Erik ten Hag Kesal Bukan Kepalang, Kritik Pedas Meluncur untuk Pemain Depan : Banyak Kreasi, Kesempatan dan Variasi, Kok Tetap Gagal sih

oleh Nurfahmi Budi diperbarui 28 Okt 2024, 13:17 WIB
Pemain Manchester United, Casemiro, tampak kecewa setelah ditaklukkan West Ham United pada laga pekan ke sembilan Liga Inggris di Stadion London, Minggu (27/10/2024). Setan Merah tumbang dengan skor 1-2. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta - Fans Manchester United di seluruh dunia harus menerima kenyataan pahit, tadi malam. Bertamu ke London Stadium, MU tenggelam setelah menerima hantaman pada dua menit injury time babak kedua.

Pada menit ke-92, malapetaka bagi MU datang ketika penalti Jarrod Bowen merobek jala Andre Onana. Momen itu membuat skor berubah menjadi 2-1 bagi West Ham United. Walhasil, pasukan Old Trafford pulang dan tertunduk lesu, setelah duduk di posisi ke-14 klasemen sementara Premier League 2024/2025.

Advertisement

 

2 dari 6 halaman

Makin Berat

Pemain Manchester United, Bruno Fernandes, tertunduk lesu setelah ditaklukkan West Ham United pada laga pekan ke sembilan Liga Inggris di Stadion London, Minggu (27/10/2024). Hasil ini membuat Man United tetap mengoleksi 11 poin dari sembilan laga dan kini turun ke posisi 14 klasemen sementara Liga Inggris 2024/2025. (AFP/Glyn Kirk)

Sebelum gol Bowen, West Ham United unggul lebih dulu via aksi Crysencio Summerville pada menit ke-74. Sebelas menit berselang, gelandang MU, Casemiro sukses memanfaatkan kemelut di depan gawang tuan rumah, sehingga mencatatkan namanya di papan skor.

Hasil ini membuat suasana di MU semakin berat. Kini, mereka tertinggal 12 poin dari sang pemuncak klasemen, Manchester City. Perjalanan masih panjang, kata Pelatih MU Erik ten Hag, tapi publik sudah skeptis serta tak kaget jika Setan Merah gagal total lagi.

Terkait hasil di kandang West Ham United, Erik ten Hag, meradang. Ia menyerang wasit. Pada sisi lain, tak lupa juga eks arsitek Ajax Amsterdam ini juga mengkritik keras apa yang terjadi dengan timnya.

 

3 dari 6 halaman

Poin Evaluasi

Pemain Manchester United, Alejandro Garnacho, tampak kecewa setelah ditaklukkan West Ham United pada laga pekan ke sembilan Liga Inggris di Stadion London, Minggu (27/10/2024). Setan Merah tumbang dengan skor 1-2. (AFP/Glyn Kirk)

Satu di antara poin yang bakal menjadi bahan evaluasinya adalah ketiadaan aksi menawan barisan lini depan. Ten Hag menyebut, MU belum memiliki insting membunuh yang tinggi, alias 'lembek-lembek' saja.

"Saya pikir, kami sudah memainkan sepak bola dengan sangat bagus. Sejam pertama, sangat nikmat dan lihatlah timku, sangat dinamis, variasi luar biasa, kreatif dan banyak kesempatan mencetak gol," beber Erik ten Hag.

Apa lacur, semua itu serta membuat MU mencetak banyak gol dan menang. Sebaliknya, gol sangat seret, yang membuat Erik berkomentar tentang performa barisan depan. "Fakta bagus sudah terpampang, tapi ternyata kami gagal! Satu-satunya yang kami tak punya adalah 'membunuh' di depan gawang lawan," kata Ten Hag.

 

4 dari 6 halaman

Pemain Gagal

Kiper Manchester United (MU), Andre Onana, menangkap bola di udara dalam laga menghadapi West Ham United di London Stadium, Minggu (27/10/2024) malam WIB. MU kalah 1-2 dalam laga tersebut. (Glyn KIRK / AFP)

Ia mengakui, para pemainnya terlihat gagal membuka ruang serta menghancurkan batu karang West Ham United. "Ada saatnya sesuai rencana dan punya inisiatif, tapi tak terjadi pada pasukanku di lapangan. Lain kali pasti bisa," seru Ten Hag, yang nasibnya terancam didepak manajemen MU.

Curhat Erin ten Hag setali tiga uang dengan kondisi yang ada di lini depan. Para striker murni MU belum bisa maksimal, sehingga menjadi satu di antara biang keladi koleksi gol sang raksasa Premier League, sampai pekan ke-9, hanya delapan gol!

 

5 dari 6 halaman

Bahaya Mengancam

Pemain Manchester United, Matthijs de Ligt, melakukan protes kepada wasit saat melawan West Ham United pada laga pekan ke sembilan Liga Inggris di Stadion London, Minggu (27/10/2024). (John Walton/PA via AP)

Bomber murni alias si nomor 9 milik MU, yakni Rasmus Hojlund, Joshua Zirkzee dan Ethan Wheatley, baru mengemas satu gol di pentas Premier League 2024/2025. Beruntung, ada sederet pemain sayap yang berkontribusi bagus, yakni Marcus Rashford (1 gol), Amad Diallo (1 gol) dan Alejandro Garnacho (2 gol).

Per hari ini, skuad MU wajib melupakan apa yang terjadi di markas West Ham United. Maklum, perjalanan masih panjang. Pada Minggu (3/11/2024, mereka akan menjamu tim papan atas, Chelsea. Tiga hari sebelumnya, Setan Merah akan tampil kontra Leicester City di Babak 16 Besar Carabao Cup.

Sumber : ManUtd

6 dari 6 halaman

MU Nyungsep ke Papan Bawah

Berita Terkait