Sebelum Kembali ke Timnas Arab Saudi, Herve Renard Tolak Menangani Nigeria: Bosan Berprestasi di Afrika?

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Okt 2024, 15:30 WIB
Timnas Arab Saudi di tangan Herve Renard sempat memberikan kejutan di laga pertama Grup C Piala Dunia 2022 setelah sukses mengalahkan tim unggulan Argentina dengan skor 2-1. Namun, mereka gagal meneruskan sihirnya di dua laga berikutnya. Renard diketahui mendapatkan gaji 2 juta pound sterling atau Rp37 miliar per tahun untuk menangani skuad The Falcons. (AFP/Khaled Desouki)

Bola.com, Jakarta - Pelatih asal Prancis, Herve Renard, baru saja diumumkan sebagai arsitek tim anyar Timnas Arab Saudi. Menariknya, pelatih yang juga menangani The Green Falcons di Piala Dunia 2022 itu baru saja menolak tawaran yang datang dari tim kuat di Afrika, Timnas Nigeria.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) baru saja mengumumkan sosok pengganti Roberto Mancini yang akan menangani Timnas Arab Saudi di sisa kampanye Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sosok itu adalah Herve Renard.

Advertisement

Pelatih asal Prancis ini bukanlah sosok baru bagi Arab Saudi. Sang pelatih adalah sosok yang mengantarkan Timnas Arab Saudi lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Bahkan membantu Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1 dalam laga pertama mereka di Piala Dunia 2022.

Setelah meninggalkan Arab Saudi pada 2023 dan menangani Timnas Putri Prancis, Herve Renard kini menerima kembali pinangan SAFF untuk menangani Timnas Arab Saudi dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Menariknya, ternyata Herve Renard juga sempat mendapatkan tawaran untuk menangani Timnas Nigeria, sebuah tim yang cukup kuat di Konfederasi Afrika.

2 dari 5 halaman

Menolak Tawaran Nigeria

Timnas Arab Saudi yang mampu menghadirkan kejutan di laga awal Grup C dengan membekuk salah satu tim unggulan Argentina nyatanya harus tersingkir dan gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Usai mempecundangi Lionel Messi dkk, tim besutan Herve Renard tersebut harus kalah dalam dua laga berikutnya. Terakhir pada matchday ketiga, Arab Saudi takluk 1-2 dari Meksiko, meski sepanjang laga sang pelatih penuh totalitas memompa semangat para pemainnya. (AP/Manu Fernandez)

 

Herve Renard mengungkapkan bahwa Federasi Sepak Bola Nigeria telah memberinya tawaran untuk menggfantikan Finidi George. Namun, Renard memutuskan untuk menolak tawaran tersebut.

"Saya hampir bergabung dengan Nigeria. Saya mempertimbangkan semua pro dan kontra berhari-hari, bahkan dalam beberapa pekan, sebelum menolaknya," ujar Renard seperti dilansir Soccernet.

Penolakan ini pun dinilai cukup mengejutkan. Pasalnya, Herve Renard dikenal memiliki prestasi yang cukup baik bersama tim nasional yang berasal dari Afrika.

3 dari 5 halaman

Padahal Berprestasi di Afrika

Patut dinantikan bagaimana kiprah Arab Saudi di tangan Herve Renard pada laga-laga Piala Dunia 2022 selanjutnya. Mampukah The Falcons membuat kejutan lagi? (AP/Natacha Pisarenko)

 

Dalam sejarah kepelatihannya, Herve Renard pernah menangani Timnas Zambia, Angola, Pantai Gading, dan Maroko. Keempat tim tersebut merupakan kontestan yang ada di Benua Afrika.

Tak hanya sekadar berkarier sebagai pelatih kepala tim nasional di wilayah Afrika, Herve Renard juga memiliki prestasi. Ia membawa Zambia menjuarai Piala Afrika 2012 dan Piala Afrika Selatan 2013, serta membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika 2015.

Tak hanya memberikan gelar juara kepada tim-tim Afrika yang pernah ditanganinya, Herve Renard juga tiga kali menjadi pelatih terbaik di Afrika, masing-masing pada 2012, 2015, dan 2018.

4 dari 5 halaman

Belum Selesai dengan Arab Saudi

Pelatih asal Prancis berusia 54 tahun ini tak segan berteriak lantang mengingatkan para pemainnya jika instruksinya tak dijalankan sesuai rencana di atas lapangan. (AP/Manu Fernandez)

 

Pernah menangani Timnas Arab Saudi sejak 2019 hingga 2023, Herve Renard memang berhasil mengantarkan tim asuhannya lolos ke Piala Dunia 2022.

Namun, setelah mengalahkan Argentina di laga pertama turnamen di Qatar itu, Arab Saudi justru kalah dari Polandia dan Meksiko sehingga langsung tersingkir.

Setahun kemudian, Herve Renard menjalani laga terakhirnya sebagai pelatih Arab Saudi ketika timnya kalah dari Bolivia. SAFF pun mendatangkan Roberto Mancini sebagai penggantinya.

Namun, setelah terpilih kembali menjadi pelatih Arab Saudi untuk sisa pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Herve Renard menegaskan bahwa dirinya memang belum selesai dengan Arab Saudi.

"Saya tidak pernah melupakan hubungan antara publik dan negara serta semua kenangan yang ada. Kisah saya dengan Arab Saudi belum berakhir, saya kembali." ujarnya seperti dilansir France24.

Sumber: Soccernet, France24

5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Hasil Matchday 3

  • Australia vs China 3-1
  • Bahrain vs Timnas Indonesia 2-2
  • Arab Saudi vs Jepang 0-2

Hasil Matchday 4

  • Jepang Vs Australia 1-1
  • China Vs Indonesia 2-1
  • Arab Saudi Vs Bahrain 0-0

                                 Klasemen Grup C

Pos Tim Play Win Draw Lost SG Poin
1 Jepang 4 3 1 0 15-1 10
2 Australia 4 1 2 1 4-3 5
3 Arab Saudi 4 1 2 1 3-4 5
4 Bahrain 4 1 2 1 3-7 5
5 Indonesia 4 0 3 1 4-5 3
6 China 4 1 0 3 4-13 3

 *Klasemen per Rabu, 16 Oktober 2024 pukul 03.30 WIB

 

Berita Terkait