Daftar Lengkap Negara yang lolos ke Piala Asia U-17 2025: Selain Timnas Indonesia, Ada Thailand dan Vietnam

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 28 Okt 2024, 05:45 WIB
Piala Asia U-17 - Ilustrasi Kualifikasi Piala Asia U-17 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Rampung sudah Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 digelar. Sebanyak 15 tim sudah memastikan diri lolos menyusul Arab Saudi yang lolos sebagai tim tuan rumah turnamen sepak bola usia muda yang akan digelar pada April 2025. Dari Asia Tenggara, ada Timnas Indonesia, Thailand, dan Vietnam yang juga akan berkiprah di putaran final.

Pertandingan terakhir fase Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 digelar serentak pada Minggu (27/10/2024). Korea Utara, Afghanistan, Thailand, Uzbekistan, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Tajikistan berhasil lolos dengan nilai sempurna di masing-masing grup.

Advertisement

Selain itu ada pula beberapa tambahan tim yang lolos dengan catatan tidak terkalahkan selama fase kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Tim-tim itu di antaranya Yaman, Vietnam, Australia, Timnas Indonesia U-17, Korea Selatan, dan China. Artinya, mayoritas tim yang lolos ke putaran final memang punya catatan tidak pernah kalah di fase kualifikasi, kecuali Iran dan Oman.

 
 
2 dari 3 halaman

Sebaran Persaingan

Piala Asia U-17 - Hasil Drawing Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 (Bola.com/Adreanus Titus)

Dari Grup A, Korea Utara berhasil lolos ke putaran final ditemani oleh Iran yang menduduki peringkat keempat dalam klasemen runner-up terbaik. Sementara dari Grup B, hanya Afghanistan yang berhasil lolos.

Beralih ke Grup C, Korea Selatan yang menjadi juara grup ditemani oleh China yang menduduki puncak klasemen runner-up terbaik. Sementara di Grup D, E, dan F hanya Thailand, Uzbekistan, dan Jepang yang lolos sebagai juara grup.

Sementara di Grup G, Australia yang lolos sebagai juara grup didampingi Timnas Indonesia U-17 yang menempati posisi ketiga dalam klasemen runner-up terbaik.

Beralih ke Grup H, hanya Uni Emirat Arab yang lolos setelah Malaysia gagal bersaing untuk masuk menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik.

Sementara di Grup I, Vietnam mendampingi Yaman lolos ke putaran final, seperti halnya Oman yang mendampingi Tajikistan lolos dari Grup J.

Berikut daftar lengkap tim yang lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025:

3 dari 3 halaman

16 Tim di Putaran Final Piala Asia U-17 2025

  1. Arab Saudi (tuan rumah)
  2. Korea Utara (Juara Grup A)
  3. Afghanistan (Juara Grup B)
  4. Korea Selatan (Juara Grup C)
  5. Thailand (Juara Grup D)
  6. Uzbekistan (Juara Grup E)
  7. Jepang (Juara Grup F)
  8. Australia (Juara Grup G)
  9. Uni Emirat Arab (Juara Grup H)
  10. Yaman (Juara Grup I)
  11. Tajikistan (Juara Grup J)
  12. China (Runner-up terbaik)
  13. Vietnam (Posisi kedua Runner-up terbaik)
  14. Indonesia (Posisi ketiga Runner-up terbaik)
  15. Iran (Posisi keempat Runner-up terbaik)
  16. Oman (Posisi kelima Runner-up terbaik)

Berita Terkait