BRI Liga 1: Tanpa Igor Rodrigues Vs PSS, Tantangan Berat Persita untuk Raih Kemenangan di Manahan

oleh Ana Dewi diperbarui 26 Okt 2024, 20:00 WIB
Penjaga gawang Persita Tangerang, Igor Rodrigues. (Dokumentasi Persita)

Bola.com, Solo - Persita Tangerang menjadi satu-satunya tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di BRI Liga 1 2024/2025. Hingga pekan kedelapan, Pendekar Cisadane baru kemasukan tiga gol.

Mereka unggul dari sang pemuncak klasemen sementara Borneo FC yang sudah kebobolan enam kali. Ini menunjukkan betapa solidnya lini pertahanan tim besutan Fabio Lefundes tersebut.

Advertisement

Salah satu faktor tangguhnya barisan pertahanan Persita adalah penampilan ciamik penjaga gawang mereka Igor Rodrigues. Sayangnya, kiper asal Portugal itu dipastikan absen pada laga selanjutnya.

Persita Tangerang dijadwalkan berjumpa PSS Sleman pada laga pekan kesembilan BRI Liga 1. Kedua tim berduel di Stadion Manahan, Kota Solo, Minggu (27/10/2024) pukul 15.30 WIB.

 

2 dari 5 halaman

Tak Ambil Pusing

Pelatih kepala Madura United, Fabio Araujo Lefundes saat laga lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 melawan Dewa United di Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (2/2/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kehilangan Igor Rodrigues di bawah mistar gawang tentu jadi sebuah kerugian besar bagi Persita. Selain catatan tiga kali bobol, kiper berusia 29 tahun itu juga sudah membuat lima kali clean sheet dari delapan penampilan. Luar biasa!

Soal absennya sang pemain, Fabio Lefundes memberikan komentar. Dalam sesi jumpa pers sebelum laga, Sabtu (26/10/2024) sore, dia menyebut tim harus selalu siap dalam situasi apapun. Termasuk ketika kehilangan pemain karena cedera maupun akumulasi kartu.

"Ketika saya mempersiapkan tim dari skuad ini kita harus siap dengan segala sesuatunya dan biasanya kami kehilangan pemain karena cedera dan akumulasi kartu. Tetapi ini kejadian untuk pertama kali di hidupku, waktu lawan Borneo FC saya juga kehilangan pemain karena Sandro dan Jardel istrinya melahirkan pada waktu yang sama," katanya.

"Dan sekarang kita tidak menyangka Igor Rodrigues dapat masalah dengan keluarga dan klub memutuskan untuk memberikan waktu untuk menyelesaikan masalahnya."

"Kita tahu kalau punya satu kiper itu bisa jadi masalah. Kartika Aji tahun lalu masuk best starting eleven jadi ini kesempatan untuk dia. Aji juga kiper bagus dan ditangani oleh pelatih yang sama dengan Igor, semoga dia bisa melakukan yang terbaik," harap Lefundes.

 

3 dari 5 halaman

Target Poin Penuh

Pelatih Madura United, Fabio Araujo Lefundes saat menghadapi Bali United dalam laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Kamis (09/12/2021). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Mantan pelatih Madura United itu antusias menyambut pertandingan terakhir di bulan ini. Dan pastinya target tiga poin dibidik di kandang PSS. Sebab, pekan sebelumnya mereka harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Bali United.

"Persiapan berjalan cukup bagus para pemain memberikan yang terbaik dan mereka mengerti apa yang sudah direncanakan untuk besok," ujar Fabio Lefundes.

"Pemain sadar bahwa laga akan berjalan dengan berat karena PSS datang dengan kemenangan besar di pertandingan terakhir. Mereka juga punya pemain yang bagus dan cukup berbahaya jadi kita harus menjaga konsentrasi kita."

"Pemain depan PSS sangat berbahaya, pemain belakang mereka juga ada beberapa yang kerja sama saya sebelumnya seperti Cleberson dan Fachruddin di Madura United," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Belajar dari Kesalahan

Pemain Persita Tangerang, Javlon Guseynov, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang RANS Nusantara FC pada pekan ke-20 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Kamis (23/11/2023). Gol-gol kemenangan Persita di laga ini dicetak oleh Rifky Dwi Septiawan, Javlon Guseynov dan Ezequiel Vidal. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pendekar Cisadane saat ini berada di urutan ke-11 klasemen sementara dengan koleksi 11 poin. Hasil dari tiga menang, dua imbang, dan tiga kalah. Adapun PSS menempati posisi ke-17 dengan tabungan lima angka.

Bek Persita, Javlon Guseynov menyatakan, timnya siap memberikan penampilan terbaik di kandang lawan. Tambahan tiga poin penting buat memperbaiki peringkat di klasemen.

"Persiapan bagus dan yang penting semua pemain Alhamdulillah sehat tidak ada cedera. Kami tahu apa kesalahan kita yang kemarin melawan Bali United dan kita coba evaluasi dengan staf pelatih dan InsyaAllah besok kita akan coba menang di kandang Sleman," ucapnya.

"Kami nonton beberapa pertandingan dan analisis laga Sleman cukup baik dan saya pikir akan jadi laga yang sulit tetapi kami enggak usah banyak bicara dan harus bukti di lapangan saja," tandas Javlon.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2024/2025

Berita Terkait