Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia: Waspada Timnas Indonesia! Gelandang Jepang Rajin Bikin Gol di Bundesliga

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 27 Okt 2024, 15:45 WIB
Gelandang Vietnam, Khuat Van Khang dan gelandang Jepang, Ritsu Doan melompat untuk menyundul bola dalam laga Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Stadion Al-Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2023). (AFP/Karim Jaafar)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia benar-benar harus ekstra waspada untuk menghadapi Jepang bulan depan. Skuad Garuda dijadwalkan menjamu Jepang pada lanjutan Ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta 15 November 2024.

Para penggawa abroad Jepang semakin menyala di klubnya masing-masing, tak ketinggalan di tanah Eropa yang dikenal kiblatnya sepak bola.

Advertisement

Adalah Ritsu Doan, gelandang Timnas Jepang yang kini membela klub Bundesliga Jerman, SC Freiburg. Di Musim ketiganya bersama Freiburg, membuatnya semakin matang.

Pemain berusia 26 tahun seolah tak mau berhenti mencetak gol. Dalam laga lanjutan pekan kedelapan Bundesliga 2024/2025, Ritsu Doan kembali mencetak gol, meski sayangnya timnya harus kalah 1-3 di markas RB Leipzig, Sabtu (26/10/2024) dini hari WIB.

Golnya pada menit ke-15, dibalas tiga kali oleh tuan rumah masing-masing melalui Willi Orban, Lutsharel Geertruida, dan Lois Openda. Hasil ini menempatkan SC Freiburg tertahan di urutan keempat klasemen sementara Bundesliga dengan nilai 15.

Menariknya bagi Ritsu Doan, koleksi golnya kini bertambah menjadi empat dalam delapan pertandingan musim ini. Tiga gol sebelumnya ia lesakkan ke gawang Werder Bremen, Heidenheim, dan Stuttgart.

2 dari 5 halaman

Makin Gacor

Striker Jepang Ritsu Doan mencoba hindari bek Irak (AFP)

Melansir laman Hochi News, Ritsu Doan menjadi pemain kunci di SC Freiburg. Ia sudah menjadi pilar utama dan tak tergantikan, dengan selalu bermain di musim ini.

"Gelandang Freiburg perwakilan Jepang Ritsu Doan mencetak gol keempatnya musim ini dalam pertandingan tandang melawan Leipzig," tulis Hochi News.

"Doan, yang menjadi starter dalam delapan pertandingan pertama berturut-turut untuk tim yang sedang dalam kondisi bagus dan menduduki peringkat ketiga liga, menyundul umpan silang dari sisi kiri pada menit ke-15 babak pertama untuk mencetak gol pertamanya dalam dua pertandingan."

Mereka dengan cepat meraih hasil dalam laga peringkat teratas melawan peringkat kedua Leipzig, yang menunjukkan pertahanan solid dengan hanya kebobolan dua gol dalam tujuh pertandingan sebelum pertandingan.

3 dari 5 halaman

Jadi Mimpi Buruk Tim Eropa

Pemain Borussia Dortmund, Mateu Morey, berebut bola dengan pemain SC Freiburg, Ritsu Doan, pada laga Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (10/2/2024). (AP Photo/Martin Meissner)

Sosok Ritsu Doan menjadi sorotan setelah penampilan gemilang bersama timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar, di mana ia berperan penting dalam kemenangan mengejutkan Jepang atas tim-tim besar seperti Jerman dan Spanyol.

Doan membuktikan bahwa pemain Asia dapat memberikan dampak signifikan dalam kompetisi tingkat tinggi, membuka jalan bagi lebih banyak pemain dari benua tersebut untuk meraih kesuksesan di panggung global.

Perjalanan kariernya dari akademi Gamba Osaka hingga menjadi pemain kunci di Bundesliga menggambarkan dedikasi dan perkembangan yang konsisten.

Melansir dari berbagai sumber, kiprah Ritsu Doan di dunia sepakbola tidak hanya diukur dari statistik golnya, tetapi juga dari dampak keseluruhan yang ia berikan pada permainan tim.

Kemampuannya untuk menciptakan peluang, keterampilannya dalam mengontrol tempo permainan, dan kontribusinya dalam fase bertahan membuat Doan menjadi pemain yang sangat diandalkan baik di klub maupun timnas Jepang.

Ritsu Doan terus menunjukkan perkembangan dalam berbagai aspek permainannya, membuktikan ia adalah pemain yang terus berkembang dan memiliki potensi menjadi salah satu pemain terbaik Asia di kancah internasional dalam beberapa tahun ke depan.

4 dari 5 halaman

Kiprahnya di Timnas Jepang

Selebrasi pemain timnas Jepang, Ritsu Doan usai menjebol gawang Spanyol dalam pertandingan grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat (2/12/2022). (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Bakat Ritsu Doan sudah terihat sejak masih belia. Kemampuannya membuat ia menembus Timnas Jepang secara berjenjang, mulai dari U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, U-23, dan senior.

Bahkan di level senior, pemain kelahiran Amagasaki, Hyogo, sudah mencatat 54 penampilan sejak debutya pada 11 September 2018. Dari jumlah itu, Ritsu Doan menyumbangkan 10 gol untuk tim Samurai Biru.

Ia masih menjadi andalan di skuad racikan Hajime Moriyasu hingga ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Terakhir kali Doan mencetak gol untuk Jepang terjadi ke gawang Suriah pada 6 Juni 2024 dalam ronde kedua.

Sumber: Hochi News, Transfermarkt

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Rabu, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

 

Berita Terkait