Skenario Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Piala Asia: Wajib Menang atas Australia Jika Ingin Aman

oleh Iwan Setiawan diperbarui 26 Okt 2024, 21:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-17, Fandi Ahmad Muzaki berusaha mencetak gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara pada laga Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 yang berlangsung di Abdullah Alkhalifa Alsabah Stadium, Mishref, Kuwait, Jumat (25/10/2024) WIB. (Dok. PSSI)

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 meraih dua kemenangan di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Tim asuhan Nova Arianto itu mengalahkan Kuwait 1-0 dan Kepulauan Mariana Utara dengan skor telak 10-0. Namun, 6 poin yang sudah didapat belum menggaransi Indonesia lolos ke Piala Asia U-17. Hanya juara grup dan lima runner up terbaik yang bisa lolos.

Advertisement

Saat ini, posisi Indonesia ada di urutan kedua Grup G. Mereka kalah selisih gol dari Australia U-17 yang jadi pemuncak klasemen. Lantas, bagaimana skema agar Zahaby Gholy dkk. bisa mengamankan tiket ke Piala Asia U-17? Ada dua kemungkinan. Yang paling aman, tentu menang dari Australia U-17 di laga terakhir kualifikasi pada Minggu (27/10/2024).

Kemenangan membuat Indonesia jadi juara Grup G. Namun, hal itu tidak mudah. Australia juga tampil meyakinkan di dua laga awal. Mereka menang 19-0 dari Kepulauan Mariana Utara dan 3-1 atas Kuwait. Skor kemenangan itu lebih telak daripada yang didapatkan Timnas Indonesia U-17.

2 dari 4 halaman

Laga Hidup Mati

Kualifikasi Piala Asia U-17 - Australia Vs Timnas Indonesia U-17 (Bola.com/Adreanus Titus/ Geaby Fadhilatu Sholikha)

Namun, sepakbola bukan matematika. Kans menang tetap terbuka. Timnas Indonesia U-17 sudah menyimpan beberapa pemain kunci untuk lawan Australia.

Nova melakukan banyak rotasi ketika dapat lawan ringan Kepulauan Mariana Utara. Bek Matthew Baker tidak dimainkan. Sedangkan Zahaby Gholy, Mierza Firjatullah dan beberapa nama lain hanya turun dalam satu babak. Disinyalir, starting eleven terbaik Indonesia U-17 tidak akan jauh beda dari laga pertama Grup G melawan Kuwait.

Mereka bisa saja memaksimalkan skuat Australia yang kemungkinan kelelahan, lantaran mereka baru menghadapi tuan rumah Kuwait. Kini, tinggal bagaimana Indonesia U-17 memaksimalkan tenaga para pemain utama yang masih fit. Jika bermain dengan kepercayaan diri dan mengandalkan kecepatan, kemungkinan menang akan lebih besar.

3 dari 4 halaman

Jika Imbang Bagaimana?

Tapi, bagaimana jika hasilnya imbang? Masih ada kemungkinan lolos. Dengan catatan tim lain tidak meraih kemenangan di laga terakhir.

Dari hitungan klasemen runner up sementara, Indonesia U-17 ada di urutan 6. Yang diperhitungkan hanya pertandingan melawan tim urutan pertama dan ketiga. Artinya, kemenangan 10-0 dari Kepulauan Mariana Utara tak masuk hitungan. Sebuah hal yang disayangkan tentunya.

Kini Indonesia U-17 masih punya surplus satu gol. Sedangkan lima posisi teratas ditempati Oman, Qatar, China, India dan Uzbekistan. Jadi, masih ada kans lolos jika bisa menahan imbang Australia. Dengan catatan lima yang menempati runner up terbaik sementara mengalami kekalahan.

4 dari 4 halaman

Jika Kalah?

Tapi, jika Indonesia U-17 menelan kekalahan, sangat kecil kesempatan lolos Karena selisih gol Indonesia bisa 0 atau bahkan minus. Padahal selisih gol ini sangat menentukan untuk menentukan lima runner up terbaik.

Berita Terkait