Gagal Gabung MU dan Akhirnya ke West Ham, Jean-Clair Todibo Siap Bikin The Red Devils Menyesal

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Okt 2024, 13:45 WIB
Striker Tottenham Hotspur, Dominic Solanke, berebut bola dengan bek West Ham United, Jean-Clair Todibo, pada laga Premier League di Tottenham Hotspur Stadium, pada 19 Oktober 2024. (BENJAMIN CREMEL / AFP)

Bola.com, Jakarta - West Ham United menjamu Manchester United (MU) dalam laga pekan kesembilan Premier League 2024/2025 di London Stadium, Minggu (27/10/2024) malam WIB. Dalam laga ini, bek West Ham, Jean-Clair Todibo, ingin membuat MU menyesal.

Jean-Clair Todibo adalah salah satu pemain yang pada musim panas 2024 gencar dikaitkan dengan MU. Salah satu rumor yang beredar menyebut pemain yang sebelumnya bermain bersama Nice ini juga menjadi incaran The Red Devils.

Advertisement

Apalagi saat itu MU baru saja memiliki kepemilikan baru yang ditangani oleh INEOS, perusahaan yang juga menangani Nice. Nama Todibo sudah santer disebut bakal bergabung bersama MU sejak klub yang bermarkas di Old Trafford itu meraih gelar juara Piala FA.

Sayangnya, ada aturan kepemilikan multi-klub yang membatasi adanya jual beli pemain di antara klub-klub yang dimiliki oleh pihak yang sama. Aturan UEFA itu pun memupuskan harapan MU untuk merekrut Todibo.

Bahkan Sir Jim Ratcliffe, pemilik INEOS, bahkan mengkritik aturan ini, mengatakan kepada Bloomberg, "UEFA mengatakan kami bisa menjualnya ke klub Premier League lain, tetapi tidak bisa ke Manchester United. Itu tidak adil bagi pemain."

2 dari 4 halaman

Gagal ke MU, Gabung West Ham

Jean-Clair Todibo. (AFP/Loic Venance)

Kurang dari tiga bulan kemudian, Jean-Clair Todibo, benar-benar mewujudkan keinginannya bermain di Premier League, meski tidak bersama MU.

Pemain asal Prancis ini memilih bergabung bersama West Ham United dengan status peminjaman selama satu musim, dengan opsi permanan dengan nilai 35 juta pound.

Saat ini Todibo sudah menjadi pemain yang tampil reguler bersama West Ham United. Ia sudah tampil sebagai starter dalam empat pertandingan terakhir West Ham di semua kompetisi, termasuk tiga pertandingan di Premier League.

Todibo pun kemungkinan besar akan kembali menjadi bagian dari tim inti West Ham yang menjamu MU di London Stadium pada pekan kesembilan Premier League.

Ini menjadi momentum bagi Jean-Clair Todibo untuk membuktikan bahwa MU telah melakukan kesalahan dengan menyerah begitu saja mendapatkannya pada musim panas 2024.

3 dari 4 halaman

MU Tidak Mau Kalah

Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Namun, MU datang dengan tekad besar. MU berambisi meraih kemenangan kedua secara beruntun di Premier League, di mana The Red Devils sebelumnya menang 2-1 atas Brentford.

Namun, hasil imbang 1-1 melawan Fenerbahce di Liga Europa memang sedikit mengganggu momentum The Red Devils.

Meskipun masalah utama United adalah mencetak gol, mereka bisa mendapatkan motivasi dari catatan buruk pertahanan West Ham yang sudah kebobolan sembilan gol di empat pertandingan kandang pertama mereka.

Dengan perjalanan musim yang belum optimal, bukan hal yang mengejutkan jika Todibo tampil menonjol saat melawan mantan klub yang mengincarnya.

MU berharap untuk tidak menghadapi malapetaka dari pemain yang sangat mereka minati di fase awal pembangunan kembali klub di bawah bendera INEOS itu.

Sumber: Manchester Evening News

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League