Bukti Keampuhan Aldi Satya Mahendra: Hanya Butuh Dua Race untuk Gegerkan Panggung bLU cRU Yamaha Sunday Race 2024

oleh Radifa Arsa diperbarui 27 Okt 2024, 23:07 WIB
Pembalap tim Yamaha Akai Jaya MBKW2, Aldi Satya Mahendra (tengah), sukses menjadi yang terdepan dalam sesi Race 2 pada bLU cRU Yamaha Sunday Race 2024 Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (27/10/2024). (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Jakarta - Ketangguhan pembalap Indonesia yang baru saja menjuarai World Supersport 300 (WSSP300) 2024, Aldi Satya Mahendra, terbukti pada ajang balap bLU cRU Yamaha Sunday Race (YSR) 2024.

Sempat absen pada Round 1 bLU cRU Yamaha Sunday Race 2024, Aldi Satya Mahendra langsung tampil menggebrak pada Round 2 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 26-27 Oktober 2024.

Advertisement

Aksinya yang paling membuat kagum ialah ketika mengikuti kategori R25 Pro. Di nomor ini, pemuda berusia 18 tahun itu berhasil mengamankan posisi kedua pada Race 1, Sabtu (26/10/2024), dan menjadi yang terdepan pada Race 2, Minggu (27/10/2024).

Pada sesi balap pertama, dia harus mengakui kakak kandungnya sendiri, Galang Hendra Pratama. Sayangnya, persaingan ketat antara dua saudara ini tak berlanjut pada sesi balap kedua lantaran Galang mengalami crash.

 

2 dari 4 halaman

Dua Pesaing Crash

Pembalap kebanggaan Indonesia, Aldi Satya Mahendra. (Bola.com/Muhamma Adi Yaksa).

Sejak race pertama, dua pesaing ketat yang harus dihadapi Aldi ialah Galang Hendra Pratama serta Arai Agaska Dibani Laksana. Galang akhirnya memimpin terdepan diikuti Aldi dan Arai yang berada di belakangnya.

Pada sesi race kedua, ketiganya juga sempat bersaing ketat memperebutkan posisi paling depan. Pertarungan antara ketiga rider ini sangat sengit. Sayangnya, dua pesaing Aldi tersebut tak bisa menyelesaikan race hingga akhir.

Arai, misalnya, harus mengakhiri balap lebih dini karena mengalami crash pada putaran ketiga. Sedangkan perjuangan Galang juga tak bisa berlanjut karena mengalami kecelakaan pada tikungan terakhir.

 

3 dari 4 halaman

Aldi Juga Bermasalah

Aldi sebetulnya bukan tanpa masalah pada dua sesi balap di bLU cRU YSR 2024 ini. Sebab, pemuda asal Bantul itu menghadapi masalah pada suspensi depan. Ditambah, ban yang digunakan juga berbeda dari sebelumnya.

Akibatnya, Aldi terlihat kesulitan mengendalikan motornya di lintasan. Problem inilah yang membuatnya kerap kehilangan momentum ketika menghadapi tikungan. Beruntung dia bisa mengatasinya hingga finish terdepan.

Sebab, posisinya sempat terjepit hingga terlempar di urutan kelima. Namun, ketika memasuki putaran akhir, pembalap asal tim Yamaha Akai Jaya MBKW2 itu bisa mencari celah untuk merebut ulang posisi pertama.

“Sebetulnya, suspensi depan saya sudah mengalami masalah sejak race pertama. Memang dari awal sudah bermasalah. Tidak tahu juga, sudah di-setting, tetapi masih sama saja,” ujar Aldi saat ditemui di podium, Minggu (27/10/2024).

 

 

4 dari 4 halaman

Tetap Memukau

Hanya dari dua sesi balap ini, Aldi Satya Mahendra bisa mendapatkan posisi yang cukup impresif meskipun gagal memuncaki klasemen akhir pada kelas R25 Pro dalam ajang bLU cRU Yamaha Sunday Race (YSR) 2024 ini.

Sebab, dengan perolehan 20 poin hasil dari Race 1, serta 25 poin ketika menduduki posisi pertama pada Race 2, Aldi bisa mengatrol peringkatnya ke posisi kelima klasemen.

Catatan ini tentu impresif mengingat dia hanya mengikuti dua sesi balap, sedangkan pesaing yang berada di atasnya telah mengikuti persaingan sejak Round 1 yang berlangsung pada 20 hingga 21 Juli 2024 lalu.

Berita Terkait