Mengenal Rafinha, Bomber Andalan PSIM yang Kini Berstatus Top Scorer Pegadaian Liga 2 2024 / 2025

oleh Ana Dewi diperbarui 26 Okt 2024, 13:45 WIB
Bomber PSIM Yogyakarta, Rafael Rodrigues alias Rafinha. (dok. PSIM Yogyakarta)

Bola.com, Jakarta - Pegadaian Liga 2 2024/2025 sudah memasuki pekan kesembilan. Persaingan di papan atas klasemen pun semakin sengit. Pun demikian dengan perburuan gelar top skorer yang kian memanas.

Bomber PSIM Yogyakarta, Rafael Rodrigues alias Rafinha, untuk sementara memimpin daftar pencetak gol terbanyak Pegadaian Liga 2 musim ini. Penyerang asal Brasil itu sudah melesakkan tujuh gol dari tujuh penampilan musim ini.

Advertisement

Striker Persikabo 1973, Fareed Sadat dan Omid Popalzay dari PSPS Pekanbaru membuntuti dengan masing-masing torehan enam gol. Disusul Corfe Deri (5 gol/Persiraja Banda Aceh) serta Paulo Henrique (5 gol/Persikota Tangerang).

Pekan lalu, Rafinha sukses mencetak sebiji gol ke gawang Persiku Kudus. Pemain berusia 32 tahun tersebut tampil gemilang saat membantu PSIM Yogyakarta meraih kemenangan besar 5-0 pada laga pekan kedelapan Pegadaian Liga 2 musim ini.

 

2 dari 4 halaman

Andalan Lini Depan

Bomber PSIM Yogyakarta, Rafael Rodrigues alias Rafinha. (dok. PSIM Yogyakarta)

Klub berjulukan Laskar Mataram itu memang sangat bergantung kepada Rafinha di lini depan. Bisa dibilang, pemain berpostur 170 cm itu merupakan rekrutan terbaik PSIM pada musim ini. Performanya tak pernah mengecewakan.

Striker kelahiran Recife, Brasil itu selalu tampil di seluruh pertandingan yang dimainkan Laskar Mataram musim ini. Secara keseluruhan Rafinha berada selama 510 menit di lapangan. Dari tujuh laga, dia hanya absen mencetak gol saat timnya bersua Persijap Jepara dan Nusantara United.

Adapun ketujuh gol tersebut ia lesakkan ke gawang Adhyaksa Farmel (2 gol), Bhayangkara FC (1 gol), Persipa Pati (1 gol), Persikas Subang (2 gol), dan Persiku Kudus (2 gol). Koleksi gol Rafinha masih sangat mungkin bertambah, mengingat kompetisi musim ini masih cukup panjang.

 

3 dari 4 halaman

Musim Kedua di Liga Indonesia

Pemain PSIM, Rafinha. (Dokumentasi PSIM)

Rafinha didatangkan PSIM pada awal kompetisi musim ini. Tahun ini menjadi episode kedua pemilik nama lengkap Rafael de Sa Rodrigues itu berkarier di Indonesia. Musim lalu, dia bermain untuk PSCS Cilacap.

Bersama PSCS, Rafinha berhasil membukukan sembilan gol dan satu assist dari 17 penampilan. Torehan itu menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak di PSCS dan menempati peringkat ketujuh dalam daftar top skorer Liga 2 2023/2024

Posisinya di sektor depan nyaris tak tergantikan dan selalu bermain penuh pada babak penyisihan grup. Rafinha hanya absen sekali sepanjang musim lalu. Sayangnya, dia gagal membawa timnya lolos ke fase 12 besar Liga 2.

 

4 dari 4 halaman

Jejak Karier

Sebelum merantau ke Indonesia, Rafinha lebih banyak membela klub asal tanah kelahirannya. Dalam kurun waktu 2010 sampai 2017, pemain kelahiran 23 Maret 1992 itu masih bermain di liga Brasil.

Sederet tim yang pernah diperkuatnya yakni America-RN U-20, CFZ, Duque de Caxias, Tigres-RJ, Mogi Mirim, dan Mesquita-RJ. Barulah pada musim 2019 Rafinha mencoba peruntungan ke luar negeri.

Rafinha bergabung dengan sejumlah klub asal Laos dan Thailand. Sebut saja, Lao Toyota, FC Chanthabouly, hingga Master 7. Kemudian Watbot City serta Muang Loei Utd.

Pemain bernomor punggung 91 di PSIM itu tampil moncer saat berbaju Master 7 pada medio 2022-2023. Saat itu, dia sukses membuat 28 gol plus lima assist dari 16 pertandingan di Lao League 1 atau kompetisi strata teratas Liga Laos.

Berita Terkait