Sukses


Betah di Southampton, Koeman Tolak Melatih Timnas Belanda

Bola.com, Southampton - Manajer Southampton, Ronald Koeman, digadang-gadang bakal menjadi kandidat kuat pelatih timnas Belanda. Akan tetapi, Koeman enggan duduk di kursi pelatih De Oranje karena masih betah membesut The Saints.

Skuat Oranje secara mengejutkan gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Di babak kualifikasi, mereka hanya mampu bercokol di peringkat empat Grup A dengan nilai 13. Belanda tertinggal tujuh poin dari Islandia yang menghuni urutan dua, dan sembilan poin dari Republik Ceska yang menempati puncak grup.

Pada partai pamungkas fase grup yang berlangsung di Amsterdam ArenA, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB, Belanda takluk 2-3 dari Republik Ceska. Dua gol Belanda dicetak Klaas Jan Huntelaar (70') dan Robin van Persie (83'). Sedangkan tiga gol kemenangan Republik Ceska disarangkan Pavel Kaderabek (24'), Josef Sural (35'), dan gol bunuh diri Van Persie (66').

Bagi timnas Belanda, ini adalah untuk pertama kalinya mereka gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016 setelah terakhir kali terjadi pada 1984 yang juga digelar di Prancis.

Hasil minor itu membuat posisi Danny Blind sebagai pelatih Belanda terancam. Namun, Federasi Sepak bola Belanda (KNVB) menjamin jika posisi Blind tetap aman. Kendati demikian, tak sedikit pendukung timnas Belanda yang meminta Blind dipecat, dan salah satu calon pengganti adalah Ronald Koeman.

Sayang, hal tersebut tidak bakal terealisasi. Pasalnya, Koeman yang pernah membawa Belanda menjuarai Piala Eropa 1988 masih menikmati kariernya bersama Southampton. Apalagi, saat ini The Saints bercokol di peringkat sembilan klasemen sementara Premier League musim 2015-2016.

"Saya mendapatkan pertanyaan yang sama persis sekitar sebulan yang lalu. Saya manajer Southampton. Saya menikmati menjadi manajer Southampton dan ingin terus menjadi manajer Southampton," ujar Koeman.

"Saya masih memiliki kontrak satu tahun lagi setelah musim ini. Jadi tidak ada kemungkinan saya akan meninggalkan Southampton," lanjutnya.

Ronald Koeman mulai melatih Southampton pada 16 Juni 2014. Di musim perdananya, Koeman membawa Southampton finis di peringkat tujuh klasemen akhir Premier League.

Sumber: Soccerway

Baca Juga: 

Tampil Melempem Depay Dibela Legenda Belanda

Tebus Dosa kepada Timnas Belanda, Van Persie Tunda Pensiun

Fakta Menarik Gagalnya Belanda Lolos ke Piala Eropa 2016

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer