Erick Thohir Temui Shin Tae-yong, Targetkan Timnas Indonesia Masuk 4 Besar Kualifikasi Piala Dunia 2026: Setiap Poin Sangat Berharga

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 25 Okt 2024, 18:15 WIB
Ketua PSSI, Erick Thohir, bersalaman dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.Instagram PSSI).

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, telah menemui pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada 18 Oktober 2024 untuk membahas hasil dua partai Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024.

Memikul ekspektasi yang tinggi, Timnas Indonesia diimbangi Timnas Bahrain 2-2 pada 10 Oktober 2024 dan keok 1-2 Timnas China pada lima hari berselang.

Advertisement

"Saya sudah bertemu dengan coach Shin Tae-yong pada 18 Oktober 2024 dan bicara tentang hasil kedua pertandingan terakhir Timnas Indonesia," ujar Erick Thohir lewat akun Instagramnya, @erickthohir, Jumat (25/10/2024).

Erick Thohir meminta Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia masuk empat besar Grup C, dengan begitu, tim berjulukan Garuda ini masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026.

2 dari 4 halaman

Jalan ke Piala Dunia 2026

Ketua PSSI, Erick Thohir dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.Instagram Erick Thohir).

Juara dan runner-up Grup A-C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan lolos ke putaran final di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara, posisi ketiga dan keempat bakal bermain di putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sedangkan urutan kelima dan keenam akan tersingkir.

Saat ini, Timnas Indonesia masih terjebak di peringkat kelima klasemen sementara Grup C. Hasil dari tiga kali seri dan sekali kalah, tim berjulukan Garuda itu membukukan tiga poin, sama dengan Timnas China, yang terpuruk di juru kunci.

3 dari 4 halaman

Cuma Terpaut 2 Angka

Namun, Timnas Indonesia hanya terpaut dua angka dari Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, dan Timnas Bahrain yang menduduki ranking kedua hingga keempat.

"Kami bicara serius terkait target Timnas Indonesia untuk bisa berada di empat besar Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," ungkap Erick Thohir.

Timnas Indonesia masih menyisakan enam pertandingan di Grup C, dengan empat di antaranya partai kandang. Kondisi ini membuat peluang Garuda untuk bersaing memperebutkan ranking kedua sampai keempat masih terbuka lebar.

4 dari 4 halaman

Sisa 6 Laga, 4 di Antaranya Kandang

"Dengan menyisakan enam pertandingan, kita harus fokus dan memberikan kemampuan terbaik di tiap pertandingan. Tidak boleh lengah, karena setiap poin akan sangat berharga," jelas Erick Thohir.

Terdekat, Timnas Indonesia akan meladeni Timnas Jepang dalam matchday kelima Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 15 November 2024.

Empat hari berselang, Rizky Ridho dkk. bakal menjamu Timnas Arab Saudi masih di SUGBK dalam pertandingan keenam Grup C.

"Ini menjadi tugas coach untuk mempersiapkan tim dan taktik dengan sebaik-baiknya. Terutama dalam dua laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi pada bulan depan," katanya.

Berita Terkait