Reaksi Warganet Setelah Arab Saudi Kembali Ditangani Herve Renard: Waspadalah Timnas Indonesia! Ini Pelatih yang Bikin Argentina Mati Kutu

oleh Vincentius Atmaja diperbarui 27 Okt 2024, 16:15 WIB
Didampingi penerjemah, Herve Renard mencoba menginstruksikan para pemainnya untuk tampil lebih tenang untuk dapat mengejar defisit dua gol. (AFP/Khaled Desouki)

Bola.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) menunjuk kembali Herve Renard sebagai pelatih kepala, menggantikan Roberto Mancini. Ditunjuknya Renard diprediksi bakal menjadi kebangkitan Timnas Arab Saudi di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026

SAFF menunjuk kembali Herve Renard, yang pernah membawa Arab Saudi mengalahkan Argentina pada laga pertama Piala Dunia 2022.

Advertisement

Timnas Arab Saudi asuhan Roberto Mancini menjalani kampanye yang kurang memuaskan pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski berada di posisi ketiga dalam klasemen Grup C, Arab Saudi hanya meraih satu kemenangan dari empat laga yang sudah dimainkan.

Herve Renard akan mempimpin Salem Al-Dawsari dkk. dalam laga kontra tuan rumah Australia, 14 November 2024. Lima hari kemudian ia memimpin skuadnya meladeni Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Banyak pihak yang berpendapat Timnas Indonesia akan mendapat ujian yang sesungguhnya dari kekuatan Arab Saudi dengan kehadiran Herve Renard.

Yuk simak reaksi warganet Indonesia soal kembalinya Herve Renard sebagai pelatih kepala Timnas Arab Saudi berikut ini.

 

2 dari 5 halaman

Tambah Ngeri

Timnas Arab Saudi di tangan Herve Renard sempat memberikan kejutan di laga pertama Grup C Piala Dunia 2022 setelah sukses mengalahkan tim unggulan Argentina dengan skor 2-1. Namun, mereka gagal meneruskan sihirnya di dua laga berikutnya. Renard diketahui mendapatkan gaji 2 juta pound sterling atau Rp37 miliar per tahun untuk menangani skuad The Falcons. (AFP/Khaled Desouki)

"Pelatih yang ngalahin Argentina cik," tulis pemilik akun @Brianwksn.

"Pelatih ngeri ini, waspada Indonesia," lanjut yang punya akun @wargaxyz.

Pemilik akun @ FachrulAzizi15menyebut Timnas Indonesia racikan Shin Tae-yong bisa mendapat ujian dengan Arab Saudi-nya Herve Renard. "Gaya mainnya pressing tinggi ini pelatih, waktu lawan argen aja udah unggul 2-1 masih nge press sampe daerah lawan, alamat parkir bus lagi ini sty," tulisnya.

"Pelatih yg bikin Argentina kalah di match pertama World Cup Qatar. Pressinb tinggi, udah hafal semua pemain Arab Saudi, gak harus adaptasi. Good luck Shin Tae-Yong dan timnas Indonesia," kata-kata dari pemilik akun @crnrfootballs.

"Yah mau siapapun pelatihnya, Arab tetep Arab yg emang langganan pildun sih. Selisih ranking juga jauh banget. Nggak kalah aja syukur," kata @gallanttsany.

 

3 dari 5 halaman

STY Jangan Berksperimen Lagi

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) serta pemain Calvin Verdonk saat menghadiri konferensi pers pra pertandingan melawan Bahrain dalam lanjutan putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Rabu (9/10/2024) malam WIB. (Dok. PSSI)

Netizen Indonesia juga meminta Timnas Indonesia yang diasuh Shin Tae-yong benar-benar mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi Jepang dan Arab Saudi. Bahkan tak sedikt warganet yang berharap STY untuk tidak coba-coba lagi dalam menyusun skuad dan strateginya.

"Berat nih vs arab saudi di jakarta..ini pelatih bagus.semoga timnas menang asal coach STY nga ada experimen pemain lagi," beber akun @DaudCool.

"Asli berat. Press tinggi, main fisik. Semoga STY punya jalan keluar. Asli, saudi jaman Herve Renard mainnya enak banget diliay," imbuh akun @belalangsemprul.

"Kita bener2 butuh Kevin Diks bisa masuk dan memperkuat lini pertahanan nih. Dengan pelatih Saudi macam ini. Bisa gegar pertahanan kita," jelas pemilik akun @fiaifit.

 

4 dari 5 halaman

Jodoh dengan Arab Saudi

Sesekali Herve Renard juga tampak serius mengamati jalannya laga dari pinggir lapangan untuk mencari titik lemah Timnas Meksiko. (AP/Julio Cortez)

Herve Renard merupakan pelatih asal Prancis yang pernah menangani Timnas Arab Saudi pada 2019 hingga 2023. Ia memulai kiprah pertamanya menjadi pelatih Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang sukses dijalaninya dan Arab Saudi pun lolos ke Qatar.

Satu pertandingan yang sangat identik dengan Herve Renard di Timnas Arab Saudi adalah kemenangan mengejutkan atas Argentina, pada pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam laga tersebut, Timnas Arab Saudi menang 2-1 atas Lionel Messi dkk. Kemenangan yang kemudian membuat para penggemar Arab Saudi sombong dengan jargon "Where's Messi?". Meski pada pada akhirnya Lionel Messi justru berhasil membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Kemenangan atas Argentina memang menjadi satu-satunya yang harum bagi Arab Saudi di Piala Dunia 2022. Setelah itu, The Green Falcons kalah dari Polandia dan Meksiko sehingga langsung tersingkir dari Qatar.

Setelah kalah 1-2 dari Bolivia dalam laga persahabatan, Herve Renard digantikan Roberto Mancini, pelatih yang kini digantikannya setelah performa kurang meyakinkan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

 

5 dari 5 halaman

Profil Singkat Herve Renard

Wajib menang saat menghadapi Meksiko untuk lolos ke babak 16 besar, Herve Renard terus memberi semangat kepada para pemain Arab Saudi sepanjang laga. (AP/Ricardo Mazalan)

Herve Renard lahir di Aix-les-Bain, 30 September 1968. Ia punya pengalaman segudang dengan pernah menjadi pelatih Ghana, Zambia, Angola, Pantai Gading, klub Lille, dan juga Maroko.

Total ia sudah memimpin 45 pertandingan resmi bersama Timnas Arab Saudi. 20 laga di antaranya berujung pada kemenangan, 10 laga berakhir imbang, dan kalah di 15 pertandingan lainnya.

Prestasi cemerlangnya dalam menangani tim nasional adalah membawa Zambia menjuarai Piala Afrika 2011/2012 dan Pantai Gading di tahun 2014/2015.

Berita Terkait