Erik ten Hag Ngamuk Gara-gara Penalti di Laga MU vs West Ham: Sudah 3 Kali Kami Diperlakukan Tidak Adil!

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 28 Okt 2024, 08:25 WIB
Manajer Manchester United Erik ten Hag menyaksikan jalannya pertandingan Liga Inggris saat melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu, 29 Oktober 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Bola.com, London - Manajer Manchester United (MU), Erik ten Hag, marah-marah setelah Setan Merah takluk 1-2 dari tuan rumah West Ham United pada lanjutan Liga Inggris 2024/2025, Minggu (27/10/2024). Dia menyebut penalti yang didapatkan West Ham pada pengujung laga tidak adil. 

MU mendominasi permainan pada babak pertama, tetapi tidak mampu mengubah peluang menjadi keunggulan. Red Devils harus membayar mahal ketika Crysencio Summerville mencetak gol pembuka bagi tuan rumah saat pertandingan tersisa 16 menit.

Advertisement

Pasukan Ten Hag baru bisa menyamakan kedudukan melalui Casemiro, pada menit ke-81.

Momen kontroversial pertandingan itu terjadi ketika Matthijs de Ligt berjibaku dengan Danny Ings di area penalti dan striker Hammers itu terjatuh.

Wasit David Coote awalnya tidak memberikan hukuman apa-apa. Namun, ia kemudian dipanggil ke monitor tepi lapangan untuk mengecek VAR. Setelah mempertimbangkan beberapa waktu dengan pemeriksaan panjang, ia memberikan penalti, yang mendapat banyak protes dari kubu MU.

Jarrod Bowen mencetak gol penalti di masa tambahan waktu. MU pun harus gigit jari, pulang tanpa hasil dari markas West Ham. 

Penggemar MU sangat marah dengan keputusan tersebut. Mereka beralasan telah terjadi handball oleh Ings sebelum melakukan kontak dan tidak ada cukup kontak antara kedua pemain yang membuat wasit harus memberikan penalti.

 

 

2 dari 4 halaman

Alasan Ten Hag Ngamuk

Kiper Manchester United (MU), Andre Onana, menangkap bola di udara dalam laga menghadapi West Ham United di London Stadium, Minggu (27/10/2024) malam WIB. MU kalah 1-2 dalam laga tersebut. (Glyn KIRK / AFP)

Pihak Premier League telah mengeluarkan pernyataan mengenai insiden kontroversial tersebut, menjelaskan mengapa penalti diberikan.

Namun, Ten Hag tidak terima dengan keputusan penalti tersebut. Ia mengaku MU mendapat ketidakadilan.  Bukan untuk pertama kalinya musim ini pelatih asal Belanda itu merasa Setan berada di posisi sulit akibat keputusan wasit.

"Dalam sepak bola, tidak selalu tim terbaik yang menang, hari ini sangat jelas dan jelas. Kami jauh lebih baik daripada lawan. Namun ada dua hal: kami tidak mencetak gol dan ada keputusan yang sangat buruk dari wasit, di lapangan dan juga di luar lapangan," sergah Ten Hag, seperti dikutip dari The Mirror

“Saya meminta penjelasan kepada mereka dan mereka menjelaskan kepada saya, tetapi ketika tidak jelas dan nyata, VAR tidak boleh ikut campur dan itu adalah instruksi sebelum musim ini dimulai. Mereka tidak menjaga prosesnya sendiri dan itu sangat buruk," imbuh pelatih asal Belanda itu. 

 

 

3 dari 4 halaman

Sudah 3 Kali

Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih di Manchester United berhasil membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan pada beberapa musim terakhir. Langkah-langkah pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dinilai tepat dan mujarab. Pasalnya, Ten Hag berhasil mendongrak performa MU yang saat artikel ini dibuat (19/01/2023) berhasil menempati urutan ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Manchester City yang berada di atasnya, yaitu 39 poin. Berikut ini daftar sentuhan mujarab Erik ten Hag yang bikin MU kembali bangkit di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Ten Hag mengklaim sudah tiga kali MU diperlakukan tidak adil terkait keputusan VAR pada musim ini. 

“Ketika Anda berlama-lama dalam situasi yang sangat berantakan dan jika Anda harus mempertimbangkan apakah itu penalti atau tidak, maka jelas itu bukan penalti karena berdampak besar pada skor pertandingan ini," kata Ten Hag. 

“Wasit harus mengambil tanggung jawab, ini adalah ketiga kalinya kami merasakan ketidakadilan dan itu sangat nyata.”

Sumber: Mirror

 

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait