Sukses


Mantan Gelandang Real Madrid dan Timnas Prancis Tutup Usia

Bola.com, Madrid - Kabar duka menghampiri Real Madrid. Mantan gelandang El Real dan tim nasional Prancis, Raymond Kopa, meninggal dunia pada usia 85 tahun, Jumat (3/3/2017). 

Sebagai peringatan atas meninggalnya Kopa, Real Madrid memulai sesi latihan dengan mengheningkan cipta sejenak. "Raymond Kopa adalah perwujudan dari institusi ini dan nilai-nilainya," kata Presiden El Real, Florentino Perez.

Tidak hanya Real Madrid, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) turut menyampaikan ungkapan duka yang mendalam atas berpulangnya Kopa. 

"Meninggalnya Raymond Kopa membuat federasi sangat sedih. Ini adalah kehilangan yang besar bagi sepak bola Prancis. Dia adalah simbol dan pionir. Karier dia di level klub dan timnas Prancis sungguh luar biasa. Semua orang akan mengingat permainan dia yang tiada tanding. Dia pemain dan pria yang berkelas. Saya mengucapkan bela sungkawa bagi keluarga dan orang-orang yang dia kasihi," tutur Presiden FFF, Noel Le Graet.

Raymond Kopa bersama Zinedine Zidane pada 2007. (AFP/Frederick Florin)

Kopa mengawali karier profesional bersama Angers pada 1949. Dua tahun berselang, pemain berdarah Polandia itu hijrah ke Reims sebelum bergabung dengan Real Madrid pada 1956.

Selama tiga musim memperkuat Real Madrid, Kopa meraih gelar Liga Spanyol 1957 dan 1958 serta European Cup (Liga Champions) 1957, 1958 dan 1959. Dia memutuskan kembali bergabung dengan Reims hingga gantung sepatu pada 1967.

Tidak hanya berprestasi di level klub bersama Real Madrid dan Reims, Kopa pernah membawa timnas Prancis finis di posisi ketiga Piala Dunia 1958. Pada tahun yang sama, dia mengukuhkan diri sebagai pemain Prancis pertama yang memenangi penghargaan Ballon d'Or.

Sumber: Soccerway

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer