapi dengan izin kami dapat memperbaiki apa yang terjadi," lanjut pemilik akun @Abdulaziz Al Mursal.

3 dari 4 halaman

Rumor Penggantinya

Pelatih Brasil, Tite menyaksikan pemainnya berlatih di Stadion Al Arabi SC di Doha (6/12/2022). Brasil akan bertanding melawan Kroasia pada babak perempatfinal Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium, Doha pada Jumat (9/12) pukul 22.00 WIB mendatang. (AFP/Nelson Almedia)

Setelah Mancini didepak, lantas siapa sosok yang bakal menjadi penggantinya di kursi pelatih kepala Timnas Arab Saudi? 

Beberapa nama juga muncul sebagai kandidat pengganti Mancini. Menurut media Arab Saudi, Albilad Daily, satu di antara sosok yang kuat disebut sebagai pengganti Mancini adalah Tite yang kini menangani klub Brasil, Flamengo.

Albilad Daily menyebut jurnalis asal Brasil, Andre Hernan, mengonfirmasi Tite difavoritkan menjadi pelatih baru Arab Saudi menggantikan Mancini.

Dia menjelaskan agen mantan pelatih Timnas Brasil tersebut melakukan perjalanan pekan ini untuk berbicara dengan pejabat Arab Saudi. Pihak SAFF dikabarkan akan bergegas merampungkan proses perekrutan pelatih baru sebelum jeda internasional berikutnya.

SAFF mengonfirmasi pengumuman nama pelatih baru akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang setelah prosedur kontrak selesai.

Pada jeda internasional berikutnya, Timnas Arab Saudi akan menghadapi Australia dan kemudian bertandang ke markas Timnas Indonesia.

Tite saat ini menangani klub Brasil, Flamengo. Dia menjadi pelatih Flamengo sejak 2023, setahun setelah meninggalkan Timnas Brasil. Tite memang cukup lama menjadi arsitek Timnas Brasil, tepatnya sejak 2016 hingga 2022, dengan mempersembahkan satu gelar Copa America pada 2019.

Sebelum itu, dia menghabiskan waktunya dengan menjadi pelatih di Corinthians.

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup C Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Selasa, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

Berita Terkait