Diogo Dalot Jadi Sorotan saat MU Kalah dari West Ham, Erik ten Hag: Semua Pemain Bertanggung Jawab

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 28 Okt 2024, 12:03 WIB
Pemain Manchester United, Matthijs de Ligt, melakukan protes kepada wasit saat melawan West Ham United pada laga pekan ke sembilan Liga Inggris di Stadion London, Minggu (27/10/2024). (John Walton/PA via AP)

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester United (MU), Erik ten Hag, menolak hanya menyalahkan Diogo Dalot karena membuang peluang saat kalah 1-2 dari West Ham United pada laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2024/2025, Minggu (27/10/2024).

Manajer asal Belanda itu menegaskan pemain lain juga tampil buruk dan berkontribusi soal kegagalan The Red Devils mencetak gol.

Advertisement

Dalam pertandingan yang berlangsung di London Stadium itu, MU kalah setelah tim tuan rumah mendapatkan penalti pada pengujung waktu. Meski banyak peluang untuk memimpin lebih awal, MU tidak mampu memanfaatkan kesempatan itu.

Salah satu momen yang paling mengecewakan datang dari bek sayap MU, Diogo Dalot, yang gagal menjaringkan gol ke gawang West Ham yang sudah kosong.

 
 
2 dari 5 halaman

Bukan Salah Diogo Dalot Seorang

Diogo Dalot (putih). (AFP/Adrian Dennis)

Mengenai sorotan atas kegagalan Diogo Dalot, Erik ten Hag pasang badan dan menegaskan bahwa seluruh tim bertanggung jawab dalam kegagalan di dalam pertandingan ini.

"Kami menciptakan banyak peluang dan bermain sangat baik, terutama pada babak pertama. Kami seharusnya bisa mencetak enam atau tujuh peluang 100 persen," ujar Erik ten Hag seperti dilansir dari Mirror.

"Namun, ketika kami tidak mencetak gol, kami harus tetap tenang. Saya tidak banyak mengkritik tim saya, kecuali karena tidak mencetak gol," lanjut manajer MU tersebut.

3 dari 5 halaman

Semua Bertanggung Jawab

Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih di Manchester United berhasil membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan pada beberapa musim terakhir. Langkah-langkah pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dinilai tepat dan mujarab. Pasalnya, Ten Hag berhasil mendongrak performa MU yang saat artikel ini dibuat (19/01/2023) berhasil menempati urutan ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Manchester City yang berada di atasnya, yaitu 39 poin. Berikut ini daftar sentuhan mujarab Erik ten Hag yang bikin MU kembali bangkit di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Manajer tim asal Belanda itu menegaskan tidak adil jika hanya menyalahkan pemain tertentu dalam kegagalan MU untuk memaksimalkan peluang yang didapatkan.

Erik ten Hag menyebut nama pemain-pemain lain juga gagal memanfaatkan kesempatan, seperti Alejandro Garnacho yang menghantam tiang gawang, Rasmus Hojlund, Marcus Rashford, dan Bruno Fernandes, yang semua gagal mencetak gol yang dikawal Lukas Fabianski.

Meskipun Casemiro berhasil menyamakan kedudukan setelah gol pembuka dari Crysencio Summerville, MU akhirnya tersengat oleh penalti yang diberikan kepada West Ham setelah adanya pengecekan VAR.

4 dari 5 halaman

Frustrasi Soal VAR

Manajer Manchester United Erik ten Hag menyaksikan jalannya pertandingan Liga Inggris saat melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu, 29 Oktober 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Erik ten Hag juga tidak bisa menyembunyikan frustrasinya setelah pertandingan, terutama terkait proses VAR. Ia mengklaim keputusan kontroversial itu adalah yang ketiga kalinya merasa dirugikan oleh VAR pada musim ini.

"Tiga kali musim ini kami merasa ada ketidakadilan. Sebelum musim dimulai, ada instruksi bahwa VAR hanya akan campur tangan dalam kesalahan yang jelas dan nyata. Itu jelas bukan kesalahan yang jelas dan nyata dari wasit di lapangan," ujar Erik ten Hag.

Erik ten Hag menekankan timnya perlu melihat ke cermin dan mengakui bahaw mereka harus lebih efektif dalam mencetak gol, terutama ketika mereka telah memperlihatkan performa yang baik di lapangan.

Dengan harapan untuk bangkit di pertandingan berikutnya, MU harus segera menemukan cara untuk memanfaatkan semua peluang yang ada.

Sumber: Mirror

 
5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait