Gaji Fantastis Messi di Inter Miami, Melebihi Total Pendapatan Pemain di 22 Klub MLS!

oleh Aning Jati diperbarui 26 Okt 2024, 12:30 WIB
Kembalinya, Lionel Messi bersama Inter Miami ditandai dengan dengan penampilan luar biasa. (Chris ARJOON/AFP)

Bola.com, Jakarta - Transisi Lionel Messi ke MLS bersama Inter Miami tidak hanya mengubah ekspektasi di lapangan, tetapi juga menciptakan preseden baru dalam lanskap gaji di liga utama sepak bola Amerika Serikat itu.

Gaji Lionel Messi di Inter Miami kini melampaui total gaji hampir semua klub MLS, menandakan pergeseran finansial yang signifikan sejak kedatangan megabintang asal Argentina tersebut.

Advertisement

Peraih Ballon d'Or ini bergabung dengan Inter Miami pada 2023 dengan kontrak dua setengah tahun, yang dilaporkan memiliki opsi untuk diperpanjang selama satu tahun tambahan.

Gaji dasar Messi mencapai 12 juta dolar AS (Rp188,2 miliar) sementara total kompensasi yang dijamin, menurut panduan gaji MLS terbaru untuk tahun 2024, mencapai sedikit lebih dari 20,4 juta dolar AS (Rp320,1 miliar).

Angka itu menjadikan Lionel Messi sebagai pemain dengan gaji tertinggi di MLS dengan selisih yang besar.

2 dari 3 halaman

Gap Gaji dengan Pemain Lain

Pemain Inter Miami, Lionel Messi melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Philadelphia Union pada laga Piala Liga 2023 di Subaru Park, Chester, Pennsylvania, 15 Agustus 2023. (AFP/Angela Weiss)

Lorenzo Insigne dari Toronto berada di posisi terdekat dengan gaji dasar 7,5 juta dolar AS dan kompensasi yang dijamin sebesar 15,4 juta dolar AS.

Pemain dengan penghasilan tinggi lainnya seperti mantan pesepak bola MLS, Xherdan Shaqiri (8,15 juta dolar AS) dan Sergio Busquets (8,8 juta dolar AS) juga mengikuti di belakangnya.

Pembaruan kompensasi di liga ini menekankan dampak finansial yang signifikan dari Messi karena pendapatannya melebihi total gaji kolektif 22 tim MLS. Ya, Messi memperoleh lebih banyak uang di Inter Miami daripada pemain dari 22 dari total 28 klub lain di MLS!

Bahkan jika dibandingkan dengan penghasilannya dari sepak bola Eropa, gaji Lionel Messi di MLS menyoroti pendapatan globalnya yang mengesankan. Hal ini makin memperkuat statusnya sebagai satu di antara atlet dengan bayaran tertinggi di dunia.

3 dari 3 halaman

Inter Miami Memimpin Pengeluaran Liga

Bintang Inter Miami, Lionel Messi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang New York Red Bull pada lanjutan MLS 2023 di Red Bull Arena, New York, Minggu (27/8/2023) pagi WIB. (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez)

Sejak Messi bergabung, Inter Miami melesat ke puncak MLS dalam hal total pengeluaran tim. Saat ini, pengeluaran Miami mencapai angka mencengangkan sebesar 41,7 juta dolar AS (Rp654,3 miliar), hampir dua kali lipat dari pengeluaran semua klub, kecuali beberapa tim yang menghabiskan banyak uang.

Toronto, dengan total pengeluaran sebesar 31,8 juta dolar AS, dan LAFC yang menghabiskan 22,1 juta dolar AS, berada di posisi terdekat, tetapi masih tertinggal jauh.

Olivier Giroud memiliki kompensasi tahunan sebesar 3,675 juta dolar AS, yang terlihat sangat kecil dibandingkan dengan pendapatan pribadi Messi, menunjukkan nilai luar biasa yang dimilikinya di liga.

Di sisi lain, klub-klub dengan pengeluaran lebih kecil seperti Montreal (11,4 juta dolar AS), Philadelphia (13,8 juta dolar AS), dan Dallas (13,9 juta dolar AS) menunjukkan kesenjangan yang substansial antara The Herons dan tim lainnya.

Pada 2024, rata-rata kompensasi yang dijamin di MS meningkat hampir 10 persen, naik menjadi 596.226 dolar AS dari sebelumnya 543.207 dolar AS, pertumbuhan ini sebagian besar dipengaruhi oleh kekuatan finansial dan pemasaran Messi.

 

Sumber: World Soccer Talk

Berita Terkait