Setelah Kevin Diks, Jairo Riedewald Segera Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia?

oleh Ana Dewi diperbarui 25 Okt 2024, 17:45 WIB
Ilustrasi - Jairo Riedewald nuansa Merah Putih (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia masih akan kedatangan sejumlah pemain keturunan. Beberapa nama di antaranya saat ini dikabarkan segera menjalani proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Satu pemain yang sudah pasti menjadi bagian Timnas Indonesia adalah Kevin Diks. Pemain berusia 28 tahun tersebut hanya tinggal menunggu waktu untuk mengambil sumpah WNI. Sebelumnya Diks telah menyambangi Jakarta dan bertemu dengan Ketua PSSI, Erick Thohir.

Advertisement

Saat ini, Kevin Diks berkarier di Superliga, atau kasta tertinggi Liga Denmark. Pemain berpostur 186 cm itu membela FC Copenhagen sejak 5 Juli 2021. Dia didapatkan secara gratis, setelah kontraknya tidak diperpanjang Fiorentina.

Lantas, siapa lagi pemain keturunan Indonesia yang bakal menyusul Kevin Diks? Satu di antara nama yang santer disebut akan dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia adalah Jairo Riedewald. Dia merupakan gelandang asal klub Royal Antwerp di Liga Pro Belgia.

 

2 dari 4 halaman

Bocoran Yussa Nugraha

Bek Crystal Palace, Jairo Riedewald, tampak kecewa usai kebobolan gol ketiga melawan Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-15 di Villa park, Birmingham, Sabtu (26/12/2020). Crystal Palace kalah 0-3 dari Aston Villa. (AFP/Rui Vieira/Pool)

Pesepak bola sekaligus YouTuber, Yussa Nugraha, meyakini Jairo Riedewald akan jadi pemain selanjutnya yang dinaturalisasi PSSI. Hal itu diungkapkan Yussa saat berbincang dengan Binder Singh dalam channel YouTube Bola Bung Binder belum lama ini.

"Kalau dari feelingku memang dari kemarin-kemarin itu Jairo Riedewald yang bakal join karena sekitar satu bulan yang lalu itu teman saya dari Belanda, dia juga punya media podcast yang besar di sana dan dia bilang kalau Jairo sudah positif dihubungi PSSI," katanya.

"Saat saya tanya ke dia apakah itu benar Jairo positif dihubungi atau akan ke Timnas Indonesia, dia bilang Jairo itu positif jadi kita tunggu saja nanti prosesnya seperti apa," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Banyak yang Minat

Pemain Indonesia, Yussa Nugraha, besar dan menimba ilmu di Belanda. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Yussa Nugraha mengatakan, sebetulnya tidak sedikit pemain keturunan yang ingin membela Garuda. Diketahui pemuda berusia 23 tahun itu kerap berinteraksi dengan pemain berdarah Indonesia-Belanda via channel YouTube-nya.

Memiliki background pesepak bola yang dibesarkan di Belanda, tak sulit bagi Yussa Nugraha untuk mengontak para pemain tersebut. Sederet nama yang pernah diwawancarainya yakni Jay Idzes, Kevin Diks, Mees Hilgers, hingga Justin Hubner.

"Kalau pemain yang minat itu sangat banyak apalagi sekarang Timnas Indonesia berada di istilahnya golden era ya, jadi banyak pemain yang minat," ujar mantan pemain Nusantara United tersebut.

"Mereka sepenuh hati ingin membela Timnas Indonesia. Bahkan pemain-pemain seperti Ivar, Jay Idzes, Justin, Shayne, Ragnar itu mereka dari sebelum timnas era pak Erick sudah ingin gabung tim nasional," lanjut Yussa.

 

4 dari 4 halaman

Enggak Gampang Cari Striker

"Cuma kalau sekarang kan para netizen inginnya untuk striker ya dalam sektor penyerang. Tapi kalau kita lihat pemain keturunan Indonesia yang bermain di posisi penyerang itu bisa dihitung dengan tangan jadi enggak banyak," ungkap Yussa Nugraha.

"Bahkan Timnas Belanda pun pemain yang pure striker itu juga kalau engak salah satu atau dua, yang lainnya itu pemain winger atau gelandang serang yang dijadikan striker. Jadi memang kalau di posisi penyerang memang lagi sulit sih," pungkasnya.

Berita Terkait